Hutan Wisata Kemasyarakatan Kalibiru

Hutan Wisata Kemasyarakatan Kalibiru


Hutan wisata Kalibiru adalah hutan negara yang di bangun atas inisiatif dari masyarakat sekitar hutan,  yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Pengembangan wisata alam ini tidak lepas dari proses panjang upaya masyarakat di sekitar hutan dalam memulihkan keadaan hutan yang dulunya tandus dan gersang. hutan Wisata Kalibiru ini berada di perbukitan Menoreh, Kulon Progo

Pembangunan wisata alam Kalibiru dilakukan sebagai salah satu bentuk pemanfaatan jasa lingkungan atas dasar Izin Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan selama 35 tahun - (terhitung sejak 14 Pebruari 2008) - yang diperoleh kelompok-kelompok pengelola hutan atas kepercayaaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada masyarakat di sekitar hutan Negara tersebut.


Hutan wisata Kalibiru


Hutan wisata Kalibiru sangat cocok buat anda yang penat akan rutinitas kantor yang padat, dan juga saat bosan dengan hiruk-pikuk perkotaan yang padat, berisik dan ramai.Suasana di tempat ini sangat asri dan dijamin bisa menyejukan mata dan fikiran Anda.

Salah satu daya tarik kawasan wisata alam ini adalah bentang alamnya yang asri yang merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan mempesona. dan hutan wisata Kalibiru terletak di lokasi yang lebih tinggi dari waduk sermo, sehingga para wisatawan yang berkunjung dapat menyaksikan keindahan waduk sermo dari ketinggian, dan di tempat ini banyak para wisatawan yang mengabadikan foto saat matahari mulai tenggelam Masyarakat setempat juga dikenal ramah, santun, memiliki rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan, masih mempertahankan beraneka ragam seni budaya tradisional, sehingga mampu menimbulkan rasa tenang dan nyaman bagi siapa saja yang berkunjung di kawasan wisata alam ini.


Hutan wisata Kalibiru

Hutan wisata Kalibiru


Hutan wisata Kalibiru




Paket Wisata di Hutan Kalibiru

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru antara lain:
- Outbound Training
- Wisata Pedesaan
- Wisata Budaya
- Wisata Pendidikan
- Wisata Keluarga
- Wisata Trekking
- Wisata Terapi Alam

Fasilitas Pendukung

Pengunjung wisata alam Kalibiru ini juga dapat menikmati sejumlah fasilitas pendukung sebagai berikut :

- Pondok wisata

Adalah fasilitas penginapan dengan desain "rumah kampung Jawa" yang dimodifikasi. Di kawasan ini ada 6 unit fasilitas pondok wisata dengan daya tampung masing-masing untuk 10 – 15 orang. Keberadaan pondok ini juga didukung oleh adanya Homestay (rumah singgah) yang berada di rumah-rumah penduduk sekitar kawasan.

- Joglo (ruang pertemuan) :

Ruang Pertemuan yang ada di kawasan ini disediakan khusus dalam bentuk “Rumah Joglo” yang masih asli. Jumlahnya ada 3 unit, 2 unit berlantai keramik, 1 unit berlantai semen, masing-masing memiliki kapasitas hingga 75 orang.

- Gardu Pandang

Gardu pandang yang dibangun di atas ketinggian bukit Menoreh ini bisa menjadi tempat untuk melihat pemandangan alam yang ada di bawahnya.


HTM : Rp. 5.000
Kordinat : S 7°48'29" E 110°7' 45"


0 komentar :

Posting Komentar