Gua Maria Sendang Ratu Kenya

GM. Sendang Ratu Kenya, menikmati keindahan dan misteri di kesunyian

Sejarah

Kabupaten Wonogiri memiliki beberapa Gua Maria, selain Gua Maria sendang Klayu yang berada di kecamatan Ngadirojo. ada juga Gua Maria Sendang ratu Kenya yang sudah sering di dengar dan di bicarakan oleh para peziarah. menurut kisah awal mulanya ada sebuah sendang  terletak di lereng gunung Dusun Ngampohan, Giriwoyo, sekitar 50 km di sebelah selatan Kota Wonogiri. Sendang itu tepatnya berada di tepi jalan raya antara Baturetno dan Giritontro, sekitar 10 km arah barat daya dari kolam kecil Baturetno. Sendang ini tidak terlalu luas, namun berongga cukup besar. Karena itu masyarakat menyebutnya Sendang Growong. Di samping sendang itu ada pohon unut (sejenis pohon beringin) yang dijadikan dhayangan oleh warga setempat. Jadilah tempat itu dikenal dengan sebutan Dhayangan Growong. Namun Dhayangan Growong ini berubah menjadi tempat angker setelah diberi makhluk halus oleh Ki Somejo, tokoh kejawen karismatik setempat.

Akhirnya Petrus Suhirman, seorang katekis di dusun ini menyanggupkan diri untuk mengusir makhluk halus setelah mendapatkan persetujuan , dukungan serta restu dari masyarakat. Dan setelah konsultasi dengan Pastor A. Purwodiharja Pr (Pastor Paroki Purbayan Solo), Suhirman bersama umat lainnya mengadakan doa rosario sembilan hari di Dhayangan Growong. Setelah selesai doa rosario dan yakin bahwa makhluk halus benar-benar telah perti, Petrus Suhirman mempunyai gagasan, Sendang Growong dijadikan tempat peziarahan. Tempat peziarahan itu kini dikenal sebagai Gua Maria Sendang Ratu Kenya. Nama ini mempunyai makna sumber air yang melambangkan sumber kehidupan, sumber rahmat Tuhan selalu selalu mengalir. Sumber rahmat Tuhan ini akan selalu dialirkan oleh Ratu Kenya (ratu yang perawan) yakni Bunda Maria. Bunda Maria akan mengalirkan rahmat Tuhan kepada siapa saja, terlebih kepada orang hadir kepadanya.

Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Tempat Doa Hati Ibu Yang Bahagia

Lokasi


Gua Maria Sendang ratu Kenya berada di dusun Ngampunan, desa Giriwoyo wonogiri. Gua maria ini merupakan sebuah ceruk sempit dan merupakan lembah di antara dua bukit di dusunun ngampunan bukit di sisi barat dikenal dengan nama gunung Butak, sedangkan bukit yang disisi timur lebih dikenal dengan bukit batu lawang. Gua Maria ini berada dalam lingkup paroki St. Ignatius, Danan, Giriwoyo, Wonogiri. jalan besar menuju lokasi ini banyak di gelar kerajinan batu akik. Kompleks Gua Maria Sendang Ratu Kenya tepat berada di tepi jalan utama Wonosari-Wonogiri. Jika menggunakan bus besar, para peziarah turun di tepi jalan raya dan berjalan kaki menelusuri jalan paving atau makadam. dan Jika menggunakan kendaran pribadi, para peziarah dapat langsung naik dan langsung menuju ke areal parkir di bawah gua.

Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Pelataran Gua

Sedangkan di Lokasi Gua Maria ini, meski berada di daerah yang kering dan gersang, tetapi kompleks Gua Maria Sendang Ratu Kenya sangatlah jauh dari gambaran itu. Pohon-pohon besar dan rindang tampak menghijau. Lereng perbukitan di atas gua dibiarkan menghutan. Suasana seperti ini tentu akan membantu para peziarah. Kenyamanan dan kedamaian akan terasa begitu kita memasuki kompleks gua. Hawa sejuk tercipta karena kerindangan pohon-pohon yang di lokasi Gua Maria ini yang dibiarkan tumbuh menjadi besar dan membuat suasana nyaman dan damai. 

Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Pelataran Doa
Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Pelataran Doa dari atas
Disebelah Kiri dari pelataran Gua Maria, ada tersedia Air sendang yang di aliri melalui beberapa keran dan kolam penampungan.

Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Air Sendang
Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Air sendang yg dialiri melalui keran
Selain gua, dibangun juga beberapa tempat berdoa. Jika menelusuri jalan setapak di sebelah kanan gua, kita akan menjumpai dua tempat berdoa. Tempat yang pertama kita jumpai adalah salib millennium. Jika dilanjutkan, kita akan menemukan patung pieta. dan apabila kita melihat sebelah kanan dari pelataran doa, kita akan melihat sebuah kapel yang biasanya untuk mengadakan misa.

Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Kapel

Gua Maria ini meski dulunya terkesan angker, tetapi suasana sekarang jauh dari kesan angker. dan saat ini terkesan penuh dengan suasana aman damai dan nyaman. terlebih di beberapa titik tersedia pendopo dan tempat duduk yang di dapat digunakan para peziarah untuk sejenak beristirahat atau untuk berdoa tanpa terkena sengatan matahari.

Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Pendopo

Jalan menuju Lokasi


Untuk menuju ke Ratu Kenya ambil jalan ke arah selatan Solo untuk menuju ke Wonogiri, setelah masuk kota Wonogiri ambil jalan yang menuju ke selatan (arah Pacitan). Dari Wonogiri jaraknya kira-kira 40-50km dan ada 2 jalur yang bisa ditempuh untuk menuju ke gua Maria ini.
  1. lewat Ngadirejo - Baturetno - Giriwoyo, jalur ini melewati tempat wisata andalan Kabupaten Wonogiri yaitu danau/waduk Gajah Mungkur yang jalannya sempit atau lewat jalur utama ke Pacitan yaitu Wuryantoro - Pracimantoro - Giritontro - Giriwoyo yang menjauhi waduk tapi jalannya lebih lebar.
  2. Lewat jalan arah Gajah Mungkur kemudian bertemu di Giriwoyo lalu dari sini bisa ke Pacitan. Gua Marianya terletak antara jalur Giriwoyo dan Pracimantoro tidak jauh dari kantor kecamatan Giriwoyo, dekat gereja St. Ignatius Danan, ada papan nama kecil di pinggir jalan yang menunjukkan lokasi gua Maria Ratu Kenya. Tidak ada petunjuk jalan yang jelas untuk ke desa/kota kecil itu, bahkan papan petunjuk arah ke Gajah Mungkur-pun tidak ada, jadi pasang mata baik-baik lihat papan nama alamat sepanjang jalan dan bertanya jika diperlukan.

Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Bunda Maria Ratu Kenya

Akomodasi 
  1. Untuk para peziarah yang berdoa maupun berdevosi hendak menyalakan lilin, tersedia kotak lilin di pelataran doa, dan tersedia juga toko devosionalia di dekat halaman parkiran
  2. bagi peziarah yang hendak mengisi perut tersedia warung di pertigaan jalan raya
  3. untuk peziarah yang hendak berencana menginap tersedia homestay di sekitar Gua Maria, dan bagi peziarah yang backpaker atau minim dana dapat menginap di lokasi Gua Maria.
  4. Untuk kegiatan MCK tersedia beberapa Kamar mandi yang berukuran kecil yang keadaan nya tidak begitu baik di daerah parkiran kendaraan
  5. Air suci atau air sendang dapat di gunakan dan dapat di ambil melalui keran-keran yang dialirkan ataupun melalui kolam yang ada di sebelah pelataran Gua Maria.

Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Gua Maria Ratu Kenya

Informasi kegiatan :

1. Novena Bunda Maria Sendang Ratu Kenya Paroki St.Ignatius Danan dilaksanakan setiap minggu pertama, pk 09.30 WIB pada bulan September sampai dengan Mei.

2. Misa Kudus di Kapel Sendang Ratu Kenya, setiap hari Jumat Malam pk.20.00


Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Pelataran Gua
Gua Maria Sendang Ratu Kenya
Pelataran Gua di bagian atas

Kordinat Lokasi :

8°01'29.9"S 110°54'35.5"E

Lihat Foto lebih banyak disini.



2 komentar :

Thomas Aquinas Ardhi Winarto mengatakan...

Tenang saat disini....

Unknown mengatakan...

Suwun infonya kang... saya pas mau kesana... cari2 info dulu. lumayan lengkap info disini.

Posting Komentar