Candi Semar

Candi Semar, Candi tokoh pewayangan yang beda dari teman sekomplek

Candi Semar merupakan penaman dari tokoh pewayangan yang berada di dataran tinggi dieng, Candi ini merupan Candi hindu beraliran Syiwa dan di bangun sekitar akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9 pada jaman wangsa Sanjaya. keunikan dari candi ini adalah bentuknya yang berbeda dari bangunan candi lainnya yang dalam satu komplek. dan letaknya pun tidak dalam satu deret dalam deretan teman candi yang lainnya. Candi Semar persis terletak di depan candi Arjuna, dan posisinya pun saling berhadapan dengan candi Arjuna. 
Selain keunikan Candi Semar yang berhadapan dengan Arjuna dan memiliki atap yang yang bangunannya tinggi, Candi Semar adalah sebuah candi berukuran 3,5 m x 7 m. Candi Semar lebih pendek dan atapnya berbentuk limasan.

Candi Semar
Candi Semar
candi semar berbentuk persegi panjang dan memiliki ukuran yang lebih kecil daripada candi Arjuna, bahkan seperti menyerupai candi perwara (candi Pendamping) maupun seperti candi yang berguna sebagai tempat penyimpanan senjata dan tepat penyimpanan perlengkapan pemujaan.

Candi Semar
Candi Semar
Denah dasar candi Semar berbentuk persegi empat membujur arah utara-selatan. Batur candi setinggi sekitar 50 cm, polos tanpa hiasan. Tangga menuju pintu masuk ke ruang dalam tubuh candi terdapat di sisi timur. Pintu masuk tidak dilengkapi bilik penampil. Ambang pintu diberi bingkai dengan hiasan pola kertas tempel dan kepala naga di pangkalnya. Di atas ambang pintu terdapat Kalamakara tanpa rahang bawah.

Candi Semar
Candi Semar
Pada dinding di kiri dan kanan pintu terdapat lubang jendela kecil. Di dinding utara dan selatan tubuh candi terdapat, masing-masing, dua lubang yang berfungsi sebagai jendela, sedangkan di dinding barat (belakang) candi terdapat 3 buah lubang. Ruangan dalam tubuh candi dalam keadaan kosong. Atap candi berbentuk limasan tanpa hiasan. Puncak atap sudah hilang, sehingga tidak diketahui lagi bentuk aslinya.

Candi Semar
Jendela Candi Semar

Akomodasi dan akses

Untuk menuju Candi Arjuna ini sangat gampang dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun umum. setelah anda memasuki gapura Desa Dieng Kulon (dari Wonosobo) ada pertigaan, ambil kanan sampai ada pertigaan setelah supermarket ternama di Indonesia, belok kiri dan jalan tersebut akan mengatar sampai menuju Lokasi pintu Masuk Komplek Candi Arjuna.
Bagi anda yang hendak makan, minum atau membeli Souvenir telah tersedia beberapa warung yang di buka oleh warga sekitar yang harganya cukup murah.

Candi Semar
Candi Semar

Kordinat lokasi :

Pintu Masuk :  7°12'15.4"S 109°54'30.1"E
Candi Semar : 7°12'18.2"S 109°54'24.6"E



0 komentar :

Posting Komentar