Umbul Ponggok: Berenang di segarnya mata air bersama ikan

Umbul Ponggok : Snorkling di air tawar



Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki. dan biasanya penyelam menggunakan snorkel.Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf "J" dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Pemandangan bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernapas melalui snorkel. Penyelam bisa mengambil napas dalam-dalam sebelum menyelam ke bawah air. Penyelam scuba menggunakan snorkel untuk menghemat udara di dalam tabung sewaktu berenang di permukaan air.

Snorkling di umbul Ponggok

Namun, beda dengan para penyelam yang biasanya berenang maupun menyelam di laut atau diperairan dalam untuk menikmati kekayaan alam laut, disini menyajikan hal yang berbeda. bagi  anda yang tidak memiliki kesempatan untuk snorkelling di taman-taman laut yang indah, kini di Klaten terdapat lokasi snorkling yang asyik.  dan bagi anda yang sedang belajar berenang atau khawatir akan tinggi gelombang laut, anda tak perlu takut lagi, sebab tempat snorkelling kali ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih bernama Umbul Ponggok. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter tempat ini cocok digunakan untuk lokasi snorkelling.Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi objek wisata yang cukup terkenal di Klaten. Aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi favorit snorkeling. Tak hanya itu, Umbul Ponggok juga sering menjadi tempat latihan diving dan bahkan tempat photografi untuk mengambil momen-momen yang menarik, dan tak jarang juga umbul ponggok dijadikan tempat photo prewedding. bagi anda yang tertarik menyelam di umbul ponggok tersedia penyewaan snorkel yang cukup terjangkau kaki katak Rp 5.000, snorkel, Rp 10.000, pelampung Rp 5.000, ban Rp 5.000. dan bagi yang mau mengabadikan kegiatan menyelamnya, juga tersedia paket foto dari pengelola setempat, paket yang tersedia beragam mulai dari Rp.100.000

umbul ponggok


Lokasi Dan HTM

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dari Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.Untuk masuk ke Umbul Ponggok wisatawan wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang

Rute Menuju Umbul Ponggok

Jika dari arah Jogja, maka carilah GOR Klaten dan ikuti jalan utama arah menuju Karanganom. Lihat-lihat juga kalau ada penunjuk arah ke desa wisata Ponggok. Dari rute ini nantinya bakalan ada 3 pertigaan. Pertigaan pertama berada ditengah sawah yang sepi rumah, dari sini ambil arah kanan lalu ikuti jalan utama kembali. Pertigaan kedua cukup ramai, ambil kiri dipertigaan kedua ini. Sekitar 50 meter dari pertigaan kedua ada pertigaan ketiga dan disini harusnya ada penunjuk arahnya juga, ambil kanan dan ikuti jalan utama. Jika sudah banyak tambak ikan disisi jalan berarti sudah dekat, dari arah ini umbul ponggok berada disisi kiri jalan. 

Jika dari arah Solo, maka carilah pasar Delangu. Dari perempatan lampu merah pasar delangu maju sekitar 200 meter sampai ada Toko olahraga JEMPOL dikanan jalan, belok kanan dan ikuti jalan disamping toko tersebut, jika ragu karena ada rambu dilarang lewat cuekin aja hehe. Lurus aja terus ikutin jalan utama menuju Polanharjo.ikutin aja jalan utamanya. Cari rambu pentunjuk jalan ke arah Klaten kota atau Karanganom sampai kamu menemukan gapura besar bertuliskan SELAMAT DATANG DI DESA WISATA AIR PONGGOK berarti kamu sudah dekat. tetap ikutin jalan utama sampe masuk perkampungan dan menemukan tugu ikan kemudian belok kiri. Letak umbul ponggok kira-kira 50 meter dari tugu ikan tadi.

Umbul Ponggok


Umbul Ponggok


Umbul Ponggok


Umbul Ponggok


umbul ponggok


umbul ponggok


umbul ponggok

Dan, salah satu keunikan dari umbul ponggok adalah lantai nya berpasir, di huni ikan air tawar dan ada bebatuan dengan skala kecil sampai besar beda dengan kolam-kolam lain nya.

Kordinat Lokasi :7°36'49.3"S 110°38'08.7"E

Foto lebih banyak disini

0 komentar :

Posting Komentar