Puncak Sikunir

Mengejar Matahari di Puncak Sikunir

Daerah dataran tinggi Dieng memang merupakan sebuah surga wisata yang tidak boleh dilewatkan. ada banyak destinasi wisata yang ditawarkan. dan masing-masing tempat wisata di Dataran tinggi Dieng ini jaraknya tidak begitu jauh. ada berupa wisata keluarga, kuliner, Sport, Sejarah dan Adventure. dan dalam halaman ini saya akan membahas tentang wisata Adventure yang berada di Dataran Tinggi Dieng.adventure nya berupa puncak yang tidak asing lagi untuk para penikmat "Golden Sunrise". 
Puncak Sikunir yang letaknya  di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. dimana desa ini merupakan desa tertinggi di pulau jawa yang memiliki ketinggian sekitar 2400mdpl. 

Sikunir
Sikunir desa Sembungan

Alasan mengapa Puncak sikunir menjadi tujuan wisata Adventure bagi wisatawan yang berkunjung ke Dieng salah satunya adalah karena penampakan sunrise dari bukit sikunir ini merupakan salah satu spot terbaik di dunia untuk melihat matahari terbit. Selain itu, Bukit sikunir yang relatif mudah didaki adalah alternatif yang tepat bagi mereka yang ingin melihat penampakan sunrise dari puncak tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak tenaga dan waktu untuk mendaki gunung-gunung tinggi. tetapi apabila kita sudah sampai pada puncak Sikunir kita akan menyaksikan sunrise berlatarkan Gunung Sindoro Sumbing nan megah bersanding dengan sang Fajar dari ufuk timur.

Sikunir
Matahari yang berselimutkan awan

Untuk menuju Puncak Sikunir memang membutuhkan perjuangan ekstra, apalagi untuk para wisatawan yang selama ini belum pernah naik gunung. jarak tempuh untuk menuu puncak Sikunir sekitar 800 meter dari lokasi parkiran. dan jalan menuju puncak lebih banyak jalur mendaki dan sesekali terjal. 

Sikunir
Matahari dan puncak bukit

Selain jalan yang terjal perjuangan yang lainnya bagi para pemburu matahari terbit ini adalah mengejar waktu terbaik sebelum Sang Matahari menunjukkan wajahnya, ditambah lagi suhu udara di Dieng pada pagi hari sangat dingin dan menusuk tulang, diperkirakan bisa sampai titik beku. untung saja saat kami ke puncak sikunir suhu menunjukkan 5 derajat celcius saja.

Sikunir
Matahari di ufuk timur

Bagi para pendaki waktu tempuh menuju puncak sikunir secara normal sekitar 30 menit, tetapi bagi wisatawan yang belum pernah mendaki di butuhkan waktu yang banyak. dan sedangkan Matahari terbit di puncak ini sekitar pukul 5 pagi. dan wisatwan hendaknya start dari lokasi parkiran sekitar pukul 4 pagi. dan waktu yang tepat untuk melihat sunrise sikunir adalah pada musim kemarau ( antara Juli - Agustus ) saat langit jernih dan jarang turun hujan.

Sikunir
Kemegahan Puncak Gunung dari kejauhan

Selain menyaksikan Gunung Sindoro dan Sumbing para pengunjung juga dapat menyak sikan puncak gunung lainnya, yakni Merapi, Merbabu, Lawu, Telomoyo, Ungaran, dan Prau di kawasan Dieng. 

Sikunir
Gunung yang masih tertutup awan

Perlengkapan yang di butuhkan

Dataran tinggi Dieng memiliki suhu yang dingin, di saat pagi hari suhu di Dieng bisa mencapai titik beku, maka di sarankan bagi wisatawan yang hendak menuju puncak Sikunir dapat mempersiapkan jaket tebal, sarung Tangan, Kupluk (penutup kepala), atau pakaian yang tebal.

Sikunir
Sisi berbeda dari Sikunir


sedangkan akses jalan menuju puncak Sikunir merupakan jalan setapak yang beberapa berbatu dan ada juga hanya merupakan tanah, di sarankan anda membawa masker atau penutup hidung, karena saat musim kemarau tanah yang menjadi lintasan pengunjung menjadi kepulan debu yang berterbangan dan bisa membahayakan sistem pernafasan.

Sikunir
berburu sinar keemasan

Jalan setapak menuju puncak bukit ini belum disediakan cahaya penerangan, jadi para pengunjung mempersiapkan senter maupun sarana penerangan. 

Sikunir
Puncak sikunir

Akses Menuju Lokasi

Untuk menuju Puncak Sikunir para wisatwan cuma mengarahkan jalur nya menuju Desa Sembungan. kalau anda dari daerah Wonosobo baik pengguna kendaraan umum maupun pribadi, setelah memasuki Desa Dieng akan menemukan pertigaan yang ke kiri menuju telaga pengilon sedangkan yang kanan menuju Banjarnegara, bagi penguna kendaraan umum turun di pertigaan tersebut dan melanjutkan perjalanan dengan ojek yang terdapat di pertigaan tersebut. sedangkan pengguna kendaraan pribadi ambil jalur kiri dan jalan lurus terus sampai melewati telaga warna akan menemukan pertigaan, di pertigaan tersebut ambil jalan lurus terus melewati pertigaan selanjutnya. ikuti jalan beraspal ini. dan jalan ini akan sampai menuju desa sembungan. setelah memasuki desa sembungan ikuti jalan beraspal karena ujung jalan beraspal ini sampai pada telaga cebong.

Sikunir
Spot lain di puncak sikunir

Akomodasi



  • Saat memasuki desa sembungan akan dikenakan tiket retribusi masuk sekitar Rp.5000
  • sedangkan untuk parkir roda dua sikenakan biaya Rp 3000
  • tersedia warung makanan dan souvenir yang dikelola oleh warga sekitar, dan ada juga beberapa warga menjual makanan dan minuman di puncak Sikunir
  • untuk MCK tersedia kamar mandi di tempat parkir
Sikunir
Gunung masih samar-samar


Memang dibutuhkan persiapan matang dan perjuangan ekstra untuk menuju puncak sikunir ini, tetapi harga perjuangan yang dilewatkan akan sebanding dengan apa yang akan kita temui saat di puncak Sikunir ini, karena Golden Sunrisenya merupakan salah satu yang terbaik yang berada di Indonesia dan keindahannya mampu membius berjuta mata dengan cahaya golden sunrisenya.

Sikunir
Golden Sunrise yang terbaik


Kordinat Lokasi :

Lokasi Parkir : 7°14'11.3"S 109°55'20.4"E
Puncak Sikunir : 7°14'19.9"S 109°55'29.4"E

0 komentar :

Posting Komentar