Gua Maria Sendang Klayu

Gua Maria Fatima Sendang Klayu Wonogiri

Wonogiri


Wonogiri adalah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan lansung dengan dengan ProvinsimJawa Timur, yaitu Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Pacitan. Di Kabupaten Wonogiri terdapat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Baik wisata spiritual, petualangan, wisata alam dan lain sebagainya. Di antaranya obyek wisata Waduk Gajah Mungkur, Wisata Spiritual Kahyangan, Air Terjun Setren, Goa Putri Kencono, Wisata Gantole dan wisata Pantai Banyutowo dan Nampu. untuk wisata Gua Maria, di Wonogiri ada beberapa Gua Maria yaitu Gua Maria Sendang Ratu Kenya yang sudah sering kita dengar dan Gua Maria Fatima Sendang Klayu.

GM. Fatima Sendang Klayu


Gua Maria Fatima Sendang Klayu berada di Sebuah dusun di selatan kabupaten Wonogiri kecamatan Ngadirojo kelurahan Gemawang yaitu dusun Jlegong. dusun Jlegong ini terletak suatu ceruk antara bukit Watulumbung dan Gunung Gondel. yang dihuni sekitar 500 kepala keluarga. Gua Maria ini memang belum begitu banyak di dengar oleh para peziarah. Gua Maria ini secara langsung di kelola oleh Paroki Yohanes Rasul Wonogiri. 

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Maria Fatima Sendang Klayu

Gua Maria ini berlokasi di antara bukit Watulumbung, Jalan menuju ke gua sungguh tidak mudah. Jalan itu sangat menanjak dan diberi tangga demi tangga yang agak tinggi sampai mengantar kita ke depan pelataran Gua.


Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Deretan tangga menanjak
Meskipun jalan menanjak yang harus dilalui sampai ke depan Gua, selama perjalanan yang menanjak ini kita akan disuguhkan pemadangan bukit Watulumbung. dan sepanjang jalan juga di tumbuhi pepohonan yang berguna untuk menghalangi paparan sinar matahari langsung, sehingga membantu para peziarah yang menaiki tangga tersebut tidak perlu kepanasan karena sinar matahari.

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Pepohonan di samping deretan tangga
Setelah menaiki tangga demi tangga yang menanjak, di ujung jalan tersebut ada sebuah pendopo yang biasanya dipakai para peziarah yang hendak beristirahat sejenak sebelum melakukan aktivitas berdoa dan berdevosi.

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Pendopo
Dan biasanya, pendopo ini dipakai umat untuk melakukan misa. karena telah tersedia meja altar di ujung pendopo tersebut.

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Pendopo yg difungsikan tempat misa
apabila kita melanjutkan naik lagi keatas dengan menaiki tangga lagi, kita akan bertemu dengan pelataran doa yang tidak begitu luas, tetapi suasana di pelataran maupun di lokasi Gua ini sangat nyaman karena di tumbuhi pohon Klayu dan pohon lainnya yang berukuran besar.

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Pelataran doa
Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Pepohonan sekitar pelataran doa
area pelataran doa memang tidak begitu luas, dan ada beberapa lantainya masih tanah sedangkan yang lainnya sudah di beton.

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Patung bunda Maria di pelataran doa
sehingga ada di sediakan beberapa tikar yang dapat digunakan sebagai alas para peziarah untuk berdoa dan berdevosi di Gua Maria ini, dan juga tidak mengurangi khidmat dalam berdoa.

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Maria Fatima Sendang Klayu

Sejarah


Awal mulanya Ada sendang yang disebut Sendang Klayu. Tempat tersebut semula angker, banyak penduduk menjadi korban gangguan Iblis, menurut tutur kata orang setempat. ada seorang menebang pohon yang tumbuh di tempat itu lalu mulutnya mencong. Almarhum Romo Soetapanitra SJ berhasil mengusir Iblis yang bercokol di tempat tersebut, bahkan kemudian air Sendang Klayu digunakan oleh Romo Soetapanitra SJ untuk membaptis orang-orang Katolik perdana di daerah tersebut. Jumlahnya belasan orang.sejak peristiwa pembaptisan tempat tersebut dijadikan tempat doa, yang dilengkapi dengan patung Maria Fatima Sendang Klayu.

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Maria Fatima Sendang Klayu

Akses Lokasi

untuk menuju lokasi Gua Maria ini sangat sulit dicapai, karena jalan menuju lokasi ini belum tersedia angkutan umum, dan jalan menuju ke lokasi ini masih berupa jalan makadam yang beberapa sisinya terkelupas. kalau para peziarah yang hendak ke lokasi ini diharapkan berkunjung dulu ke Paroki Yohanes Rasul Wonogiri untuk minta di antarkan. atau langsung saja menuju desa Gemawang, darisana petunjuk arah menuju Gua Maria Fatimah ini sudah cukup lengkap dan membantu. atau anda tinggal memakai kordinat Gua Maria Fatima sendang klayu ini (yang tersedia di bagian bawah) pada GPS anda, dan GPS akan menuntun anda sampai pada Gua Maria ini.

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu
Maria Fatima Sendang Klayu

Akomodasi.



  1. Di Gua Maria ini tersedia pendopo untuk istirahat sejenak 
  2. apabila para peziarah yang hendak berkunjung pada malam hari, area Gua ini memilki penerangan yang minim, sehingga para peziarah mempersiapkan alat penerangan sebelumya.
  3. belum ada toko devosionalia di sekitar lokasi gua maria ini, dan para peziarah yang hendak berdoa dan menyalakan lilin juga diharapkan mempersiapkan peralatan devosi terlebih dahulu
  4. untuk warung makan juga tidak tersedia di dekat lokasi gua ini, karena gua ini terletak di tengah-tengah suatu ceruk
  5. untuk kegiatan mck telah tersedia kamar mandi di sebelah pendopo
  6. ada juga air sendang yang dapat di pergunakan untuk kegiatan membasuh tubuh, minum di tempat atau dibawa pulang
  7. karena fasilitas di gua Maria ini masih minim, diharapkan para peziarah dapat membantu pengembangan dari gua Maria ini dengan menyumbangkan beberapa lembar Uang pada kotak-kotak yang telah tersedia.

Gua Maria Fatimah Sendang Klayu

Kordinat Lokasi :

7°53'52.0"S 111°00'24.0"E

Lihat foto lebih banyak disini.



2 komentar :

Anonim mengatakan...

Berapa km dari kota Wonogiri ?

Anonim mengatakan...

Keadaan sekarang sudah banyak perkembangan..penerangan cukup memadai.mck dan parkir tersedia
Perlengkapan devosi belum ada.warung makan belum ada.
Lagi gencar tahap pembangunanya

Posting Komentar