Cara Mengatasi CD-Rom yang tidak terbaca

Cara mengatasi CD-Rom yang tidak terbaca


Mungkin ada beberapa orang yang kesulitan saat mengakses DVD maupun CD-Rom nya, saat-saat dibutuhkan untuk membaca sebuah kepingan CD atau DVD untuk memutar film kesayangan maupun software, tapi disaat yang dibutuhkan itu terkadang DVD maupun CD-Rom yang kita punya (baik internal maupun Eksternal) tidak terdeteksi di console komputer kita. apalagi kita sudah menunggu begitu lama supaya Autoplay tetapi tidak ada respon sama sekali dari komputer maupun dari drive CD-Rom maupun DVD kita.
Jangan terburu-buru untuk menyimpulkan bahwa DVD/CD-Rom kita harus di "LEMBIRU" yang berarti lempar beli baru. disini saya akan membahas cara mengatasi permasalahan tersebut, adapun langkah-langkahnya seperti berikut.


Pertama, pastikan bahwa DVD/CD-Rom kita memang masih bagus dan masih bisa digunakan semestinya.

Keduaklik My Computer, klik kanan dan pilih properties, pilih tab hardware dan klik device manager, kemudian  lihat pada bagian dvd/cd rom device jika ditemukan ada tanda seru warna kuning. maka dapat kita lanjutkan ke langkah selanjutnya.


Ketiga,kita masuk ke dalam registry nya windows dengan cara. Dalam box Run, ketik regedit, lalu di box sebelah kiri, klik folder 


HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/ Control/ Class / {4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}


Pada box sebelah kanan, carilah string dengan nama : UpperFilters, LowerFilters, UpperFilters.bak atau LowerFilters.bak. jika ditemukan string tersebut atau salah satu dari string tersebut, klik kanan pada string dan pilih delete. 

Menu Registry Editor
Jika anda tidak menemukannya, maka lanjutkan pada langkah berikutnya. sedangkan apabila anda sudah menemukannya dan menghapus stringnya, maka langkah selanjutnya tutup registry editor dan tunggu DVD/CD-Rom terdeteksi oleh komputer anda

Sedangkan yang belum menemukan string nya langkah berikutnya ,Klik kanan My Computer, pilih ilih properties, pilih tab hardware dan klik device manager… klik tanda (+) pada bagian dvd/cd rom device lalu pada bagian yang bertanda seru warna kuning, klik kanan kemudian pilih uninstal.silahkan tutup registry editor, lalu restart komputer(secara otomatis setelah restart, windows akan mengidentifikasi cd/dvd rom dan menginstal kembali driver cd/dvd rom tersebut, tunggu hingga windows selesai menginstal driver).

Begitu langkah-langkahnya. cukup mudah dan gampangkan? selamat mencoba, semoga berhasil....


0 komentar :

Posting Komentar