Batu Ratapan Angin

Pesona Telaga dan Dataran Dieng diatas sebuah bukit batu


Batu Ratapan Angin atau bisa juga disebut dengan batu pandang telaga warna merupakan dua buah batu besar yang berdampingan dan terletak diatas bukit di samping Dieng Plateau Theatre lokasi ini menjadi lokasi strategis untuk menikmati keindahan telaga warna pengilon dengan background hamparan lukisan alam yang sempurna. Bukan tanpa sebab spot cantik yang juga di sekitar telaga warna ini diberi nama Batu Ratapan Angin. Tempatnya yang tinggi menyebabkan tiupan angin di daerah ini agak kencang menciptakan gesekan-gesekan pada bebatuan serta tanaman sekitar sehingga melahirkan suara semacam siulan atau rintihan.itulah awal mula mengapa bukit dengan batu-batu besarnya ini biasa dijadikan tempat menyaksikan panorama Telaga Warna dari ketinggian ini diberi julukan Batu Ratapan Angin.

Batu Ratapan Angin ada di antara Dieng Plateau Theatre dan Telaga Warna. Untuk bisa ke sana ada dua jalan yang bisa anda gunakan, dapat melalui jalan yang tersedia dari Telaga Warna, maupun jalan yang tersedia melalui Dieng Plateau Thatre.

Batu Ratapan Angin
Pengilon dan Warna
Akan memerlukan sedikit perjuangan untuk kesana, karena anda harus mendaki. Tapi dijamin tak akan rugi karena pemandangan dari atas sangat Indah. bahkan banyak pengunjung yang sampai rela berjuang menaiki bukit-bukit batu yang tertinggi untuk menikmati keindahan panorama Telaga warna dan pengilon dari ketinggian, Sekaligus spot yang menarik buat berfoto-foto.Ibarat kanvas yang telah dilukis, kesempurnaan lukisan Telaga warna dapat dinikmati secara detail dari atas batu dan seraya ditemani oleh hembusan angin yang bertiup menyentuh kulit.

Batu Ratapan Angin
Batu Ratapan Angin

Akses

Menuju Lokasi Batu ratapan angin ini sangat mudah, ada dua jalur pilihan yang menjadi alternatif pilihan bagi anda, yaitu melalui pintu masuk Telaga Warna dan satu lagi melalui Dieng Plateau Theatre. untuk lebih praktis dan lebih nyaman adalah melalui Dieng Plateau Teatre dikarenakan jarak antara Batu Ratapan Angin dengan Dieng Plateau Theatre tidak begitu jauh sekitar kurang dari 100 meter.

Batu Ratapan Angin
Batu Besar
Sedangkan apabila anda menggunakan jalur melewati telaga Warna, jalan yang akan dilewati agak jauh dan medan-nya mendaki.

Batu Ratapan Angin
Telaga warna dan pengilon

Akomodasi

Untuk fasilitas Pendukung di Batu Ratapan angin sama dengan fasilitas di Dieng Plateau Theatre. karena untuk menuju lokasi ini harus melewati Dieng Plateau Theatre maupun melalui pintu masuk telaga Warna. adapun fasilitas pendukung di Batu ratapan angin ini sudah termasuk lengkap. bagi anda yang membutuhkan makanan maupun minuman sebelum ataupun setelah Hiking ke puncak bukit batu ratapan angin telah tersedia kios makanan dan minuman yang di jual oleh para penduduk lokal. dan ada juga tersedia macam-macam souvenir khas Dieng nya. dan yang menarik di lokasi ini tersedia Jasa pijat untuk anda yang capek saat hiking, dan satu lagi yang terkenal di kios-kios ini adalah Jamur Goreng dan kentang gorengnya yang bisa anda nikmati dengan harga terjangkau.

Batu Ratapan Angin
Telaga Warna
Untuk masuk menuju batu ratapan angin dikenakan tiket masuk sebesar Rp.3.000 per orang.

Batu Ratapan Angin
Telaga Pengilon
Kordinat Lokasi :

Lokasi Parkir : 7°13'00.9"S 109°54'53.3"E
Bukit Batu Ratapan Angin : 7°13'03.6"S 109°54'59.6"E

0 komentar :

Posting Komentar