Curug Benowo

Eksplorasi Curug Lawe dan Benowo

Curug Lawe dan Curug Benowo yang terletak di desa kalisidi yang jarak nya tidak begitu jauh, yang kelihatannya cuma di batasi oleh perbukitan. Kami sudah beberapa kali mengeksplorasi Curug Lawe ini (lihat disini dan disini), tetapi untuk menuju ke Curug Benowo belum pernah sekalipun kami datang kesana, karena keterbatasan waktu dan tenaga yang tersisa. akhirnya setelah memiliki watu dan tenaga yang banyak kami memiliki niat untuk mengeksplorasi kedua Curug tersebut secara bersamaan, jadi sekali merengkuh dayung dua-tiga pulau terlampaui. sekali mengeksplorasi daerah kalisidi dua Curug tereksplorasi. :)

Curug Lawe dan Benowo
Selamat datang di curug lawe

Curug Benowo


Curug Benowo terletak di Lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang dan yang diceritakan diatas sebelumnya, bahwa jarak curug Benowo ini tidak begitu jauh dari Curug Lawe. untuk menuju curug Benowo ini jalurnya juga sama dengan menuju ke curug Lawe yang menyusuri tali air dan lokasi pandang lutung, tetapi ada jalan pertigaan yang memisahkan kedua objek lokasi tersebut, setelah kita melewati  bendungan. 

Curug Lawe dan Benowo
Pertigaan Lawe dan Benowo

Untuk menuju ke curug Benowo, kita mengambil jalan ke kiri dari pertigaan tersebut, dan hampir sama dengan perjalanan menuju curug Lawe, sepanjang perjalanan kita akan di temani oleh keindahan alam saat kita menyusuri jalan setapak. tetapi medan menuju ke curug Benowo ini medannya tidak begitu berat dan tidak begitu menanjak seperti menuju curug Lawe, jalan menanjak semakin terasa saat kita berjalan menanjak menyusuri bebatuan besar sekitar 300 meter sebelum sampai pada lokasi curug Benowo.

Curug Lawe dan Benowo
Jalur menuju Benowo
Curug Lawe dan Benowo
Aliran sungai menuju Benowo
Curug Lawe dan Benowo
Pemandangan seputar benowo

Curug Benowo memang beda dengan curug Lawe, curug Benowo ini memiliki satu Air terjun yang jatuh dari ketinggian yang sekitar dindingnya terdiri dari bebatuan besar yang tertempel di tebing maupun di aliran sungai ini.

Curug Lawe dan Benowo
Curug Benowo
Curug Benowo ini sinar matahari langsung terasa tanpa di halau oleh pepohonan yang rimbun ditebing sekitar curug Benowo ini, beda seperti curug lawe yang di bawah aliran air terjun sinar matahari terhalang oleh pepohonan sekitarnya.

Curug Lawe dan Benowo
Aliran Benowo

Curug Lawe

kalau menuju curug Lawe secara langsung sudah pernah dibahas sebelumnya (disini dan disini). sedangkan kalau dari curug Benowo tersedia jalur yang tidak begitu berat, karena jalan menuju curug Lawe jalan yang harus kita tempuh merupakan jalan menurun yang tidak melelahkan. jalur menuju curug Lawe dari curug Benowo ini akan bertemu di tangga terakhir sekitar 200 meter sebelum lokasi curug Lawe.

Curug Lawe dan Benowo
Jalan menuju Lawe
malah menurut saya untuk anda yang hendak berkunjung kelokasi curug di desa kalisidi ini sebaiknya anda terlebih dahulu menuju curug Benowo dulu, karena medan nya tidak berat dan tidak begitu melelahkan seperti kalau kita berjalan menuju ke lokasi curug Lawe langsung.

Curug Lawe dan Benowo
Curug Lawe
sinar matahari di lokasi ini tidak begitu menyengat para pengunjung, karena matahari yang masuk terhalangi oleh pepohonan rimbun di sekitar tebing. sehingga hamparan angin dan air yang menyentuh badan kita akan terasa dingin dan ada keinginan untuk menceburkan diri ke kolam air terjun tersebut.

Curug Lawe dan Benowo
Aliran dari Lawe
kalau kita lihat perbedaan dengan curug Benowo, curug lawe ini memiliki aliran-aliran air yang mengalir yang menghiasi sekeliling tebing di lokasi curug ini. dan perbedaan ini membuat daya tarik tersendiri dari objek wisata curug ini.

Curug Lawe dan Benowo
Aliran dari tebing
Setelah berkunjung dari curug lawe ini, jalur yang kami lalui juga berbeda tidak melalui jalur dari curug benowo sebelumnya, tetapi jalan yang menuju curug lawe secara langsung. dan tidak lupa berfoto-foto dulu di "jembatan romantis" mengabadikan momen perjalanan kami.

Curug Lawe dan Benowo
Jembatan Romantis
Suatu kesenangan dan kepuasan tersendiri saat kami saat mengeksplorasi kedua curug ini, dan meskipun sudah beberapa kali berkunjung kelokasi ini, tetap saja ada kerinduan untuk berkunjung lagi ke lokasi curug Benowo maupun curug Lawe ini.

Curug Lawe dan Benowo
Curug Benowo
Curug Lawe dan Benowo
Curug Lawe
Suatu saat kami pasti datang untuk berkunjung ketempat ini lagi, cepat atau lambat.


Kordinat Lokasi :
Curug Benowo : 7°09'36.2"S 110°21'26.0"E
Curug lawe :7°09'37"S 110°21'17"E
Tempat Parkir : 7°08'31.4"S 110°21'36.9"E

0 komentar :

Posting Komentar