Simpang Lima Gumul Kediri

Simpang lima Gumul, Arc de Triomphe nya Indonesia

Jika mendengar nama L’arch D’ Triomphe, apa yang terpikirkan di benak Anda? Perancis? Liberté, égalité, fraternité motto resmi Prancis? atau Napoleon Bonaparte yang tersohor itu? Anda benar. Semua itu merupakan nilai – nilai yang terefleksikan dari Monumen Kejayaan di Perancis. Namun jika monument yang serupa ada di Kediri, apakah yang terpikirkan di benak Anda? atau anda berfikir mana ada Monumen seperti L’arch D’ Triomphe yang tersohor itu ada di Indonesia.

Simpang Lima Gumul

Ya, memang ada monumen seperti L’arch D’ Triomphe, namanya adalah Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa disingkat "SLG" . Monumen ini merupakan salah satu bangunan yang menjadi ikon Kota Kediri yang bentuknya menyerupai Arc de Triomphe yang berada di Paris, Perancis. SLG mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008, yang digagas oleh Bupati Kediri saat itu, Sutrisno. Bangunan ini terletak di Desa Tugurejo,Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tepatnnya di pusat pertemuan lima jalan yang menuju keGampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten.
Simpang Lima Gumul Kediri
Arc de Triomphe-nya Kediri
Jika Arc de Triomphe dibangun untuk menghormati para pejuang yang bertempur dan mati bagi Perancis dalam Revolusi Perancis dan Perang Napoleon, sedangkan Monumen Simpang Lima Gumul Kediri ini dibangun untuk memperingati tentang sejarah Kediri yang terinspirasi dari Jongko Jojoboyo, raja dari Kerajaan Kediri abad ke-12 yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri, hingga kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang. dan kalau di Arc de Triomphe anda bisa melihat Menara Eifell dari kejauhan, sedangkan di Monumen Simpang Lima Gumul ini anda dapat melihat keindahan kediri.

Simpang Lima Gumul Kediri
Relief pada Monumen SLG

Monument yang memiliki luas bangunan 804 meter persegi, di tumpu 3 tangga 3 meter dari dasar pura, dan tinggi 25 meter sehingga jika kita berada di atap monument dapat kita saksikan keseluruhan panorama Kediri dari atas dan proyeksi pengembangan kawan perdagangan ini yang secara keseluruhan seluas 37 Ha. Angka luas dan tinggi monumen tersebut mencerminkan tanggal, bulan dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu 25 maret 804.

Simpang Lima Gumul Kediri
Kubah pada SLG
Di dalam bangunan monumen terdapat ruang-ruang untuk pertemuan di gedung utama dan ruang auditorium di lantai atas yang beratapkan mirip kubah (dome), ruang serba guna di ruang bawah tanah (basement), diorama di lantai atas, dan minimarket yang menjual berbagai souvenir di lantai bawah.Bangunan ini juga memiliki tiga akses jalan bawah tanah untuk menuju monumen.

Jalan menuju lokasi

Monumen Kediri yang terletak di Simpang Lima Gumul ini merupakan Ikon Kabupaten Kediri. Lokasi yang hanya berjarak ± 6 km (± 10 menit) dari kota Kediri atau ± 120 km (± 2,5 jam) dari Bandara Juanda Surabaya. apabila anda hendak mengunjungi lokasi ini dengan menggunakan kendaraan umum, anda turun di terminal bus antar kota Dan MPU Gumul. kemudian melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot atau ojek maupun taksi menuju simpang lima Gumul.

Simpang Lima Gumul Kediri
Monumen Simpang Lima Gumul
Bagi anda yang hendak mengunjungi monumen L’arch D’ Triomphe, maupun yang saat ini belum sanggup untuk mengunjungi L’arch D’ Triomphe di Prancis, tidak ada salahnya kalau anda menyempatkan diri berkunjung dan mengabadikan momen di Monumen L’arch D’ Triomphe nya Kediri ini atau Simpang Lima Gumul.

Kordinat Lokasi :

7°48'57.5"S 112°03'44.2"E


0 komentar :

Posting Komentar