Goa Kreo

Goa Kreo, Salah satu wisata alam di Semarang

Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah yang merupakan kota yang sibuk dan aktivitas pembangunan dimana-mana menyebabkan semakin berkurangnya ruang terbuka hijau untuk di gunakan oleh masyarakat di kota Semarang sebagai arena Rekreasi maupun sarana kantung penyimpanan cangan air. tetapi di daerah Jatingaleh terdapat salah satu hutan wisata yang di dalam nya terdapat sebuah waduk yang difungsikan sebagai tempat penampungan air. waduk itu dinamakan waduk Jati barang. tepat di tengah waduk terdapat sebuah Gua yang konon dahulu pernah di pakai sebagai petilasan dari Sunan Kalijaga yang sedang mencari kayu jati sampai di daerah Jatingaleh.

Goa Kreo
Goa Kreo


Gua Kreo merupakan Gua yang terbentuk oleh alam Kawasan Wisata Goa Kreo merupakan areal hutan seluas ± 5 hektar yang terletak di daerah perbukitan (Gunung Krincing ) dan lembah Sungai Kreo, tepatnya di Dukuh Talun Kacang Kelurahan Kandri Kecamatan Mijen. Jarak lokasi sekitar ± 13 km dari bundaran Tugu Muda ke arah selatan. 



Goa Kreo
Goa Kreo


Goa Kreo dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. kayu jati yang akan digunakan sebagai salah satu saka guru Masjid Agung Demak, adalah potongan kayu dari pohon jati yang berada di lereng Bukit Gombel. Ketika itu kayu jati sunan kalijaga itu tersangkut di daerah Gua Kreo dan bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian membantu melepaskan kayu jati yang tersangkut. saat sunan Kalijaga hendak melanjutkan perjalanannya kera-kera tersebut hendak ikut dengan Sunan tersebut. tetapi kera-kera itu disuruh menjaga tempat petilasan Sunan Kalijaga.


Goa Kreo
Kera di Goa Kreo
Kata “Kreo” berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu.

Goa Kreo
Goa Kreo

Obyek wisata Goa Kreo setiap hari mulai jam 6.00-18.00. terletak di tengah Waduk Jatibarang dan setiap mata memandang kita akan melihat hamparan air dan perbukitan yang mengelilingi waduk dan Gua Kreo tersebut. Untuk mencapai mulut Goa, pengunjung harus melewati anak tangga yang cukup banyak dan terkadang kita akan bertemu dengan monyet-monyet yang sedang berlalu-lalang. Kera yang ada di Goa Kreo ini adalah Keraekor panjang (Macaca fascicularis), Kera yang ada di sini termasuk kera yang cukup jinak, dan bisa bergaul dengan warga di sekitar Goa Kreo.

Akomodasi

Gua Kreo memiliki akomodasi yang lengkap, jadi anda yang sedang piknik bersama keluarga tidak perlu khawatir apabila anda hendak makan atau minum saat berkunjung ke lokasi ini, karena telah tersedia kios-kios yang menjajakan makanan dan minuman. ada juga penjual menyediakan kacang untuk para pengunjung yang hendak memberi makan kera-kera yang tinggal di sekitar Gua Kreo ini. Goa Kreo juga dilengkapi sarana-sarana lain seperti : tempat bermain anak seperti ayunan, papan luncur dll.


Goa Kreo
Bendungan Jatibarang


Akses lokasi

Kawasan Wisata Goa Kreo Semarang ini berada di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. cukup alihkan kendaraan anda menuju Waduk Jatibarang. karena jalan menuju waduk ini juga mengantarkan anda menuju Gua Kreo.

Goa Kreo
Pemandangan sekitar Goa Kreo

Kordinat Lokasi

Lokasi Gua Kreo berada di kordinat 7°02'14.0"S 110°20'51.4"E sedangkan lokasi parkir berada di  7°02'19.3"S 110°21'02.6"E


1 komentar :

Furniture Jepara mengatakan...

Wisata Goa Kreo Seru banget bersama pacare., hehe.

Posting Komentar