Gua Maria Sendangrejo Blitar

Gua Maria Sendangrejo

Blitar

Kota Blitar merupakan sebuah kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak sekitar 167 km sebelah selatan Surabaya. Kota Blitar terkenal sebagai tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno. dan juga candi Penataran yang merupakan peninggalan agama Hindu yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.
Blitar di sebut juga sebagai Kota Patria, kota ini juga disebut sebagai Kota Peta (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepimpinanan Suprijadi, Laskar Peta melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang menginspirasi timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain.
Tapi selain Makam Soekarno dan Candi Penataran tadi, masih ada sebuah objek wisata religi untuk umat katolik, yang jarak nya tidak begitu jauh dari makam bung Karno dan kompleks Candi Penataran,namanya Gua Maria Sendangrejo.Gua Maria Sendangrejo atau juga disebut Domus Mariae, adalah tempat ziarah umat Katolik yang terletak di Desa Ngadirejo kurang lebih 5 km kearah utara Kota Blitar Jawa Timur. secara administartif berada di Stasi Santo Thomas Ngadirejo - Paroki Santa Maria Blitar. 

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Diberkati oleh Uskup Surabaya

Sejarah 

Awalmulanya Gua Maria ini pada tahun 1983, Romo J. Bartels CM dan beberapa orang tokoh umat katolik dari stasi Ngadirejo sedang mencari lokasi yang cocok untuk membangun suatu tempat untuk ziarah. Hingga sampailah mereka di tepi sungai di daerah pinggiran desa Ngadirejo. Mereka menjumpai tiga orang anak yang sedang mencari kayu.

Dua anak diantaranya mencoba untuk menyeberangi sungai, sementara sang kakak sudah berdiri diseberang sungai sambil membawa seikat kayu, menunggu kedua adiknya menyeberang. Kejadian itu mengingatkan akan kisah Santa Bernadeth di Lourdes Perancis. dan itu terulang saat ditemukannya sumber mata air di Sendangrejo.

Diberi nama Sendangrejo, karena disitu ada sebuah mata air (sendang) yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau. Banyak orang sakit yang disembuhkan setelah meminum atau membasuh diri di mata air tersebut. Hingga beberapa waktu mata air itu didatangi oleh banyak orang yang menginginkan mujizat kesembuhan. Akhirnya tempat itu diberi nama Sendangrejo.

Pada tahun 2004, dibangun rumah doa dan ibadat, yang terletak bersebelahan dengan gua Maria dan diresmikan pada tanggal 15 Agustus 2005.

Keadaan Lokasi

Gua Maria Sendangrejo berada di pinggiran sungai yang aliran airnya tidak begitu deras.
lokasi Gua Maria ini berada di bawah dari lokasi parkir sehingga saat kita memasuki lokasi Gua Maria ini ada beberapa anak tangga yang menuntun kita sampai ke depan ruangan doa.

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Tangga menuju lokasi Gua Maria
Beberapa pohon besar yang rindang menutupi pelataran doa. sehingga para peziarah yang datang kelokasi Gua Maria ini tidak perlu khawatir akan sengatan matahari. di samping pelataran Gua Maria ini tersedia sebuah ruangan doa yang didalam nya ada patung bunda Maria, disana kita bisa berdoa dan berdevosi kepada Bunda Maria tanpa kepanasan sedikitpun. hembusan angin menerpa kulit dan suara dedaunan dari pohon jati menemani kita saat berdoa maupun saat melakukan meditasi di pelataran ini. 

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Pelataran Doa
Gua Maria ini dibelah oleh sungai yang terletak di tengah-tengah dari lokasi Gua Maria ini tersedia jembatan yang menghubungkan antar lokasi ini.

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Jembatan Penghubung
Meskipun di belah oleh sungai, bukan berarti area yang satu lagi di sebelah sungai ini tidak menarik dan bisa dilewatkan begitu saja.Lokasi yang berada di seberang pelataran doa ini tersedia sebuah pendopo dan kompleks jalan salib.

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Jembatan Penghubung
Saat kita hendak melakukan jalan salib, ada tersedia kompleks jalan salib dimana setiap stasi pemberhentiannya tersedia patung-patung yang seakan mengajak kita kembali melihat kebelakang pengorbanan Tuhan Yesus yang mati di kayu salib. 

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Stasi Jalan salib
Gua Maria Sendangrejo Blitar
Stasi jalan salib
Kalau anda sudah selesai melakukan ibadah jalan salib atau tidak tahan dengan cuaca panas yang menyengat. ada pendopo besar yang tersedia di samping jalan salib ini. luangkan waktu anda sebentar di pendopo ini untuk merasakan hembusan angin dan suara alam sekitar.

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Pendopo di Gua Maria
Air sendang di lokasi Gua Maria ini diyakini telah banyak menyembuhkan orang sakit dan membantu orang yang dalam kesulitan, bagi anda yang hendak membasuh maupun meminum air sendang ini telah tersedia tempat pengambilan air suci yang dialiri melalui keran keran yang terletak di samping pelataran Gua Maria.

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Lokasi Air sendang

Akomodasi

Bagi peziarah yang hendak berdoa dan berdevosi dengan menyalakan lilin, dilokasi Gua Maria ini telah tersedia lilin yang bisa di gunakan oleh para peziarah.

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Gua Maria Sendangrejo Blitar
Untuk misa rutin diadakan setiap malam jumat pertama pada pukul 21.00 wib yang diadakan di depan pelataran Gua Maria

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Altar Misa
Sedangkan untuk doa rosario rutin diadakan setiap malam jumat pukul.21.00 wib

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Ruang Doa
Di sekitar lokasi Gua Maria ini belum tersedia warung makan, jadi bagi anda yang hendak berziarah ke lokasi ini hendaknya sudah makan terlebih dahulu.

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Bunda  Maria Sendangrejo Blitar

Akses lokasi

Peziarah yang hendak mengunjungi lokasi ini apabila melalui kota Malang dapat mengarahkan jalan nya ke arah Makam Bung Karno (Jl. Ir. Soekarno), dan lurus terus menuju arah Candi Penataran sampai melewati kantor PLN yang terletak dikanan jalan. beberapa meter dari PLN akan ada pertigaan yang disebrang pertigaan tersebut ada SMP SLB, anda diharapkan belok ke kiri (Jl. DI Panjaitan). dan terus saja sampai desa Sendangrejo
sedangkan kalau anda dari tulungagung atau Kediri, ambil jalan menuju patung Koi , ambil jalan lurus sampai perempatan kelurahan ngadirejo, di perempatan lampu merah tersebut belok ke kanan (Jl. DI. Panjaitan) terus saja sampai ke desa Sendangrejo.

Gua Maria Sendangrejo Blitar
Pelataran doa Gua Maria sendangrejo

Kordinat Lokasi

S8° 04' 07" E112° 11' 7.2"


7 komentar :

Unknown mengatakan...

terimakasih infonya :)

Josephine Antonia mengatakan...

Terima kasih informasinya. Lengkap & jelas. Sangat membantu kami yang akan berziarah ke sana. Kebetulan lingkungan kami akan ke sana.

:)

Unknown mengatakan...

Makasih infonya, sangat membantu

pewe mengatakan...

Terima kasih infonya ....tiap tahun aku ke sendangrejo amargo sesepuhku lahir disana Ngadirejo....heheheheh

Unknown mengatakan...

Bangga dgn kota asalku, bangga dengan paroki asalku..

Blog Gerry mengatakan...

mohon izin bertanya: Adakah penginapan di dekat Gua Maria?

Anonim mengatakan...

Amiinn sy ingin skli berdoa bersama Bunda Maria

Posting Komentar