Candi Bima

Komplek Candi Bima, menyerupai candi di India

Candi Dieng merupakan kumpulan candi yang terletak di kaki pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa tengah. Kawasan Candi Dieng menempati dataran pada ketinggian 2000 m di atas permukaan laut, memanjang arah utara-selatan sekitar 1900 m dengan lebar sepanjang 800 m.Kumpulan candi Hindu beraliran Syiwa yang diperkirakan dibangun antara akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9 ini diduga merupakan candi tertua di Jawa.
Candi-candi di kawasan Candi Dieng terbagi dalam 3 kelompok dan 1 candi yang berdiri sendiri yang dinamakan berdasarkan nama tokoh dalam cerita wayang yang diadopsi dari Kitab Mahabarata. Ketiga kelompok candi tersebut adalah Kelompok Arjuna, Kelompok Gatotkaca, Kelompok Dwarawati dan satu candi yang berdiri sendiri adalah Candi Bima.


Candi Bima
Candi Bima


Candi Bima ini menyerupai bangunan Candi yang ada di India, yang menurut sejarah merupan candi tertua yang ada di pulau jawa. Candi Bima terletak menyendiri di atas bukit dan terasing dari bangunan candi yang lainnya bangunan ini menyerupai bangunan Candi yang di india yang terdiri dari tiga tingkatan. Kaki candi mempunyai denah dasar bujur sangkar dengan berukuran 4,55 m x 4,55 m, dan cani Bima ini merupan candi terbesar yang berada di dataran tinggi Dieng ini.

Candi Bima
Candi Bima

Tidak ada tersedia arca yang tertinggal pada masing-masing dinding dari sisi candi Bima ini, yang tinggal hanya penampil yang membentuk relung-relung yang kosong tanpa hiasan arca.

Candi Bima
Candi Bima

Akses lokasi

Untuk mengunjungi Candi Bima sangatlah mudah, Candi Bima Dieng terletak masih di area obyek wisata Dieng lainnya, tepatnya di samping sebelum pintu masuk menuju obyek wisata Kawah Sikidang Dieng dan tidak jauh dari Telaga Warna maupun Dieng Theater. kalau dari telaga warna akan melewati pertigaan, ke kanan menuju Kawah sikidang, candi bima, sedangkan ke kiri menuju Dieng Theater. belok ke kiri sampai menemukan pertigaan lagi, ke kiri menuju Kawah sikidang sedangkan lurus menuju Kompleks candi Arjuna. Lokasi Candi di sebelah pertigaan tersebut.

Untuk informasi Candi Bima dapat dilihat disini.

Candi Bima
Candi Bima

Kordinat lokasi

7°12'51.6"S 109°54'37.8"E

0 komentar :

Posting Komentar