Gua Maria Giri Wening

Para Pencari Tuhan (Bagian I Edisi Giri wening)


9. Pemberhentian Ke-Sembilan (Gua Maria Giri wening)

Selamat pagi Klaten, pagi di Gua Maria Marganingsih setelah menginap semalam disana, saat nya menuju ke lokasi gua Maria yang ke-sembilan, pagi itu setelah mengisi perut dengan sarapan yang sangat murah bagi kami, seporsi nasi rames cuma bayar Rp.2500, sungguh suatu perjumpaan yang sangat luar biasa bagi kami saat semalam di Gua Maria Marganingsih kami bertemu salah seorang bapak pengurus Gua maria dan juga pengurus gereja, memberi informasi gua maria yang terdekat dan menawarkan untuk menuntun kami jalan menuju kesana.
beruntung sangat, kami di beri petunjuk Gua Maria yang kesembilan yang diamana Gua Maria ini tidak termasuk tujuan kami, dan setelah kami searching di maps nya google, tidak ada lokasi gua Maria yang di beritahu bapak pengurus gua, dan kami mengiyakan saja.
Akhirnya sampai juga kami ke lokasi Gua Maria Giriwening. yang dulu kalau tidak salah di tahun 2012 sempat di ancam untuk di tutup dan sempat memicu sebuah kerusuhan dari sebuah kelompok garis keras yang tidak menyukai adanya Gua Mari Giri wening, meski warga sekitar tidak berkeberatan tentang keadaan Taman maria Giri wening.

Tempat ziarah ini bernaung di bawah Paroki Wedi Klaten. Kendati secara administrasi masuk wilayah gunung kidul. dari Paroki Wedi masih 14 Km kearah selatan. rute perjalanan dari jogja maupun dari arah solo. dari lampu merah pertigaan Bendogantungan dari solo ambil belok kiri sedang dari jogja belok arah kanan, selanjutnya sampai pasar Wedi, setelah melewati pasar wedi ada masjid Agung kalau ke kiri kearah cawas/ Bayat ini ambil yang lurus sampai menemukan perempatan Desa Gunungan, dari perempatan itu ambil jalan yg lurus kearah selatan, sampai mentok dibawah kaki gunung, selanjutnya setelah sampai kaki gunung ambil arah kiri daerah ini namanya jogoprayan, diujung desa tersebut ada pertigaan jalan lurus ditenggah kebun tebu, ikuti terus jalan tersebut sampai menemukan desa sampang, dari desa sampang cari desa sengon Kerep itulah tempatnya.

Gua Maria Giri wening
Gua Maria Giri Wening
Gua Maria Giri wening

Kisah pembangunan Gua Maria/ Taman Doa ini berawal saat pertengahan tahun 2009 lalu, Romanus Pambudi, melakukan lelaku prihatin. Akhirnya dari lelaku prihatin tersebut, diberi wangsit atau petunjuk adanya suatu gambaran "kepala Yesus" berwujud sinar berbentuk "salib" yang jatuh dan tertuju disalah satu tempat disekitar kebun belakang rumahnya. Kemudian keluarga besar Ibu Gito Suwarno, berembug untuk mendirikan tempat ziarah di lokasi jatuhnya sinar berbentuk salib itu tadi. dan lebih menarik lagi daerah lokasi Gua Maria Tersebut sangat kekeringan air, tetapi saat pemilik bermimpi bertemu dengan Bunda Maria yang menunjukkan titik untuk membuat suatu sumur, dan saat di gali cuma beberapa meter sumur tersebut sudah mengeluarkan air yang berlimpah dan sampai saat sekarang tidak kering-kering

Gua Maria Giri wening
Sumber Air yang di tunjukkan Bunda Maria
Gua Maria Giri wening
Tempat Yang di yakini bertemu petunjuk

Konon katanya Patung Bunda Maria dan Patung Yesus merupakan batu asli bukan di sambung maupun campuran, dan konon membawa patung batu tersebut memakai tenaga orang satu desa di daerah tersebut

Gua Maria Giri wening
Terbuat dari batu asli
Gua Maria Giri wening


Pada awal mulanya, nama tempat ziarah ini diberi nama Gua Maria "Wahyu Ibuku" Watu Gedheg. Kemudian pada saat pergantian patung yang baru, tarekat SCJ Jogja ini, menyarankan agar nama tempat ziarah ini diganti dengan Taman Maria "Wahyu Ibuku" Giri Wening. "Wahyu Ibuku" yang berarti "Utusan BundaKu (Maria)" sedangkan "Giri Wening" yang artinya "gunung yang hening", sesuai dengan keadaan tempat ini yang berada di daerah pegunungan yang masih sepi dan jauh dari kebisingan kota.


Gua Maria Giri wening

Gua Maria Giri wening

Bagi para peziarah yang berencana hendak melakukan devosi dan hendak menyalakan lilin di Gua Maria hendaknya membawa lilin terlebih dahulu. dan bagi para peziarah yang berencana hendak menginap, tempat ini cocok buat tempat menginap karena fasilitasnya cukup memadai seperti kamar mandi untuk membasuh tubuh, pendopo untuk menginap, dan bahkan kita bisa memesan makanan ke rumah bu Gito, saat kami mengunjugi gua juga di suguhi teh hanget dan makanan ala kadarnya dan gratis lagi...

Gua Maria Giri wening
Pendopo yang asri
Gua Maria Giri wening
Pendopo yang tampak nyaman
bagi yang mengunjungi Gua maria (Taman Maria) Giri Wening, saat malam hari sinar dari lampu-lampu taman yang tersedia menambah keeksotisan Gua Maria. saat kami berziarah ke gua Maria ini, memang tempatnya masih belum sempurna seperti masterplan yang ada di spanduk besar di depan lokasi Gua Maria, di hentikan sementara dikarenakan aksi unjuk rasa yang dulu dan harus menunggu surat izin mendirikan bangunan di turunkan.

Gua Maria Giri wening
Spanduk Mater Plan 

Gua Maria Giri wening
Tata lampu pada taman menambah keindahan malam hari

Gua Maria Giri wening

Gua Maria Giri wening

Gua Maria Giri wening

Akhirnya selesai juga perziarahan kami yang kami rencanakan, mengunjungi 9 gua Maria sebagai bentuk devosi dan lambang novena kami. dan selesai juga catatan perjalanan kami pada edisi yang pertama. dan dalam beberapa bulan kedepan akan kami rencanakan mengunjungi dan melakukan peziarahan ke gua Maria lainnya, dan akan di ulas tuntas di blog ini.

Kordinat Gua Maria Giri Wening

S7°48'23" E110°33'52"



8 komentar :

aga wicak mengatakan...

pegin kesana

Unknown mengatakan...


tempatnya sangat cocok untuk doa, penuh nuansa inspiratif

son2 mengatakan...

ULASAN YANG CUKUP BAIK.

GBU :)

Maioloo.com mengatakan...

Waahhhh... Semoga saya bisa mengulasnya di Maioloo.com deh Kak... :)

Unknown mengatakan...

Kayaknya amat cocok untuk merenung, hening dan syahdu

Muliaari mengatakan...

9 Gua Maria yang dikunjungi mana saja kakak?

navalsamuel mengatakan...

9 gua Maria yg dikunjungi bisa dilihat disini:
1.https://myridemyadventure.blogspot.com/2015/02/catatan-pribadi-gua-maria-sendangsono-1.html
2.https://myridemyadventure.blogspot.com/2015/02/catatan-pribadi-gua-maria-lawangsih.html
3.https://myridemyadventure.blogspot.com/2015/02/catatan-pribadi-gua-maria-pengiloning.html
4.https://myridemyadventure.blogspot.com/2015/02/catatan-pribadi-gua-maria-jatiningsih.html
5.https://myridemyadventure.blogspot.com/2015/02/gua-maria-tritis.html
6.https://myridemyadventure.blogspot.com/2015/02/gua-maria-sendang-rosario.html
7.https://myridemyadventure.blogspot.com/2015/02/gua-maria-sriningsih.html
8.https://myridemyadventure.blogspot.com/2015/02/gua-maria-marganingsih.html
9.https://myridemyadventure.blogspot.com/2015/02/gua-maria-giri-wening.html

Anonim mengatakan...

Semoga saat ini sudah lebih baik , Amin

Posting Komentar