Punthuk Setumbu

 Punthuk Setumbu, Surganya Para Pemburu Sunrise

Momen Sunrise atau Matahari terbit bagi sejumlah para wisatawan merupakan sebuah target saat menunjungi suatu daerah wisata. banyak para wisatawan yang sudah bersiap dengan kamera nya sebelum matahari yang dinanti akan muncul, bahkan harus merelakan waktu untuk beristirahatnya berkurang demi menyaksikan Sang surya menampakkan wajahnya sebagai pertanda permulaan hari. Pesona dan eksotisme cahaya matahari di awal pagi itu menjadi magnet nan memukau bagi para penyuka petualangan. di Indonesia, banyak tempat favorit untuk menyaksikan sunrise. Tentu kita mengenal nama Gunung Penanjakan di Jawa Timur sebagai lokasi terbaik untuk melihat matahari terbit sekaligus melihat keindahan tiga gunung lainnya, Semeru, Bromo, dan Batok.

Punthuk Setumbu

Tetapi ada lagi spot yang menarik untuk melihat Matahari terbit tersebut, salah satunya di Punthuk Setumbu. Puntuk setumbu ini merupakan bukit yang terletak di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. dan dari nama daerahnya Borobudur yang Selama ini, wisatawan, terutama lokal, apabila berkunjung ke kawasan Borobudur, hanya mengejar puncak candi sebagai tujuan utama.


Punthuk Setumbu
Momen Matahari terbit
Bukit Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang terkurung lautan kabut. Bukit Punthuk Setumbu memiliki pemandangan pagi yang berbeda. Selain bisa menyaksikan mentari yang menyembul perlahan dari Gunung Merapi atau Merbabu, wisatawan juga bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian. Tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri. Tak heran jika akhirnya Punthuk Setumbu menjadi lokasi favorit menyaksikan sunrise bagi wisatawan asing dan juga spot favorit para fotografer.

Punthuk Setumbu
Matahari yang tertutup awan

Akomodasi

  1. Untuk Menikmati Sunrise di Bukit Punthuk Setumbu ini, akan dikenakan tiket masuk yang dikelola oleh masyarakat desa setempat dengan harga tiket yang beragam. untuk Wisatawan domestik dikenakan tiket Rp. 15.000, sedangkan untuk wisatawan Luar negeri sebesar Rp.30.000
  2. Untuk bisa menikmati sunrise, sebaiknya Anda sudah berada di Punthuk Setumbu pada pukul 05.00 WIB sampai dengan 05.15 WIB. Dari kawasan Borobudur, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncaknya adalah sekitar 30 menit kalau menggunakan transportasi mobil atau tidak sampai 30 menit kalau menggunakan transportasi sepeda motor.
  3. Jalan menuju bukit Punthuk dari parkiran sudah memiliki jalan yang beralaskan beton dan telah dipasang lampu penerangan yang membantu wisatawan
  4. untuk kegiatan MCK sudah tersedia Kamar mandi di samping penjualan tiket masuk maupun di atas bukit
  5. Telah tersedia beberapa warung makanan di atas bukit maupun di jalan setapak menuju bukit

Waktu Terbaik

Dari namanya Sunrise yang berarti matahari terbit, jadi para wisatawan sebaiknya mengunjungi tempat ini pada momen matahari terbit. yang biasanya Sang Surya akan menampak-kan "wajahnya" sekitar pukul 05.00-05.30. jadi bagi wisatwan hendaknya sudah sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu ini sebelum pukul 05 pagi.
Dan yang menarik nya tempat ini sudah di penuhi para wisatawan ataupun pencinta photografi mulai dari pukul 04 pagi untuk mencari spot yang terbaik untuk mengabadikan momen matahari terbit.

Punthuk Setumbu
Borobudur di kejauhan

Akses menuju lokasi


Untuk menuju lokasi ini bukan hal yang sulit karena telah banyak tersedia petunjuk jalan menuju Bukit Punthuk Setumbu ini. Kalau anda dari arah terminal Borobudur di Dusun Janan, Desa Borobudur, atau pintu gerbang Candi Borobudur, pengunjung bisa melewati jalan di tepi kompleks candi yang mengarah ke Selatan (hotel Maohara), lalu menuju ke arah Barat (ke perbukitan Menoreh) menuju Desa Karangrejo. tidak jauh dari situ ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Silahkan belok kanan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu.


Punthuk Setumbu
Muncul diantara merapi dan merbabu
Bagi para wisatawan yang sering mengunjungi Candi Borobur, sempatkanlah diri anda untuk berkunjung ke Punthuk setumbu ini karenajarak menuju Punthuk Setumbu ini tak sampai 5 kilometer kalau ditempuh dari Candi Borobudur.

Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu

Kordinat Lokasi:

7°36'25.9"S 110°10'38.9"E
lihat momen yang lainnya disini.


0 komentar :

Posting Komentar