Candi Setyaki Dieng

Candi Setyaki, Candi Mungil yg terpencar dari "Teman" Se-Kompleks nya

Candi Setyaki merupakan salah satu Candi yang termasuk dalam Kompleks candi Gatotkaca. Kelompok Gatotkaca juga terdiri atas 5 candi, yaitu Candi Gatotkaca, Candi Setyaki, Candi Nakula, Candi Sadewa, Candi Petruk dan Candi Gareng, namun saat ini yang masih dapat dilihat bangunannya hanya Candi Gatotkaca dan candi Setyaki yang baru di pugar ulang baru-baru ini, meskiun bebrapa bagian candi ini sudah digantikan dengan batuan baru, tetapi tidak mengurang dari nilai sejarah candi. dimana bebatuan pembentukan candi merupakan 70 persen bebatuan asli yang membentuk candi dahulu kala.
Candi Setyaki terletak di desa Dieng Kulon, Batur. candi ini termasuk daerah Kabupaten Banjarnegara bukan Kabupaten Wonosobo. Sekilas candi utama di Kompleks Candi Setyaki mirip dengan kontruksi Candi Arjuna dan Candi Puntadewa. Bedanya, bagian atap Candi Setyaki terbuka sehingga pengunjung bisa mengintip ke bagian dalam
Candi Setyaki
Candi Setyaki


Candi Setyaki ini belum sepenuhnya berhasil di renovasi, masih ada beberapa bagian yang belum sempurna di tata seperti aslinya, terlhat dari bagian atas candi yang belum sempurna tertutup alias belum memiliki atap seperti candi yang lainnya. di sekitar candi Setyaki ini banyak terdapat reruntuhan bebatuan yang memang bagian dari candi Setyaki ini maupun bagian dari bangunan candi perwara yang "menjaga" candi ini.

Candi Setyaki
Reruntuhan Candi Setyaki

Menurut Sejarawan, candi Setyaki ini merupakan  candi yang diperuntukkan untuk peristirahatan maupun tempat tinggal. candi Setyaki ini letaknya berada di tengah perkebunan kentang warga Dieng, dan masih banyak bebatuan dari candi yang masih tergeletak di kebun kentang warga.

Candi Setyaki
Candi Perwara di Setyaki

Akses Lokasi

untuk mengakses lokasi Candi Setyaki ini, para pengunjung dapat melewati pintu masuk kompleks Candi Arjuna, karena Candi Setyaki ini jaraknya cukup dekat di tempuh melalui Kompleks Candi Arjuna yang berjarak sekitar 200 meter saja, atau Candi ini bisa di akses melalui pemukiman dan kebun kentang warga, karena candi ini tidak memiliki pagar pembatas.

Candi Setyaki
Candi Setyaki atasnya masih terbuka
Kalau dari "teman" satu kompleks nya yang lain yaitu candi Gatotkca, jaraknya cukup jauh. yang di ukur sekitar 700 meter dan harus melewati pintu masuk/keluar dari tiket penjagaan kompleks Candi Arjuna.

Candi Setyaki
Jarak antara Setayaki dan Gatotkaca

Kisah

Dalam kisah pewayangan Setyaki diceritakan memiliki sifat perwatakan pemberani, cerdas, kuat, keras hati, dan nekat. Akan tetapi, semua sifat baik Setyaki pudar karena pengaruh minuman keras. Diceritakan 36 tahun setelah perang Mahabaratha, bangsa Wresni (bangsa Setyaki), bangsa Yadawa, dan bangsa Andaka mengadakan upacara. Meski dilarang, tapi ada saja pihak yang membawa minuman keras. Akibatnya, Setyaki yang mabuk menghina salah satu pihak yang memihak Kurawa. Pertarungan gada pun terjadi dan Setyaki berikut seluruh peserta upacara meninggal dunia.

Candi Setyaki
Candi Setyaki dan potongan misteri
Candi Setyaki ini belumlah selesai secara keseluruhan oleh Dinas Purbakala, masih banyak kepingan "puzzle" teka-teki yang harus di pecahkan oleh dinas purbakala, arkeolog maupun sejarawan. semoga saja mereka mampu memecahkan potongan demi potongan bebatuan candi ini dan dapat dinikmati oleh banyak generasi muda di kemudian hari.

Candi Setyaki
Blue print Candi Setyaki

Kordinat Lokasi :

7°12'17.2"S 109°54'19.0"E





0 komentar :

Post a Comment