Candi Srikandi Dieng

Candi Srikandi, Sisa Kejayaan Dinasti Sanjaya

Candi Srikandi merupakan salah satu bangunan Candi kuno yang berada di dataran tinggi dieng, teletak di desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara Jawa Tengah. candi yang dibangun antara akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9 ini saling berdampingan dengan beberapa Candi lain nya. Candi ini memiliki "teman" bangunan Candi lainnya yang berasa di sebelahnya yang berbaris lurus. kumpulan candi Hindu yang beraliran Syiwa ini tegabung dalam satu kelompok yang disebut komplek Candi arjuna. komplek Candi Arjuna terdiri dari Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan candi Srikandi sendiri.

Letak Candi Srikandi berada di bagian utara dari Candi Arjuna dan bersebelahan langsung dengan Candi Arjuna, Bangunan Candi Srikandi ini memiliki gaya arsitektur yang masih terpengaruh dengan india seperti pada Candi Arjuna dan Candi Semar, Candi yang menghadap ke arah tenggelamnya matahari ini merupakan satu-satunya candi di Dieng yang berelief Tri Murti ( Dewa Siwa, Dewa Wisnu, Dewa Brahma ) yang terpahat di setiap dinding luarnya.Relief dewa wisnu terpahat di bagian utara sisi candi, di sisi selatan tergambar relief Dewa Brahma dan relief Dewa Siwa terlihat di sisi bagian timur Candi Srikandi.


Candi Srikandi Dieng
Candi Srikandi
Candi yang berbentuk menyerupai kubus ini memiliki batur candi setinggi 50 Centimeter yang juga menerupai bentuk kubus. dibagian timur terdapat tangga untuk memasuki kedalam ruangan Candi dan di sebelah pintu masuk Candi tersebut terdapat bilik  penampil 

Candi Srikandi Dieng
Pahatan Relief Tri Murti yang samar-samar
Pada dinding utara terdapat pahatan yang menggambarkan Wisnu, pada dinding timur menggambarkan Syiwa dan pada dinding selatan menggambarkan Brahma. Sebagian besar pahatan tersebut sudah rusak. sedangkan atap candi sudah rusak dan beberapa bagian sudah tidak ada lagi seperti aslinya, sehingga tidak terlihat lagi bentuk asli atap dari Candi Srikandi ini.

Candi Srikandi Dieng
Bagian atap yang sudah hilang

Akomodasi dan akses menuju lokasi

Untuk menuju Candi Srikandi ini sangat gampang dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun umum. setelah anda memasuki gapura Desa Dieng Kulon (dari Wonosobo) ada pertigaan, ambil kanan sampai ada pertigaan setelah supermarket ternama di Indonesia, belok kiri dan jalan tersebut akan mengatar sampai menuju Lokasi pintu Masuk Komplek Candi Arjuna.
Bagi anda yang hendak makan, minum atau membeli Souvenir telah tersedia beberapa warung yang di buka oleh warga sekitar yang harganya cukup murah.


Candi Srikandi Dieng
Candi Srikandi

Kordinat lokasi :

Lokasi Parkir ada dua di 7°12'15.7"S 109°54'29.5"E dan 7°12'30.4"S 109°54'20.9"E
Lokasi Candi Srikandi : 7°12'19.0"S 109°54'24.8"E




0 komentar :

Posting Komentar