Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua Maria Kerep, Gua Maria yang selalu membangun dan berkembang


Gua Maria Kerep Ambarawa, merupakan salah satu Gua Maria yang luas, dan memiliki ciri khas tersendiri. dan didalam halaman blog saya sebelumya yang membahas Gua Maria ini (klik disini), di ulas bahwa Gua Maria ini merupakan Gua Maria yang berkembang dan membangun dari masa ke masa, saya masih ingat saat saya pertama kali berkunjung ke Gua Maria ini. dulu Gua Maria ini belumlah seluas sekarang, dulu luas Gua Maria ini hanyalah sampai tangga menuju taman perjalalan kisah Yesus. tetapi dari waktu ke waktu Gua Maria ini semakin berkembang seturut dengan ajaran gereja yang selalu berkembang. apalagi apabila anda yang jarang berkunjung maupun berziarah ke lokasi ini, akan ada sesuatu yang baru lagi bagi anda.

Patung Maria Asumpta

Baru-baru ini Gua Maria Kerep Ambarawa membangun sebuah patung Bunda Maria yang konon katanya Patung ini adalah patung Bunda Maria yang  tertinggi di Indonesia. yang katanya memiliki ketinggian 42 meter, dan malah mengalahkan patung Bunda Maria di Bulgaria. yang memiliki ketinggian 32 meter. patung ini adalah hasil dari para seniman Ambarawa. patung tertinggi di Gua Maria kerep ini diberi nama Bunda Maria Asupta (Bunda Maria yang di angkat ke surga).

Gua Maria Kerep
Patung Bunda Maria Asumpta
Patung ini direncankan akan diresmikan pada tanggal 15 agustus 2015, sekalian untuk merayakan ulang tahun dari Gua Maria Kerep ambarawa yang ke-61 tahun. rencanya ulang tahun dan peresmian Gua Maria ini akan di hadiri Bapak Kardinal dan juga mengundang 7 uskup dari seluruh Indonesia. dan menurut rencana patung ini akan masuk kedalam buku rekor Indonesia maupun dunia.

Gua Maria Kerep
Patung tertinggi di Indonesia
Patung ini memiliki 7 buah pilar yang menjadi tatakan patung Bunda Maria, pemilihan penggunaan 7 pilar ini didasarkan pada lambang 7 (sapta) duka Maria, sehingga nantinya di setiap pilarnya akan ada lukisan 7 duka Maria. patung ini di dasarkan atas hasil sumbangan dari ungkapan syukur para donatur dan berasal dari misa novena. dan diperkiraan dana untuk membangun patung Gua Maria ini ratusan juta rupiah. lokasi patung Bunda Maria Asumpta ini terletak di lokasi parkir dari Gua Maria Kerep, dan bersebelahan dengan rumah kaca.

Gua Maria Kerep
Pintu Masuk Gua Maria Kerep
Apabila kita memasuki lokasi Taman di Gua Maria Kerep, maka ada satu lagi jenis pekerjaan yang dilakukan oleh pengelola yaitu pelebaran jalan dan membuat jalan setapak untuk akses para peziarah yang hendak mengelilingi taman tanpa harus memasuki gerbang utama dari gua Maria, dan jalan ini di buat persis di samping jalan utama di samping parkiran, yang bertujuan agar para peziarah di mudahkan dalam mengakses masuk kedalam lokasi Gua Maria (tanpa melalui pintu utama), yang kalau saat ada acara novena, pintu utama ini terasa sempit dan berdesak-desakan.

Gua Maria Kerep
Taman Kerep
Selain pembuatan jalan baru menuju taman dari lokasi parkir, dari pihak pengelola juga saat ini sedang melebarkan jalan dari Gua Maria menuju taman, yang dulunya sempit dan memiliki tangga, dan saat ini dalam proses pelebaran jalan.

Gua Maria Kerep
Taman Kerep
Dalam ulasan di blog saya sebelumnya, Gua Maria ini sedang membangun sebuah patung Bunda Maria yang tertinggi di dunia, dan membangun sebuah wisam dan panti jompo. yang sampai saat ini bangunan untuk panti jompo dalam taraf pembangunan dan taraf penyelesaian akhir di beberapa titik saja, sehingga bangunan ini dapat langsung digunakan umat.

Gua Maria Kerep
Bangunan Wisma

Jalan menuju Lokasi

Untuk menuju lokasi Gua Maria Kerep Ambarawa dapat dengan mudah di akses. apabila anda yang hendak menaiki kendaraan umum maupun pribadi. dan anda yang melalui jogja, solo, maupun Semarang dapat menuju ke terminal Ambarawa, jalan masuk Gua Maria Kerep berada di depan terminal. dan di pertigaan lokasi ini ada petunjuk jalan yang besar dan membantu anda. setelah dari pertigaan ini kira-kira 900 meter anda akan bertemu lokasi Gua Maria ini.

Gua Maria Kerep
Bangunan Kapel

Akomodasi

bagi para peziarah yang hendak menyalakan lilin maupun mempersembahkan bunga kepada Bunda Maria dan kepada Yesus Kristus, tersedia toko souvenir di sekitar area Gua Maria yang terletak di halaman parkiran Gua Maria. dan bagi anda yang hendak menginap di Gua Maria tersedia Gazebo di area taman dan ada beberapa aula, bahkan disediakan 3 kamar besar yang siap menampung para peziarah. dan tersedia kamar mandi untuk membersihkan diri. bagi anda yang senang wisata kuliner, dapat mencoba makanan di warung-warung di area parkiran Gua Maria.

Gua Maria Kerep
Pelataran Gua Maria

Kordinat Lokasi :

7°15'13.8"S 110°23'58.2"E

lihat foto lebih banyak disini


1 komentar :

Unknown mengatakan...

Gua maria kerep bagus sekali
semoga pariwisata Indonesia makin maju

Posting Komentar