Gardu Pandang Tieng

Melihat Sunrise dari sudut pandang yang lain di Dieng

Dieng memang selalu memeberikan banyak destinasi untuk para penikmat wisata yang berkunjung kedaerah Dieng, banyak momen yang tidak terlupakan oleh wisatawan yang datang kesini, dan selalu membuat kerinduan bagi wisatawan untuk datang lagi dan lagi ke Negri diatas awan atau negri tempat para dewa ini. setelah memasuki kawasan DIeng yang ditandai dengan Gapura yang bertuliskan "Dieng Plateau" beberapa menit lagi menuju ke Daerah dataran Tinggi dieng ini, ada sebuah objek wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Namanya Gardu pandang Tieng, Gardu Pandang Tieng Berada di atas Desa Tieng, disisi jalan menuju kawasan Dieng. awalnya gardu pandang ini digunakan sebagai rest area untuk para pengunjung yang hendak ke Dataran tinggi dieng maupun pulang. Disini disediakan area sekitar 30 Meter persegi untuk lokasi tersebut. Terdapat lokasi parkir mobil dan motor, warung minum dan makan standar, dan gardu pandang yang berbentuk lingkaran tinggi keatas sekitar 5 meter dari dasar tanah.


Terletak pada ketinggian 1789 Mdpl tepat berada di atas Desa Tieng, lokasi ini merupakan lokasi yang paling tepat untuk menyaksikan terbitnya matahari dan menjadi lokasi alternatif bagi yang ingin melihat golden sunrise selain puncak sikunir. 




Pemandangan sebelah timur adalah perbukitan kebiruan yang diselimuti kabut tipis dan pemandangan pedesaan dengan rumah rumah khas pedesaan. sedangkan sebelah selatan terpampang didepan mata pemandangan gunung sindoro yang menjulang tinggi dengan anggunnya.





Akomodasi


  1. untuk tiket masuk tidak dikenai biaya, hanya dikenakan biaya utnuk parkir kendaraan saja
  2. Jalan menuju lokasi, apabila anda hendak menuju lokasi ini melalui wonosobo, terus saja melewati jalan dieng dan melewati Gapura "Dieng Plateau" jalan menanjak terus. lokasi nya di kanan jalan tepatnya di Depan Tower BTS. kalau dari Banjarnegara, ambil jalan menuju Batur melewati objek wisata dieng dan jalan menuju wosobo. anda akan melewati beberapa ratus meter jalan menurun dan akan menemukan sebuah bangunan (gardu Pandang) di sisi kiri jalan.
  3. Untuk kegiatan MCK telah tersedia kamar mandi
  4. ada juga beberapa warung yang menyediakan aneka makanan maupun minuman. dan ada juga menyediakan souvenir khas Dieng.

Gardu Pandang Tieng

Kordinat Lokasi :

7°13'59.7"S 109°56'18.0"E

0 komentar :

Posting Komentar