Telaga Cebong

Telaga Cebong, Keindahan telaga biru diatas awan


Dataran tinggi Dieng menyajikan banyak objek wisata menarik, terutama wisata alamnya. ada banyak telaga di dataran tinggi Dieng ini, yang banyak di ketahui wisatawan dan paling terkenal adalah telaga Warna dan telaga Pengilonnya, ada Juga telaga Merdada dan Menjer. tetapi ada sebuah telaga yang begitu menarik yaitu Telaga Cebong, telaga ini letaknya paling atas diantara telaga yang lainnya, dan bahkan telaga ini memantulkan warna biru pada hari yang cerah, sehingga banyak wisatawan menyebut telaga ini telaga Biru, selain telaga Cebong nama aslinya.
Telaga Cebong bisa dibilang sebagai telaga di atas awan. Bagaimana tidak, telaga ini berada di sebuah desa dengan ketinggian 2300 m dpl, terletak di Desa Sembungan, berada di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Desa Sembungan dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa.

Telaga Cebong
Telaga Cebong

Asal mula dari pengambilan nama Telaga Cebong dikarenakan dulu ditemukan banyak anak katak (kecebong) di tepian danau tersebut. Dari bentuknya pun sedikit mirip dengan kecebong. sehingga sampai sekarang dinamakan telaga Cebong meskipun yang bermukim di telaga ini di huni oleh ikan-ikan yang melimpah yang dapat dipancing msekipun katanya tanpa umpan. Air telaga cebong ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengairi kebun sayuran, seperti kebun kentang, carica, kubis, wortel, kacang, dan lainnya.


Telaga Cebong
Telaga cebong


Telaga ini dapat dinikmati di pinggiran saja maupun dapat menggunakan perahu yang telah tersedia untuk membawa para pengunjung ke tengah telaga untuk menimati Birunya langit dan hijau perbukitan sekitar terpantul pada permukaan telaga yang jernih dan tenang. Nikmati keindahan perkebunan penduduk di perbukitan sekitar yang mengapit telaga. Warna hijau mendominasi pemandangan dengan konturnya yang menarik. Udara sejuk pegunungan yang bersih bebas polusi akan baik bagi kesehatan.banyak juga wisatawan membeli ikan segar hasil tangkapan warga yang di jual dengan cukup terjangkau. dan bahkan beberapa wisatawan mendirikan tenda di pinggiran telaga ini, sebelum melanjutkan perjalanannya menuju puncak sikunir menjelang matahari terbit.


Telaga Cebong
Telaga Cebong

Akses dan Akomodasi

  1. untuk menuju lokasi telaga ini belum tersedia fasilitas kendaraan umum seperti angkot maupun bus umum, sehingga wisatawan dapat menaiki ojek yang tersedia di pertigaan desa Dieng kulon untuk dianta menuju desa Sembungan.
  2. untuk kegiatan MCK tersedia kamar mandi yang dapat di gunakan. dan tersedia juga Mushola untuk melakukan kegitan ibadah.
  3. banyak kios-kios makanan maupun souvenir yang tersedia di lokasi telaga cebong
  4. untuk penginapan dapat menginap di desa Sembungan (homestay) atau menginap ala pencinta alam (camping). disewakan tenda untuk wisatawan yang hendak camping tetapi tidak membawa peralatan.

Telaga Cebong
Telaga Cebong

Kordinat Lokasi :

7°14'11.7"S 109°55'20.1"E

0 komentar :

Posting Komentar