Wisata Dieng 2D1N

Wisata Ke Dataran Tinggi Dieng


Dieng? Siapa yang tidak kenal dengan nama yang satu ini, bagi orang yang pernah atau tinggal di daerah Jawa Tengah, nama datran tinggi Dieng memang tak asing lagi di telinga. ya... dieng yang awal mulanya merupakan suatu Gunung Purba yang membentuk suatu rekahan pada peristiwa letusan Gunung Prau. dataran tinggi dieng yang di kuasai dua kabupaten ini yaitu kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjarnegara ini memiliki potensi wisata yang sangat populer. banyak jenis potensi wisata yang di tawarkan saat anda berkunjung ke daerah dieng ini. 

Pagi itu kami ber tiga berencana untuk berkunjung ke dieng, perjalanan ini merupakan perjalanan pertama kami untuk mencoba menginap dan merasakan sensasi tinggal di dataran tinggi dieng ini. sedangkan untuk perjalanan yang tidak menginap sudah berkali-kali. banyak destinasi wisata yang akan kami kunjungi di Dieng ini. tetapi sebelum memasuki Dieng ini kami pertama kali singgah di Gua Maria Taroanggro.

1. Gua Maria Taroanggro

Sempatkanlah dahulu sejenak di keheningan pedesaan di kaki Gunung Sindoro tepatnya di Jl Raya wonosobo- temanggung km 17 dsn Anggrunggondok Rw01/Rt 08, Reco, Kertek 56371, Wonosobo Jawa Tengah. nikmati keindahan dan kesejukan alam. dan menyempatkan diri mengadu kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Wisata Dieng 2D1N
Gua Maria Taroanggro
Setelah beristirahat dan berdoa sejenak di Gua Maria Taroanggro ini perjalanan pun kami mulai lagi. dan emmasuki Gapura Dieng Plateau yang terkenal sebelum memulai melewati tikungan demi tikungan yang menanjak dan menantang.

Wisata Dieng 2D1N
Dieng Plateau
melewati tikungan demi tikungan yang menenantang, tetapi juga menikmati angin yang bertiup dan menikmati pemandangan alam di dataran tinggi dieng membuat perasaan cemas saat melewati tikungan menjadi sirna. dan tibalah di perhentian kedua, sembari mengistirahatkan kendaraan dan meikmati keindahan alam di gardu pandang Tieng

2. Gardu Pandang Tieng

Sebelum memasuki desa dieng, jangan lupa untuk singgah sebentar di gardu pandang ini, melepaskan lelah dengan menikmati pemandangan alam sekitar dan ditemani dengan makanan maupun minuman yang dijajakan para penjual yang ada di Gardu pandang Tieng ini.

Wisata Dieng 2D1N
View dari Gardu Pandang Tieng
Lanjut lagi melewati beberapa tikungan demi tikungan sebelum memasuki desa Dieng kulon tempanya objek wisata yang terkenal di dataran tinggi dieng ini. kendaraan kami pun berhenti di objek wisata selanjutnya yaitu Telaga Warna

3. Telaga Warna dan pengilon

Mau lihat telaga 2 in 1? di telaga Warna tempatnya, sekali anda memasuki objek wisata telaga Warna ini, kita juga dapat mengunjugi telaga pengilon dan juga beberapa Gua yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.

Wisata Dieng 2D1N
Telaga Warna
tiupan angin yang menyentuh kulit membuat suasana di telaga warna ini menjadi menyenangkan, menyusuri jalan setapak mengitari telaga warna dan telaga pengilon dan tidak lupa mengabadikan perjananan dengan foto-foto. kemudian perjalanan kami lanjutkan dengan menaiki tangga demi tangga yanga da persisi di dekat musholla yang menuju batu ratapan angin.

4. Batu Ratapan angin

Kegilaan dan rasa adventure kami membaur dan menyatu menjadi satu, melewati dan mendaki satu demi satu bebatuan tinggi dan curam pada puncak bukit di Batu ratapan angin demi mendapatkan hasil foto yang maksimal. 

Wisata Dieng 2D1N
Pengilon dan warna
Dan tak lupa juga "kegilaan" kami yang memotret kehidupan para petani kentang yang menambah ilmu pengetahuan kami dengan berkebun kentang sejenak dan menikmati panen kentang yang murah meriah.

Wisata Dieng 2D1N
Panen kentang
asik... dengan bermodalkan dana yang kecil sudah membawa berkantung-kantung plastik besar yang berisi kentang hasil panen tadi. dasar rejeki nomplok... hahaha
dan perjalanan kamipun harus dilanjutkan kembali, masih banyak destinasi wisata yang tidak boleh kami lewatkan begitu saja.

5. Kawah Sikidang

kawah sikidang merupakan destinasi pavorit dari wisatawan,  meskipun kawah Sikidang ini menghasilkan uap belerang yang sangat pekat, tetapi kawah ini masih dapat dikunjungi oleh wisatawan karena kawah ini berada di alam terbuka yang memiliki intensitas angin yang tinggi.

Wisata Dieng 2D1N
Kawah Sikidang

6. Komplek Candi

Selain dari wisata alamnya, dataran tinggi dieng memiliki objek wisata sejarah yang dapat kita jumpai melalui candi-candi yang tersebar di dataran tinggi Dieng, ada beberapa candi yang masuk dalam kesatuan kelompok candi yaitu komplek candi arjuna, komplek candi Gatotkaca dan komplek candi Dwarawati. ada juga candi yang berdiri sendiri tanpa ada "teman" candi yang lainnya seperti candi Bima. bahkan beberapa puing-puing candi masih banyak berserakan di bukit maupun di ladang dari penduduk Dieng.

Wisata Dieng 2D1N
Candi Dieng
Setelah mengunjungi candi-candi yang ada di Dieng, saatnya beristirahat sejenak menikmati suasana Dieng, hari itu kami menginap di penginapan di desa dieng kulon, karena kalau malam hari desa dieng ini menjadi pusat keramaian, tidak seperti desa yang lainnya di dataran tinggi dieng. yah, dieng di malam hari, menikmati suasana dieng dimalam hari bersama para penduduk desa di sekitar. berjalan-jalan di malam hari berkeliling desa dan mengabadikan momen kebersamaan di malam hari sebelum beristirahat untuk melanjutkan perjalanan esok hari.

Wisata Dieng 2D1N
Dieng Malam hari
Oya, ada juga destinasi yang terlupa. sebelum memasuki penginapan, tidak jauh dari penginapan kami ada sebuah petirtaan kuno  Dimana Mata air ini keluar kaki Gunung Prahu dan mengalir menjadi Kali (sungai) Serayu.nama nya adalah Tuk Bimo Lukar. Bimo artinya nama salah satu satu tokoh dari Pandawa sedangkan Lukar artinya busana. Menurut legenda cerita nama Bimo Lukar berarti sebagai tempat dimana tempat sang tokoh Pandawa yaitu Bimo Seno melukar (melepas) pakaiannya untuk disucikan.

Wisata Dieng 2D1N
Tuk Bimo Lukar
Pagi dini hari perjalanan kami lanjutkan, destinasi selanjutnya adalah Puncak sikunir.

7. Puncak Sikunir

Kalau anda yang gemar adventure dan ingin menikmati Matahari terbit, puncak sikunir tempatnya. Alasan mengapa Puncak sikunir menjadi tujuan wisata Adventure bagi wisatawan yang berkunjung ke Dieng salah satunya adalah karena penampakan sunrise dari bukit sikunir ini merupakan salah satu spot terbaik di dunia untuk melihat matahari terbit.
Wisata Dieng 2D1N
Puncak Sikunir
Puncak sikunir merupakan salah satu destinasi wisata Favorit bagi penikmat sunrise selain puncak Bromo. disini kita dapat melihat 7 Gunung lainnya yang ada di sekitar puncak Sikunir ini. berada di desa sembungan yang merupkan desa tertinggi di pulau Jawa dan merupakan desa tertinggi kedua setelah desa yang ada di Nepal.
jangan langsung buru-buru pulang dari Puncak sikunir, nimati juga telaga cebong yang ada di sekitar lokasi Parkiran Puncak Sikunir ini.

8. Telaga cebong 

Dari namanya telaga cebongdikarenakan dulu ditemukan banyak anak katak (kecebong) di tepian danau tersebut. Dari bentuknya pun sedikit mirip dengan kecebong. sehingga sampai sekarang dinamakan telaga Cebong meskipun yang bermukim di telaga ini di huni oleh ikan-ikan yang melimpah yang dapat dipancing msekipun katanya tanpa umpan. Air telaga cebong ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengairi kebun sayuran, seperti kebun kentang, carica, kubis, wortel, kacang, dan lainnya.

Wisata Dieng 2D1N
Telaga Cebong
Tapi, jangan salah meskipun namanya telaga cebong, yang menjadi daya tariknya adalah pantulan awan yang berwarna biru yang di tampilkan pada permukaan air di telaga Cebong ini.

9. Kawah Candradimuka

Satu lagi kawah yang ada di dataran tinggi dieng, meski jalan menuju lokasi agak terjal dan menantang. kawah ini juga tersedia kolam tempat berendam air panasnya. layaknya Gatotkaca sang legenda cerita pewayangan yang di rendam dalam kawah Candradimuka.

Wisata Dieng 2D1N
Kawah Candradimuka
10. telaga Dringo

mau ke danau Ranukumbolo tetapi belum ada waktu? datang saja dulu ke telaga Dringo, telaga ini dikenal sebagai KW nya Danau Ranukumbolo. akses menuju telaga Dringo ini cukup sulit dan menantang sedangkan jalan menuju pinggiran telaga ini juga belum ada jalan yang tersedia.

11. Air terjun Mrawu dan Genting

Setelah berkeliling dataran tinggi dieng jangan lupa berkunjung juga ke air terjun Mrawu dan Genting di desa Giri Tirta, jaraknya tidak begitu jauh dari Dieng ini. tidak akan rugi rasanya kalau anda berkunjung ke lokasi wisata ini, karena mengunjungi lokasi ini anda pata menikmati 3 objek wisata air terjun secara langsung, yang jaraknya tidak begitu jauh. dan ada juga air terjun sumber air panas di lokasi wisata ini. menghilangkan kepenatan dan tubuh yang lelah di kolam air panas sembari menikmati alam pedesaan di desa Giri Tirta.

Wisata Dieng 2D1N
Air terjun Genting
Berwisata di dataran tinggi Dieng dan sekitarnya dalam 2 hari 1 malam memang banyak hal-hal menarik yang bisa di bawa pulang, banyak pembelajaran, ilmu dan destinasi wisata alam yang harus kita pelihara bersama. dan akhir dari perjalanan kami saat berwisata di dataran tinggi Dieng berakhir di air terjun Mrawu dan Genting di desa Giri Tirta kabupaten Banjarnegara.



0 komentar :

Posting Komentar