Ekspedisi Curug Gonoharjo

Curug Gonoharjo : Curug Di padukan dengan Pemandian air panas


Gonoharjo


Gonoharjo adalah desa di kecamatan Limbangan, Kendal, Jawa Tengah. Gonoharjo terletak di lereng Gunung Ungaran tepatnya di sebelah barat Laut. Daerah tersebut merupakan daerah pegunungan. daerah ini memiliki potensi wisata pemandian air panas yang kono katanya dapat menyembuhkan penyakit kulit, pemandian air panas ini ada yang di kelola oleh swasta maupun oleh pemerintah sendiri yang dikelola melalui oleh Perhutani Jawa Tengah. pemandian air panas yang dikelola oleh perhutani ini dipadukan oleh alam terbuka. karena kolam-kolam air panas tidak memiliki penghalang dengan alam di sekitarnya, rimbun nya pepohonan dan suara gemericik air sungai yang ada di samping kolam air panas menemani para pengunjung saat berendam di kolam air panas, memang saat yang menyenangkan sambil merilekskan diri di air yang hangat dan merasakan suasana alam yang menyapa sehingga membantu para pengunjung untuk sejenak melupakan beban-beban dan kepenatan kota asal.
Tapi tujuan kami datang ke desa Gonoharjo ini adalah untuk melakukan perjalanan ke air terjun (curug)nya. kami datang ke lokasi ini pada hari Minggu sehingga di hari libur ini akan banyak para pengunjung yang juga datang untuk merileksasikan badan nya di pemandian air hangat ini. dan pada saat kami sampai dilokasi ini cuaca sudah agak mendung, dan kemungkinan akan turun hujan, jadi kami harus cepat-cepat untuk mengeksplorasi setiap sudut dari wisata alam ini sebelum sang alam berubah. tiket masuk pada hari minggu adalah Rp 8.000, dengan membayar sejumlah itu kita akan mendapatkan pemandian air panas, hutan wisata dan Curug Gonoharjo (yang menjadi tujuan kami).


Curug Gonoharjo
Gonoharjo Hot Spring Water

Situasi

Kalau anda datang di hari Minggu atau di hari libur maka suasana di lokasi wisata ini akan ramai di kunjungi dan bagi anda yang membawa keluarga, medan menuju lokasi air panas ini termasuk medium track, karena akan ada jalan turunan dan menanjak. tetapi jangan khawatir jalan yang akan kita tuju samapi ke objek wisata memiliki jalan yang bagus dan semua dalam bentuk jalan conblock. dan setiap tangga nya juga sudah di beton.


Curug Gonoharjo
Jalan yang sudah di beton
Setelah kami membayar tiket masuk kita akan menyusuri jalan yang menurun menuruni lembah dan kemudian akan ada sekitar kurang 100 meter akan ada jalan yang lumayan datar, di sini kita akan menemukan sebuah curug yang kecil (menurut warga sekitar ini curug) tetapi menurut saya ini bukan curug, karena ini sebuah aliran dari sungai yang taidak mengalami erosi pada bagian aliran nya. sedangkan pengertian air terjun yang saya kutip dari wikipedia adalah sebagai berikut "Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian" nah, itulah mengapa menurut saya curug ini bukan termasuk air terjun. (sekali lagi itu hanya menurut saya, yang bukan pakar geologi).


Curug Gonoharjo
Jembatan Merah
Kemudian setelah melewati jembatan merah, beberapa meter jalanan sudah mulai menanjak, dan di sekitar jalan setapak yang menanjak itu dari pihak pengelola menyediakan beberapa tempat duduk dari beton (batu) untuk para wisatawan yang kelelahan saat berjalan menuju kolam dan sambil menikmati kicauan burung di pepohonan.


Curug Gonoharjo
Tempat duduk di taman
Di lokasi ini terdiri dari beberapa kolam air panas dan sebuah kolam yang berukuran besar, dan saat menuju pintu masuk ada sebuah sumber air panas yang sampai saat ini aktif dan mengeluarkan gelembung-gelembung air panas, yang diberi namaa kawah Margotopo dan sumber air panas ini di kelilingi pagar dan di beri atap diatas nya


Curug Gonoharjo
Kawah Margatopo
Curug Gonoharjo
Air mendidih di kawah tersebut

Curug pertama

Untuk menuju curug di daerah gonoharjo ini, ada sebuah jalan setapak di samping kanan dari pintu masuk menuju kolam air panas, kita cukup berjalan menyusuri jalan setapak tersebut, tetapi untuk menuju curug tersebut kita harus hati-hati karena jalan setapak tersebut licin dan becek di saat musim hujan. dan tidak sampai 100meter kita akan menemukan curug yang tingginya sekitar 15 meter, dan oleh warga sekitar disebut curug Argosumo ada juga warga yang menyebut Curug Gonoharjo.


Curug Gonoharjo
Curug Argo Sumo
Curug Gonoharjo
Curug yang pertama

Ekspedisi Curug kedua


Saat kami di curug Argo Sumo cuaca di daerah tersebut mulai turun hujan, dan di khawatirkan akan sangat berbahaya apabila kalau kami melajutkan perjalanan menuju curug selanjutnya, karena untuk menuju curug selanjutnya medan yang dilalui merupakan jalan yang terjal dan licin. selain jalan yang sangat licin, tanah longsor akibat hujan lebat pun akan mempersulit perjalanan.sehingga kami menunda untuk melanutkan eksporasi ke curug yang selajutnya, karena kami mementingkan keselamatan kami, dan masih ada waktu untuk mengeksplorasi Curug ini dilain waktu dan juga sekalian melihat puing-puing Candi Argo Sumo peninggalan umat Hindu.


Curug Gonoharjo
Kolam Besar
Curug Gonoharjo
Kolam Air Panas

Akomodasi

Bagi anda yang hendak merencanakan bepergian ke tempat ini, jangan khawatir akan kelaparan dan kehausan disini, karena di depan kolam pemandian air panas tersedia warung-warung makan, dan di beberapa titik di lokasi ini juga tersedia kamar mandi dan tempat untuk mengganti pakaian.

Jalan Menuju Lokasi

Untuk menuju lokasi ini, pengunjung bisa menggunakan bermagai macam kendaraan. Baik motor ataupun mobil, dan bus sekalipun. Beberapa jalan yang bisa dilewati seperti jalur Semarang (Bundaran Kalibanteng) – Jl. abdurahman saleh–Manyaran – Pasar Gunungpati –Cangkiran–Tamanrejo (Limbangan) – Nglimut. Atau Jalur lain apabila dari Kabupatan Kendal Utara melewati Krapyak – Mijen – Cangkiran – Tamanrejo (Limbangan) – Nglimut (Gonoharjo). Namun apabila dari arah selatan seperti Kota Ungaran, para pengunjung bisa menembus jalan Pasar Ungaran/ Terminal Luar Ungaran – Sisemut – Lerep – Pasar – Gunungpati – Cangkiran – Tamanrejo – Nglimut.


Untuk para pengunjung yang menaiki sarana transportasi umum (kendaraan umum) dengan jalur yang sama petualang bisa turun di pertigaan Cangkiran lalu beralih menggunakan angkot yang melewati Tamanrejo, sampai pertigaan Margosari Tamanrejo bisa turun – Kemudian mencari Bus yang menuju Nglimut

Kordinat Lokasi

Lokasi Parkir : 7°08'57.7"S 110°19'50.5"E
Lokasi Kolam air panas : 7°09'06.2"S 110°20'04.9"E
Lokasi Curug : 7°09'07.7"S 110°20'09.3"E


Lihat foto lebih banyak disini

0 komentar :

Posting Komentar