Candi Arjuna

Candi Arjuna, Candi terbesar dalam Satu Komplek 

Candi Dieng merupakan kumpulan candi yang terletak di kaki pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa tengah. Kawasan Candi Dieng menempati dataran pada ketinggian 2000 m di atas permukaan laut, memanjang arah utara-selatan sekitar 1900 m dengan lebar sepanjang 800 m. Candi di Dieng ini dikelompokkan dalam beberapa kompleks Candi yaitu komplek Candi Arjuna, Gatotkaca, Dwarawati. dari namanya Candi Arjuna termasuk dalam Komplek Arjuna yang memiliki Candi Terbesar di dalam satu komplek.
Kelompok Arjuna terletak di tengah kawasan Candi Dieng, terdiri atas 4 candi yang berderet memanjang arah utara-selatan. Candi Arjuna berada di ujung selatan, kemudian berturut-turut ke arah utara adalah Candi Srikandi, Candi Sembadra dan Candi Puntadewa. Tepat di depan Candi Arjuna, terdapat Candi Semar. Keempat candi di komples ini menghadap ke barat, kecuali Candi Semar yang menghadap ke Candi Arjuna. Kelompok candi ini dapat dikatakan yang paling utuh dibandingkan kelompok candi lainnya di kawasan Dieng. 

Candi Arjuna
Candi Arjuna
Candi Arjuna memiliki perbedaan bentuk satu dengan yang lainnya.Candi ini mirip dengan candi-candi di komples Gedong Songo di Bandungan. Candi Arjuna, sebagai candi utama, merupakan sebuah candi yang berdenah dasar persegi dengan  luas sekitar ukuran sekitar 4 m2. Tubuh candi berdiri diatas batur setinggi sekitar 1 m. Di sisi barat terdapat tangga menuju pintu masuk ke ruangan kecil dalam tubuh candi. 

Candi Arjuna
Candi Arjuna
Pintu candi dilengkapi dengan semacam bilik penampil yang menjorok keluar sekitar 1 m dari tubuh candi. luas ukuran sekitar 6 m². Atap Candi Arjuna berbentuk serupa kerucut, semakin ke atas semakin mengecil. Bagian atas dan puncak atap sudah hancur. Di setiap sisi masing-masing kubus terdapat relung dan di setiap sudut terdapat hiasan berbentuk seperti mahkota bulat berujung runcing. Sebagian besar hiasan tersebut sudah rusak.

Candi Arjuna
Atap Candi berujung runcing
Di dalamnya, terdapat yoni berbentuk meja yang bagian tengahnya berlubang dan dapat menampung tetesan air dari langit atap candi. Apabila lubang penampung ini penuh, air akan dialirkan ke bagian lingga dan diteruskan ke bagian depan luar candi.

Candi Arjuna
Yoni di Candi Arjuna
Pada dinding luar sisi utara, selatan dan barat terdapat susunan batu yang menjorok ke luar dinding, membentuk bingkai sebuah relung tempat arca. Bagian depan bingkai relung dihiasi dengan pahatan berpola kertas tempel. Bagian bawah bingkai dihiasi sepasang kepala naga dengan mulut menganga. Di bagian atas bingkai terdapat hiasan kalamakara tanpa rahang bawah. Pada dinding di kiri dan kanan ambang pintu bangunan utara terdapat relung tempat meletakkan arca. Saat ini kedua relung tersebut dalam keadaan kosong.

Candi Arjuna
Patung pada tangga masuk

Pada dinding di sisi selatan, barat dan utara terdapat relung tempat meletakkan arca. Ambang relung diberi bingkai dengan hiasan pola kertas tempel dan Kalamakara di atasnya. Kaki bingkai dihiasi dengan pahatan kepala naga dengan mulut menganga. Tepat di pertengahan dinding di bawah relung terdapat jaladwara (saluran air).

Candi Arjuna
Candi Arjuna Dieng

Akomodasi Dan Akses

Untuk menuju Candi Arjuna ini sangat gampang dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun umum. setelah anda memasuki gapura Desa Dieng Kulon (dari Wonosobo) ada pertigaan, ambil kanan sampai ada pertigaan setelah supermarket ternama di Indonesia, belok kiri dan jalan tersebut akan mengatar sampai menuju Lokasi pintu Masuk Komplek Candi Arjuna.
Bagi anda yang hendak makan, minum atau membeli Souvenir telah tersedia beberapa warung yang di buka oleh warga sekitar yang harganya cukup murah.

Kordinat Lokasi :

Pintu Masuk :  7°12'15.4"S 109°54'30.1"E
Candi Arjuna : 7°12'18.2"S 109°54'25.0"E




1 komentar :

Unknown mengatakan...

Bermanfaat

Posting Komentar