Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua Maria Kerep, tempat wisata semua umat


Ambarawa

Ambarawa adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Ambarawa adalah kota yang menghubungkan kota Semarang hingga Yogyakarta melalui Magelang. tidak heran jika kota ini selalu menjadi jalur yang padat yang dilalui kendaraan bermotor setiap harinya. Ambarawa dapat ditempuh sekitar satu setengah jam perjalanan dari Semarang, ibu kota Jawa Tengah, atau sekitar 2 jam dari Yogyakarta.Terminal bus Ambarawa disebut Terminal Bus Bawen. Jika Anda berada di Yogyakarta maka bisa pergi ke Stasiun Bus Giwangan. Jika Anda berada di Semarang, lanjutkan ke Terminal Bus the Terboyo, kemudian dari Ambarawa bisanya bus lagsung ke Yogyakarta. 

Salah satu objek wisata yang terkenal di kota Ambarawa adalah Rawa Pening, Museum kereta api, dan yang tak kalah menarik adalah wisata kuliner nya. Kota Ambarawa terkenal dengan udara yang sejuk yang dilengkapi dengan hamparan lembah hijau dan sawah yang subur. sehingga keindahan panorama Ambarawa telah menggugah minat bangsawan dari Belanda dahulu untuk menjadikannya tempat peristirahatan mereka. salah satu objek wisata lain nya adalah Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA). Gua Maria ini sangat populer sebagai tempat ziarah umat Katolik, dan bahkan setiap harinya ratusan bahkan ribuan umat katolik datang untuk berdoa, berdevosi, meditasi untuk memohon kepada Tuhan dengan meneladani Bunda Maria, bunda Yesus Kristus.

Lokasi

Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA) secara administratif berada di Jalan Tentara Pelajar, Dusun Kerep, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah lokasinya cukup strategis, tak jauh dari jalan raya Semarang - Magelang, yakni di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Dari arah Semarang, Gua Maria ini cuma berjarak 900 meter dari jalan raya Semarang. Bagi peziarah yang baru pertama kali berkunjung ke gua ini, cukup mengikuti petunjuk papan nama yang berada di seberang jalan depan Terminal Ambarawa. Atau tepatnya di sebelah kanan SD Pangudi Luhur Ambarawa atau sebelah Timur SMP Pangudi Luhur Ambarawa kemudian ke arah utara.

Gua Maria Kerep Ambarawa
Gerbang Gua Maria

Keheningan dengan Alam

Gua Maria ini tak hanya dikunjungi oleh umat Katolik. umat agama dan kepercayaan lain pun turut menimba ketenangan dan kedamaian hati disini. Kebanyakan dari mereka akhirnya mengakui bahwa ada keheningan tersendiri di kompleks Gua Maria ini.dan banyak juga pengunjung mencoba mengabadikan perjalanan mereka di Gua Maria ini dengan berfoto di taman dengan tidak mengganggu kekhusyukan umat yang sedang berdoa maupun berdevosi.

Saat kami mencoba mengulas kunjungan kami ke Gua Maria ini, agak mudah untuk mendeskripsikan nya karena data yang kami kumpulkan sangat banyak,apalagi sudah berapa kali kami kesini sampai tidak terhitung banyaknya, karena Gua Maria ini sangat populer dan lokasinya tidak begitu jauh dari kota Semarang dan untuk menuju ke Lokasi dapat di tempuh dengan mudah baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. dan seperti biasa saat kami memasuki area parkiran Gua Maria kami harus mengisi perut dengan kuliner yang terkenal dilokasi ini yaitu Pecel dan sate. setelah menikmati pecel dan teh hangat saat nya kami memasuki lokasi Gua Maria.


Gua Maria Kerep Ambarawa
Salah satu sudut taman
Apabila kita berdiri di depan gerbang kompleks Gua Maria dan memandang nan jauh ke arah selatan, tampak Kota Ambarawa berlatar belakang Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu. Bila malam hari tiba, pemandangan berubah menjadi gemerlap lampu-lampu aneka warna. Dari gerbang ini pula terlihat menara Gereja Jago atau Gereja Santo Yusuf Ambarawa. kemudia kami melangkah menuju ke sebuah taman yang luas di dalam Kompleks Gua Maria ini.

Gua Maria Kerep Ambarawa
Tangga menuju taman
Taman ini dibuat untuk sebagai media belajar umat, karena apabila kita mulai berjalan mengitari jalan yang di sediakan kita akan belajar kisah perjalanan hidup dan kisah pewahyuan Yesus dahulu, yang di mulai dari pembabtisan di sungai Yordan sampai Tempat Yesus dimakamkan dan bangkit.

Gua Maria Kerep Ambarawa
Patung kisah Yesus di babtis
Gua Maria Kerep Ambarawa
Yesus bangkit
Dan dari taman ini juga tampak hamparan Kota Ambarawa, lembah yang berupa bentangan sawah dan kilauan air Rawa Pening dengan pemandangan yang sangat indah dan mempesona.


Gua Maria Kerep Ambarawa
Salah satu sudut taman
Gua Maria ini didirikan tahun 1954 ini lahir dengan sejarah yang sangat sederhana dan awal mula nya tanah di Gua Maria ini merupakan persembahan seorang berwarganegara Belanda yang bertugas sebagai pengelola perkebunan di sekitar Ambarawa kepada Gereja. Oleh Gereja tanah dan rumah ini diberikan kepada Kongregasi Bruder Para Rasul atau Bruder Apostolik.dan kemudian lama kelamaan di tanah ini di dirikan Gua Maria(belum seluas dan sebesar sekarang). dan lama kelamaan lokasi Gua Maria ini semakin besar karena partisipasi dari semua umat.

Ave Maria Gratia Plena

Setelah berjalan-jalan mengitari taman saatnya kami untuk berdoa menyampaikan semua ucapan syukur serta keluh kesah kami kepada Tuhan Yesus dan Bunda Maria. banyak para peziarah disini menyempatkan diri untuk berdoa sejenak di hadapan Bunda Maria dengan mendaraskan doa-doa dan juga berdoa rosario,Berbagai doa dan harapan didaraskan peziarah di tempat ini. ada yang menyalakan lilin dan mempersebahkan serankaian bunga kepada Bunda Maria dan ada pula para peziarah yang datang untuk menenangkan diri dari kepenatan dan keramaian kota dengan bermeditasi atau mencari keheningan.

Gua Maria Kerep Ambarawa
Sudut Pelataran doa
Di bagian atas dari Lokasi dari Pelataran doa, ada sebuah ruang adorasi. ruang adorasi ini bertujuan untuk mengadakan Adorasi atau penyembahan Tuhan yang hadir dalam rupa Ekaristi yang telah dikonsekrasikan. Berpegang pada janji yang diberikan oleh Yesus dalam Perjamuan Terakhir, yang mengatakan, “Inilah Tubuh-Ku” dan “Inilah Darah-Ku”, maka pada oleh kuasa Roh Kudus, dalam doa konsekrasi yang diucapkan para imam, maka hosti diubah menjadi Tubuh Kristus, dan anggur menjadi Darah Yesus. Dengan demikian hosti yang telah dikonsekrasikan oleh Sabda Tuhan itu menjadi Tubuh Kristus, Sang Allah Putera. Maka berdoa di hadapan Sakramen Ekaristi tersebut, sama dengan berdoa di hadapan Allah sendiri. dan disamping ruang adorasi ini ada patung Yesus tersalib yang menandakan tahun pergantian Yubelium, di tempat ini juga banyak di kunjungi oleh para peziarah yang berdoa maupun menyalakan lilin kepada Yesus yang tersalib. bagi anda yang mengunjungi tempat ini, khusunya di bagian patung Yesus ini untuk menyempatkan diri bermeditasi atau menenagkan diri sejenak dan merasakan aura yang terpancar dilokasi itu.

Gua Maria Kerep Ambarawa
Bunda Maria
Gua Maria tidak lengkap kalau belum mencoba merasakan air suci nya, disini juga tersedia air suci yang dapat kita bawa pulang maupun untuk di minum di tempat ataupun untuk membasuh tubuh kita yang dialirkan melaui keran-keran yang tersedia di sebelah Patung Bunda Maria.
Bagi peziarah yang hendak mengadakan jalan salib,sebagai bentuk pembelajaran untuk meneladani kesengsaraan  Yesus Kristus, di Lokasi ini tersedia dua Jalan Salib yaitu jalan Salib panjang yang dimulai dari gereja Santo Yusuf (Gereja Jago), maupun jalan salib singkat yang dimulai dari samping pelataran doa Gua Maria.

Pembangunan Gua Maria

Gua Maria ini memang sangat populer, dan biasanya saat mengadakan Novena yang diadakan setiap Minggu kedua di mulai dari bulan September-Mei, selalu dihadiri oleh ribuan umat, dan bahkan untuk menampung umat yang berjubel ini, panitia selalu mengadakan pembangunan dan perluasan lahan, dan Gua Maria ini merupakan Lokasi yang selalu berbenah. saat kami mengunjungi Gua Maria ini yang terakhir, Gua Maria ini sedang membuat Patung Bunda Maria Raksasa yang rencana nya akan di letakkan di bagian Halaman parkir di sebelah rumah kaca, dan Gua Maria ini juga sedang membangun sebuah Panti Wredha atau Panti Jompo. jadi jangan heran bagi anda yang pernah berkunjung ke tempat ini bertahun-tahun lalu, maka saat anda berkunjung di lain hari Gua Maria ini akan memberikan suatu pemandangan berbeda yang baru lagi. 

Gua Maria Kerep Ambarawa
Patung Bunda Maria dalam tahap pengerjaan
Gua Maria Kerep Ambarawa
Lokasi rencan Patung raksasa Bunda Maria
Apalagi mengingat dulunya Gua Maria ini hanya sebesar pelataran doa sampai tangga menuju taman, tetapi sekarang Gua Maria sudah semakin besar dan semakin mempercantik diri menyambut para umat, bukan hanya umat  Katolik saja tetapi semua umat beragama apapun. tetapi ada satu pesa dari kami, yaitu anda bebas berkunjung ke tempat ini, tapi hargai umat yang berdoa dan tujuan Gua Maria ini didirikan.

Akomodasi

Bagi anda yang hendak berkunjung ke Gua Maria Kerep Ambarawa, baik untuk berdoa, meditasi maupun hanya sekedar jalan-jalan di seputaran taman Gua Maria Kerep Ambarawa ini, untuk mencapai lokasi sangat mudah dan sudah di jelaskan sebelumnya. dan untuk memasuki lokasi tidak di pungut tiket masuk. dan bagi para peziarah yang hendak menyalakan lilin maupun mempersembahkan bunga kepada Bunda Maria dan kepada Yesus Kristus, tersedia toko souvenir di sekitar area Gua Maria yang terletak di halaman parkiran Gua Maria. dan bagi anda yang hendak menginap di Gua Maria tersedia Gazebo di area taman dan ada beberapa aula, bahkan disediakan 3 kamar besar yang siap menampung para peziarah. dan tersedia kamar mandi untuk membersihkan diri. bagi anda yang senang wisata kuliner, dapat mencoba makanan di warung-warung di area parkiran Gua Maria.

Gua Maria Kerep Ambarawa
Gazebo tempat transit

Kordinat Lokasi :

7°15'13.8"S 110°23'58.2"E

Lihat Foto lebih banyak disini



0 komentar :

Posting Komentar