Brown Canyon : Salah satu objek wisata "ditemukan" di semarang

Brown Canyon : "Grand Canyon" Ala Semarang

Grand Canyon

Grand Canyon atau Ngarai Besar adalah sebuah ngarai tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Ngarai ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat.
Jika di Amerika ada Grand Canyon, Pangandaran ada Green Canyon, maka tak jauh dari Semarang ada juga yang menyerupai dua Canyon tadi. namanya Brown Canyon. Berada di 2 KM sebelah selatan TVRI Jawa Tengah – Pucang Gading Mranggen, terdapat tebing-tebing tinggi yang sekilas menyerupai Grand Canyon.

Brown Canyon

Brown Canyon Semarang merupakan tempat sebagai proyek galian C yang sudah berumur 10 tahun lebih. Dan disinilah sebagai tempat mengais rejeki bagi sebagian orang dengan melakukan penggalian pasir, penggalian tanah urug dan batu padas.namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun ahirnya berubah wujud seperti layaknya Grand Canyon yang ada di Amerika. meskipun awal mulanya pekerjaan ini bertujuan hanya mengelola bahan Galian tetapi terjadi "kecelakaan" yang menyebabkan sebuah karya alam yang indah, dan tempat ini mengundang banyak orang untuk menyaksikan nya, dan tempat ini yang dulunya diabaikan sekarang sudah mulai populer baik diantara orang-orang biasa maupun mereka yang hobi hunting Foto.


Lokasi Brown Canyon terletak di Desa Rowosari, Tembalang, Semarang yang berbatasan dengan Pucang Gading, Mranggen, Demak. untuk menuju Lokasi ini bisa dijangkau dari berbagai arah. Pengunjung bisa melewati pasar Meteseh via Tembalang, Kedungmundu atau RSUD Klipang.

Akses Jalan

Kalau anda dari Semarang timur hendak ke lokasi Brown Canyon bisa melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), kemudian mengambil arah kiri (arah perum Klipang) dan menuju lokasi Klipang Golf. Setelah sampai Klipang Golf, lanjutkan dengan melewati jembatan besi. Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai yang besar) akan ada pertigaan ke arah selatan (belok kanan). Lurus saja kurang lebih 2 KM Anda akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang.
Kalau anda dai arah  Batang, Kendal dan Simpang Lima Semarang atau dari arah barat bisa melewati pertigaan "pasar kambing", melewati Mrican, Kedung Mundu, Sambiroto, pertigaan Intan Permai belok kiri (Jl. Elang), kemudian sampai perempatan Pasar Meteseh belok kiri.
Dan buat anda yang dari arah Solo, Yogya dan Semarang atas untuk menuju Brown Canyon bisa melewati Banyumanik, Tembalang, UNDIP dan kemudian menuruni Sigar Bencah sampai perempatan Pasar Meteseh langsung ambil jalan lurus.


Jika anda hendak berkunjung ke Brown Canyon sebaiknya datang di pagi hari atau pada sore hari, dikarenakan pemadangan pagi dan sore yang bagus dan udara yang di hirup lebih baik, sedangkan kalau siang hari panas sekali karena tidak ada pohon dan dikarenakan tempat ini merupakan tempat panambangan bahan material dan masih aktif maka di waktu siang atau sewaktu jam kerja aktifitas penambangan akan menyebabkan banyak debu debu  yang beterbangan. Jadi kalau anda yang hendak berencana ke Brown Canyon di siang hari sebaiknya siapkan pula masker.



Satu catatan lagi di karenakan kondisi jalan menuju Brown Canyon yang cukup jelek (sering lalu lalang kendaraan berat yang menyebabkan jalan menjadi rusak), berdebu dan bergelombang maka gunakanlah sepeda motor yang fleksibel atau jika menyukai tantangan Anda bisa menggunakan sepeda onthel. Tidak disarankan menggunakan mobil mewah apalagi mobil dengan full variasi atau mobil ceper.

Akomodasi dan Tiket

Sebenarnya Brown Canyon Semarang bukanlah sebuah objek  wisata, jadi untuk akomodasi HTM tidak ada, tetapi menurut info terakhir sudah ada Tiket Masuk yang di buat oleh warga Rowosari. sedangkan untuk makan dan minum sudah ada warung di lokasi Brown Canyon tersebut, dan anda juga bisa ke desa terdekat untuk mendapatkan makanan dan minuman.

Kordinat Lokasi :

7°03'22.3"S 110°29'06.2"E


foto lebih banyak disini

0 komentar :

Posting Komentar