Air Terjun Mrawu

Air Terjun Mrawu, satu dari tiga air terjun di Giri Tirta

Desa Giri Tirta dahulu merupakan salah satu desa yang terpencil, untuk akses menuju desa ini para pengunjung maupun penghuni di desa Giri Tirta ini harus berjalan kaki. tetapi itu kondisi yang dulu, sekarang desa Giri Tirta memiliki jalan beraspal yang cukup baik meski di beberapa bagian banyak jalan sudang terkelupas. dan siapa yang tidak menyangka bahwa di desa Giritirta ini memiliki suatu potensi wisata alam yang dapat diandalkan dan menjadi sumber ekonomi bagi desa ini.
Tidak jauh dari dataran tinggi Dieng yang merupakan suatu objek wisata yang terkenal, di desa Giri tirta ini memiliki sebuah objek wisata air terjun (curug) yang dalam satu perjalanan (lokasi) akan menemukan tiga air terjun, dimana salah satu air terjun tersebut merupakan air terjun sumber air panas.


Air Terjun Mrawu
Air Terjun Mrawu
Air terjun Mrawu adalah air terjun terakhir yang akan di tempuh, setelah dari parkiran kita akan menemukan air terjun Genting, dan air panas Giri Tirta. untuk menuju lokasi ini kita akan berjalan menyusuri ladang kentang warga dan melewati jalan setapak yang merupakan akses para petani untuk menuju kebun mereka, dan sepanjang perjalanan ini kita akan ditemani oleh pemandangan alam desa Giri Tirta yang alami dan memanjakan mata. 

Air Terjun Mrawu
Air Terjun Mrawu
perjalanan di mulai dengan menyusuri saluran irigasi warga, dan sampai menemukan air terjun genting. kira-kira jalan yang anda harus tempuh menuju curug Mrawu dari curug Gentin ini sekitar 1 kilometer, dan jalan yang harus ditempuh merupakan jalan setapak dan melewati ladang kentang warga. medan yang dilalui tidak begitu berat, jalan yang ditempuh relatif mendatar, dan yang menjadi rintangan hanya jalan setapak yang agak sempit saja.

Air Terjun Mrawu
Air Terjun Mrawu

Sumber Air Panas Giritirta,Lokasi air terjun selanjutnya yang anda temukan. letaknya berada diantara dua curug tersebut, sektar 1 km dari Curug Genting dan 100 m dari Curug Mrawu Sumber air panas ini bersuhu sekitar 60 derajat Celcius dengan airnya berwarna kuning kecoklatan yang banyak mengandung belerang. Warga setempat mempercayai sumber air ini mampu mengobati sakit kulit dan rematik.

Air Terjun Mrawu
Sumber Air panas Giri tirta
Curug Mrawu memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Curug ini nantinya aliran airnya akan menyatu dan menjadi sumber utama sungai Mrawu salah satu anak Sungai Serayu. air yang mengalir dari Curug Mrawu ini awal mulanya turun dari satu aliran tunggal. Lalu, sembari menimpa bebatuan di bawahnya, air menyebar makin melebar hingga ke bawah.

Air Terjun Mrawu
Air Terjun Mrawu
Di sebelah kanan kiri Curug, terdapat sumber air panas. pancuran dan Kehadiran air panas membuat kolam yang menjadi tempat timpa Curug bercampur warna merah jingga dan bersatu dengan kesegaran air curug Mrawu.

Air Terjun Mrawu
Berendam di kolam air panas
Apabila mengikuti aliran air, tepat di bawah lokasi curug Mrawu, ada sebuah air terjun kecil yang tinggi nya sekitar kurang dari 10 meter, dan air terjun mini ini memiliki suatu ke khasan tersendiri, air yang mengalir merupakan kandungan air panas, dan uap masih menyembul dari titik pancuran air tersebut dan kandungan blerang yang pekat menghiasi bebatuan di sekitar air terjun ini.

Air Terjun Mrawu
air terjun air panas
Kalau Lokasi ini di kelola dengan baik, maka Curug di desa Giri Tirta ini merupakan suatu potensi wisata alam yang sangat menuntungkan. dan bagi pengunjung dengan berwisata ke daerah ini meninggalkan suatu kenangan yang baik, karena berkunjung ke lokasi ini memberikan kepuasan tersendiri. dengan mengunjungi dua atau tiga air terjun dalam satu lokasi, berendam di air panas di temani dengan pemandangan alam pedesaan yang asri.

Air Terjun Mrawu
Air Terjun Mrawu

Akomodasi

Belum ada sarana yang mendukung di lokasi wisata ini.

Kordinat Lokasi


Bagi anda yang hendak berkunjung ke lokasi ini, pertama anda dapat memakai kordinat menuju lokasi parkiran Air terjun Mrawu 7°13'53.5"S 109°47'24.7"E dan apabila sudah sampai di lokasi parkir,untuk kordinat lokasi air terjun Mrawu sendiri di 7°13'27.5"S 109°47'49.2"E

lihat foto lebih banyak disini.


2 komentar :

trinugrohoslawi mengatakan...

Dari Slawi ditempuh lewat jalur mana,kemudian rutenya bagaimana ?

Admin Magang mengatakan...

Air Terjun Menarik di Indonesia

Posting Komentar