Gua Maria Pengiloning Leres

Para Pencari Tuhan (Bagian I Edisi Pengiloning Leres)


3. Pemberhentian Ketiga 


Gua Maria Pengiloning Leres Merupakan rangkaian dari Gua maria Lawangsih sehingga wajar bila Gua Maria Pangiloning Leres tidak banyak dikenal oleh masyarakat di luar Stasi Pelem Dukuh dan sebenarnya Gua Maria Pengiloning Leres hanya berjarak 500 Meter saja dari Gua Maria Lawangsih. arti dari Gua Maria Pengiloning Leres adalah cermin kebenaran Letak Gua Maria terdapat persis di samping dari Gereja Santa Maria Fatima.


Gua Maria Pangiloning Leres

Kalau anda sudah menemukan Gereja Santa Maria Fatima, berarti anda sudah di jalan yang benar. :)
saat kita menaiki tangga menuju Gua Maria, Kita langsung disambut oleh patung Yesus, Para peziarah seakan diingatkan pada patung Yesus Kristus yang berdiri tegap di atas perbukitan di Rio de Janeiro di Brazilia atau patung jumbo Jesus the Christ di Vungtau, Vietnam
Gua Maria Pangiloning Leres

Gua Maria Pangiloning Leres
Patung Yesus setinggi 3 meter

Gua Maria Pangiloning Leres

Gua Maria Pangiloning Leres

Dibelakang patung Yesus, terdapat Gua mungil .Gua mungil yang dulu dikenal dengan sebutan Gua Maria Pangiloning Leres itu bertengger di sebuah lahan tinggi persis di sisi muka Kapel Maria Fatima. “Isi” Gua Maria Pangiloning Leres ini sangat sederhana. Patung Bunda Maria berukuran mungil tersembul di sebuah mulut “gua” hasil bangunan

Gua Maria Pangiloning Leres


Di belakang gua terdapat ruang doa yang luas, bersih, dan teduh. Gua ini lebih tinggi daripada Kapel Stasi SPM Fatima. Konon bukit di Gua Pengiloning Leres ini adalah kandang Kuda Sembranipara mahkluk halus. Hal ini ditunjukkan dengan adanya mata air di bagian bawah bukit yang bernama “benjaran” (tempat minum kuda). Banyak orang mengatakanhampir setiap Malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon mendengar suara gaduh kuda sembrani.
Stasi Pelem Dukuh, Stasi yang kaya akan pemandangan alam yang asri dan gua alami. Di bawahnya terdapat Kapel (Gereja) yang sebagian dindingnya adalah Batu Karang (asli) simbol Gereja kokoh yang dibangun Yesus di atas Batu Karang. Segi arsitektur dari sisi luar Kapel, mungkin kalah bila dibandingkan dengan gereja di kota besar lainnya. Tapi, jika telah masuk ke dalam akan terlihat beberapa lukisan indah tentang Gerbang Kerajaan Surga di dinding.

Gua Maria Pangiloning Leres
Gereja Santa Maria Fatima

Menurut cerita, Goa Maria Pengiloning Leres ini nampak seperti bahtera. Bahtera Nabi Nuh yang pada zaman dahulu telah menyelamatkan manusia dan mahkluk-makhluk lainnya di atas bumi dari air bah. Bentuk bahtera ini kemudian semakin disempurnakan dengan adanya patung Kristus Raja Semesta Alam sebagai nahkoda bahtera tersebut.
Fasilitas
Kalau Fasilitas untuk peziarah secara umum sudah tersedia meskipun dalam nuansa kesederhanaan. dan karena Gua Maria Pengiloning Leres Berdekatan dengan Gua Maria Lawangsih, jadi fasilitas pendukungnya tidak jauh berbeda, kalau anda seorang backpacer atau musafir, anda dapat tidur di Gereja atau ruang doa

Kordinat : S7° 43’ 19”  E110° 9’ 28.4”

foto lebih lengkap disini


2 komentar :

Unknown mengatakan...

izin share min

son2 mengatakan...

ULASAN YANG BAIK.

MAMPIR KE vinceney.net

GBU :)

Posting Komentar