Sejenak melihat sejarah melalui Film di Dieng Plateau Theatre

Bagi banyak orang Dataran tinggi Dieng merupakan sebuah Guguran dari Gunung purba Prau, cerita ini berdasarkan atas cerita masyarakat sekitar maupun dari para ahli sejarah maupun ahli Geologi. data, asumsi maupun bukti-bukti ini dapat dilihat melalui Film yang di putar di Dieng Plateau Theatre. ya, Dieng Plateau Theatre merupakan sebuah bangunan megah yang berada di daerah Dataran tinggi Dieng dan Terletak di lereng bukit Sikendil, kira-kira 1.5 km dari pertigaan masuk Dieng, 250 meter dari Telaga Warna. Berada pada ketinggian 2.100 m di atas permukaan laut.
Dieng Plateau Theater diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 6 Maret 2006 yang digagas oleh Gubernur Jawa Tengah kala itu, bapak H. Mardiyanto. Dieng Plateau Theater atau yang biasa disingkat DPT merupakan sebuah Theater Mini yang terletak di bukit Sikendil dengan bentuk Bangunan yang didesain Klasik dikelilingi pepohonan Hijau.

Dieng Plateau Theater

DPT berkapasitas 100 tempat duduk dan dilengkapi dengan sistem Audio Visual yang memadai. Sebuah layar berukuran 2x3 meter terpampang di depan tempat duduk sebuah balkon berukuran besar.Di DPT ini para wisatawan dapat melihat pemutaran film tentang Dieng yang berjudul Bumi Khayangan Dieng Plateau, film ini berdurasi 23 menit, dimana film tersebut menceritakan tentang sejarah awal terbentuknya dataran tinggi DIeng, peristiwa Sinila tahun 1979, Kawah aktif dan aktivitas Geologi  serta Objek-objek wisata budaya yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Film Yang diputar di dalam Theater

Di sekitarnya dilengkapi dengan taman dan tempat untuk bersantai. Dari sana tampak rangkaian pegunungan seperti: Gunung Prahu, Gunung Juranggrawah, Gunung Pangonan, Gunung Sipandu, Gunung Nagasari, Gunung pangamun-amun, dan Gunung Gajah Mungkur. dan tidak jauh dari DPT ada sebuah bukit yang bernama Bukit Batu Ratapan angin, banyak para wisatawan setelah dari DPT menyempatkan diri untuk berkunjung kesana untuk sekedar berfoto maupun melihat dataran tinggi Dieng dari ketinggian.

Pemandangan dari menara pandang DPT

Akses Lokasi

Untuk menuju Dieng Plateau Theater ini sangat ,mudah dan Gampang di tempuh, karena dari pertigaan Desa Dieng tersedia banyak petunjuk jlan. para wisatawan yang menaiki kendaraan umum terlebih dahulu turun dipertigaan desa Dieng dan kemudian menyambung dengan ojek yang terdapat di pertigaan desa tersebut. sedangkan bagi pengguna kendaraan pribadi dari pertigaan Desa Dieng belok kiri menuju Dieng Plateau ataupun Telaga Pengilon, lurus terus melewati Telaga Pengilon. setelah melewati telaga pengilon ada pertigaan, ambil jalan lurus sampai bertemu pertigaan lagi, dan di pertigaan tersebut belok kiri. jalan kira-kira beberapa ratus meter dan lokasi DPT berada di sebelah kiri.

Suasana di DPT

Akomodasi

DPT memiliki akomodasi yang lengkap, karena DPT ini merupakan salah satu tempat rujukan dan andalan Pariwisata di Dieng. tersedia lapangan parkir yang cukup luas. bagi yang kelaparan tersedia banyak warung yang menjual aneka makanan dan minuman, ada juga yang menjual souvenir khas Dieng seperti Kentang, Carica, purwaceng, Dll. dan tersedia juga Kamar mandi yang dapat digunakan oleh para pengunjung. ada juga Pijat tradisional yang disediakan oleh warga sekitar.