Air Terjun Genting

Air Terjun Genting, perpaduan air terjun dan air hangat di Giri Tirta

Bagi beberapa orang menghabiskan akhir pekan di sebuah pemandian air hangat ataupun berendam dalam kolam air hangat merupakan cara merileksasikan tubuh dari kepenatan dan aktivitas padat sehari-hari. dan beberapa orang mencari atau menyusuri hutan demi menikmati sebuah pesona air terjun merupakan suatu kesenangan tersendiri yang tidak bisa dilupakan. bagaimana kalau sebuah lokasi air terjun dan air hangat disatukan dalam suatu lokasi objek wisata?
Hal ini dapat terjadi. ada sebuah air terjun yang di sisi kanan nya juga memancarkan air hangat yang dalam kapasitas besar yang memancur layaknya air terjun. nama air terjun ini bernama Air tejun Genting. Wisata air terjun yang terletak di sebelah selatan desa Batur. Tepatnya di dusun Tiyeng Desa Batur Kecamatan Batur atau sekitar enam kilo meter dari balai desa Batur.



Air Terjun Genting
Air terjun Genting

Air terjun  Genting memiliki ketinggian kurang lebih 70 m dengan debit terjunan air yang cukup besar meskipun dalam kondisi kemarau sekaipun, begitu juga air panas yang berada di samping air terjun Genting ini selalu memuntahkan air panas dalam jumblah yang besar setiap harinya dan dengan suhu yang stabil. 


Air Terjun Genting
Genting

Akses

Berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Kecamatan Pejawaran atau kurang lebih 33 km ke utara dari kota Banjarnegara. Untuk menuju kesana dapat melewati dua jalur. Dari kota Banjarnegara, menuju kecamatan Madukara, Karangkobar dan Pejawaran. Atau dari kota Banjarnegara lewat Singamerta Kecamatan Sigaluh, Madukara, Pagetan dan Pejawaran. Perjalanan dengan kecepatan 60 kilometer perjam memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Air Terjun Genting
Curug Genting
Untuk menuju lokasi curug ini harus jalan kaki melewati jalan setapak dan tanggul irigasi.dari dusun terdekat, yaitu Mliken. Perjalanan menuju Curug Sigenting memakan waktu sekitar 15 menit. 
perjalanan dari area parkiran menuju objek air terjun Genting memiliki medan yang datar, tidak perlu khawatir akan membawa keluarga anda, yang perlu anda jaga adalah saat melangkah menyusuri irigasi yang di buat warga, jalan nya masih jalan setapak yang cukup sempit, di butuhkan kehati-hatian dalam berjalan apalagi di sepanjang perjalanan mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar

Air Terjun Genting
Jalan Setapak
Akomodasi

Saat kami berkunjung ke lokasi air terjun Genting ini, sedang ada dilakukan pembangunan sarana penunjang objek wisata ini seperti gazebo, jembatan penyebrangan, Kios-kios warung, dan kamar mandi.

Air Terjun Genting
Air Terjun Genting
Di desa Giri tirta ini ada 3 buah air terjun yaitu air terjun Mrawu, air panas Giri tirta, dan air terjun Genting itu sendiri.

Kordinat Lokasi

Bagi anda yang hendak berkunjung ke lokasi ini, pertama anda dapat memakai kordinat menuju lokasi parkiran Air terjun Genting 7°13'53.5"S 109°47'24.7"E dan apabila sudah sampai di lokasi parkir,untuk kordinat lokasi air terjun genting sendiri di 7°13'39.9"S 109°47'32.6"E

lihat foto lebih banyak disini.

0 komentar :

Posting Komentar