Air Terjun Irenggolo

Curug Irenggolo, Air terjun di lereng Gunung Wilis

Gunung Wilis

Gunung Wilis adalah sebuah gunung non-aktif yang terletak di Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2563 meter diatas permukaan laut (mdpl), serta puncaknya berada di perbatasan antara enam kabupaten yaitu Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek. Gunung Wilis memiliki banyak objek wisata, baik objek wisata hutan maupun objek wisata yang paling banyak air terju. tetapi sayangnya hingga saat ini objek wisata tersebut belum begitu dikembangkan. dan beberapa objek wisata air terjun yang mulai di galakkan dan mulai dikenal oleh masyarakat dan para penggiat pariwisata adalah air terjun yang berada di daerah kediri yaitu Air Terjun Ironggolo (ada yang menyebut Irenggolo) dan Air Terjun Dolo.

Air Terjun Ironggolo dan Dolo yang terletak di Desa Besuki, Kecamatan Jugo dikunjungi tak hanya warga Kediri, tetapi juga warga dari kota lain untuk melepaskan penat. Terletak di dataran tertinggi yang bisa ditempuh oleh kendaraan baik dari arah Mojo maupun Semen, membuat Kawasan Wisata Desa Besuki menjadi tujuan wisata terbaik untuk menghirup udara segar pegunungan.dari kota Kediri berjarak sekitar 28 km ke arah bara daya dan bisa memakan waktu paling cepat 30 menit. Sekitar 1 jam akan sampai di kawasan Air Terjun Irenggolo.Kedua tempat wisata ini bisa ditempuh dalam kurun waktu 30-45 menit melalui jalur darat, baik dari jalur Mojo maupun Semen.

Air Terjun Irenggolo


Pada bagian ini saya mencoba membahas tentang air terjun Irenggolo, kalau anda hendak merencanakan perjalanan untuk menuju ke lokasi air terjun cukup mudah dan jalur menuju ke lokasi air terjun sangat mudah dan sudah memiliki track yang lebar dan di beri semen. dah tingkatan jalan ini termasuk low-tracking dan memiliki level low risk (resiko yang ringan), meski jarak dari parkiran sampai ke lokasi air terjun sekitar 200 meter, dan jalan menuju air terjun memiliki jalur yang menurun, dan anda juga bisa membawa keluarga anda untuk piknik ke lokasi ini. sambil berjalan kaki kita bisa melihat pemandangan lereng gunung Wilis, suara burung berkicau riang, tumbuhan khas pegunungan bahkan bisa melihat burung menari dari dahan ke dahan, dari ranting ke ranting.

Air Terjun Irenggolo
Track menuju lokasi

Air terjun jatuh dari ketinggian 80 meter namun karena kemiringan lerengnya yang memiliki dengan bentuk trap-trap mini dan agak landai mungkin sekitar 40-45 derajat, kesannya tidak jatuh dari ketinggian 80 meter. Jika diperhatikan dengan seksama, batuan yang menjadi lintasan air terjun ini mempunyai bentuk yang unik seperti anak tangga.pemandangan alam yang indah dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius mengajak kita untuk melepas penat sejenak di kawasan air terjun ini.

Air Terjun Irenggolo
seperti anak tangga

Di beberapa sudut tersedia gazebo untuk anda yang hendak beristirahat sejenak menikmati suara alam dan untuk berganti pakaian maupun bercengkrama dengan sanak keluarga anda sambil menikmati keindahan hutan di kaki Gunung Wilis.

Air Terjun Irenggolo
Taman di lokasi wisata

sayangnya, keindahan dan keunikan dari air terjun Irenggolo tidak diikuti dengan indahnya fasilitas yang ada. Terlihat beberapa fasilitas seperti kamar mandi, kolam renang, dan beberapa wahana bermain kurang terawat. Padahal jika maksimalkan fasilitas tersebut bisa menambah daya tarik wisatawan untuk berwisata, bersantai, melepas kepenatan di kawasan Irenggolo.

Air Terjun Irenggolo
Air Terjun Irenggolo dari kejauhan

Akses Menuju Lokasi

Jalan menuju ke objek wisata ini sudah sangat baik, karena jalan menuju lokasi ini sudah mulus dan di aspal. dan kalau anda berangkat dari Kota Kediri atau Poh Sarang jalan sudah diaspal dan lebar jalan bisa dilalui oleh kendaraan besar seperti bus besar. Perjalanan menuju air terjun ini dapat dimulai dari kota Kediri dimana pertama-tama menyeberang ke bagian barat sungai Brantas yang membelah kota Kediri, lalu meluncur ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung tempat tokoh nasional Tan Malaka dimakamkan, dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki. 
Air Terjun Irenggolo
Air jernih dan dingin

Bagi pengguna kendaraan umum, dari terminal bus Tamanan Kota Kediri, naik angkutan pedesaan jurusan ke Kecamatan Mojo. Kemudian, turun di Desa Besuki, dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun. Selain dengan berjalan kaki dari desa Besuki dapat menggunakan jasa sewa ojek atau angkutan pedesaan.

Akomodasi Dan Tiket Masuk


Untuk tiket masuk adalah Rp 3000 per orang. Sedangkan biaya parkir adalah Rp 1000 per kendaraan untuk roda dua. ada juga Sarana transportasi, komunikasi, dan listrik telah mendukung keberadaan objek wisata ini. Demikian pula, berbagai prasarana fisik yang lain, seperti tempat parkir, toilet, kamar mandi, kolam renang dan musholla. Bahkan disini tersedia area untuk berkemah. dan bagi anda yang hendak menginap di daerah ini ada tersedia beberapa penginapan yang bisa anda tempati, karena beberapa ratus meter sebelum sampai lokasi air terjun ini sudah tersedia beberapa penginapan.

Air Terjun Irenggolo
Irenggolo ketinggian 80 meter

Kordinat Lokasi :

7°51'53.2"S 111°51'08.3"E

0 komentar :

Posting Komentar