Gua Maria Ratu Besokor

Menikmati Kesunyian di Gua Maria Ratu Besokor Kendal


Kendal, sebuah Kabupaten Yang termasuk dalam bagian Provinsi Jawa Tengah, merupakan bagian dari jalur Pantura ( Pantai Utara) jawa yang memiliki tingkat kesibukan dan volume jalan yang padat. meskipun Kendal yang merupakan salah satu jalan yang padat, ada sebuah Gua Maria yang terletak di sebuah desa yang Bernama Besokor di daerah Weleri. Dusun Besokor, merupakan salah satu Lingkungan Paroki St. Martinus Weleri yang berjarak 3 Km ke arah Selatan yang merupakan kawasan berbukit. Dusun besokor ketika itu adalah Dusun yang sangat miskin, sebagian penduduknya adalah buruh tani atau buruh perkebunan.
Kehadiran Gua Maria Ratu, Besokor –Weleri-Kendal-Jawa tengah menambah wahana tempat Ziarah di jalur pantura, Jawa tengah.Gua Maria yang jaraknya kurang lebih 3 Km perjalanan dari Weleri, telah mengundang banyak Peziarah dari luar daerah Weleri maupun Kendal.

Gua Maria Ratu Besokor
Bunda Maria Ratu
Sejarah 

Gua Maria Ratu Besokor ini awal mulanya "diketemukan" pada tahun 1987 oleh Rm. T. Widyana Sj. (Rm T. Widyana Sj, bertugas di paroki Weleri pada th. 1984 s.d 1990), Rm T. Widyana Sj dikaruniai Penampakan Bunda Maria melalui mimpi. dan didalam mimpi romo tersebut Bunda Maria hadir dan menunjukkan adanya Gua (lubang) di wilayah perbukitan dusun Besokor yang sangat baik untuk mengeluh dan mengaduh, kemudian esoknya Berangkatlah “rombongan kecil” mencari dimana gua yang di mimpikan romo Widyana itu berada. Dan pada sebuah lubang, Romo Widyana sambil menunjuk yakin, yang berada di tanah KeUskupanlah yang mirip ada didalam mimpi Romo. tetapi yang diketemukan oleh rombongan tersebut bukan merupakan Gua, melainkan berupa lubang yang tertutup oleh rerumputan, alang-alang dan tanaman liar. Lubang tersebut nyaris tak kelihatan. dimana lubang tersebut dahulunya digunakan untuk persembunyian oleh tentara Jepang.

Gua Maria Ratu Besokor
Pelataran Doa
Setelah Rm. Widyana menemukan lubang tersebut, umat bergotong royong membersihkan tempat tersebut dari semak alang-alang. Setelah bersih, ternyata lubang tersebut sangat dalam (sekarang lubang itu berada dipaling atas dari seluruh kawasan Gua), lubang atas dibesarkan, dan tepian kekedalaman dibuat trap. Pembuatan trap dimaksudkan untuk duduk para peziarah atau para umat yang berkunjung untuk berdoa.Kemudian rencana penempatan patung maria di sebelah barat bagian dari lubang tersebut, sehingga lubang kekedalaman bentuknya menjadi setengah bulat. Pada awal bulan Mei 1988, Patung Maria kecil ditahtakan pertama kali serta “gua” kecil. sampai pada Tahun 1995 mulai ada sentuhan pembangunan untuk memperbesar dan memperindah kawasan Gua Maria ratu Besokor ini  sampai sebelum Tahun 2001.


Gua Maria Ratu Besokor
Gua Maria Ratu
Gua Maria Ratu Besokor ini diresmikan dan diberkati pada tanggal 29 Juni 2003 oleh Bp. Uskup Agung Semarang, Mgr Ign. Suharyo, Pr. Dan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II kabupaten Kendal , Bp. Hendy Boedoro, SH. MSI.di dalam persemian  tersebut diawali dengan Misa yang dipimpin oleh Bapak Uskup Agung Semarang Saat itu dan, Rm. YB. Suyitna Sj (Romo Paroki St. Martinus Weleri), dan Rm Heru Susanto, MSF. peresmian ini dihadiri oleh kurang lebih 3000an umat yang datang dari berbagai wilayah diantaranya, Yogyakarta, Bandung,Pekalongan, Semarang dan wilayah terdekat lainnya.


Gua Maria Ratu Besokor
Gazebo tempat istirahat sejenak

Akomodasi

Gua Maria Ratu Besokor ini tampak sepi pada malam hari, meskipun sepi di malam hari tetapi tidak mengurangi kekhusyukan dalam berdoa dan berdevosi, patung Bunda Maria yang tertatakan di Puncak dari bukit yang di sinari sorot cahaya lampu tampak memberi tampilan tersendiri dan Bunda Maria tampak menjadi cerah ceria menyambut para peziarah yang berdoa di lokasi ini.

Gua Maria Ratu Besokor
Pendopo
Bagi anda yang tidak membawa lilin untuk di nyalakan di pelataran doa tidak perlu khawatir karena tersedia toko rohani yang buka 24 jam yang berada di lokasi parkir kendaraan. bagi peziarah yang hendak beristirahat, di lokasi Gua maria Ratu Besokor ini juga tersedia Pendopo atau Gazebo yang bisa di pergunakan untuk beristirahat.Bagi peziarah yang ingin menuliskan ujud doanya disediakan kertas didepan sekretariat. Juga terdapat buku tamu yang dapat diisi untuk menyampaikan kesan serta ujud doa


Gua Maria Ratu Besokor
Keheningan Malam di GMRTB

Dilokasi Gua Maria Ratu Besokor ini tersedia Air suci yang terletak di antara pelataran doa dan Panti Imam, Lorong jalan setapak menuju makam Yesus. air ini diambil dari sebuah mata air (Tuk) yang bernama Tuk Sirondo. Dipilihnya Tuk Sirondo menjadi sumber air suci yang dialirkan ke Gua Maria ini memiliki alasan diantaranya adalah air jernih dan debitnya relatif tetap sepanjang tahun. anda bisa menggunakan keran-keran yg sudah dialirkan di lokasi air suci ini, bahkan anda bisa membawa pulang air ini.

Gua Maria Ratu Besokor
Lokasi Air Suci
Rute Jalan Salib tersedia di lokasi Gua Maria ratu Besokor ini, Jalan setapak paving block menuntun para peziarah merenungkan kisah sengsara Yesus Kristus dari satu stasi ke stasi selanjutnya berjalan mengelilingi Lokasi, melewati medan yang menanjak maupun menuruni perbukitan.

Gua Maria Ratu Besokor
Stasi Jalan Salib
Akses Lokasi

Bagi peziarah yang datang dari Jakarta, Bandung, Cirebon dan daerah-daerah sebelum Kendal bisa langsung serong kanan ketika tiba di jalur Weleri. Ikuti Papan Penunjuk arah di jalan menuju Weleri. 
Sedangkan yang dari Semarang melewati jalur Jl.Raya Demak-Semarang, keluar menuju ke Weleri, melewati Jl. Tamtama dan hanya sekitar 1 km dari Pom Bensin Pertamina. Setelah melewati dua tikungan tajam dan menanjak, tepat di kiri jalan akan terlihat sebuah gapura bertuliskan "Gua Bunda Maria Ratu" yang pagarnya tertutup. Lalu terdapat tulisan serupa di dinding batu sebelum akhirnya tiba di pintu masuk yang juga terdapat sebuah plang besar bertuliskan "Tempat Doa Gua Bunda Maria Ratu".

Gua Maria Ratu Besokor
Prasasti Peresmian

Kordinat Lokasi

Gua Maria Ratu Besokor ini dapat anda akses melalui kordinat S7° 0’ 9.9” E110° 3’ 55.8” 

Lihat Foto lebih banyak disini





1 komentar :

Anonim mengatakan...

asik ini.m masih lanjut apa tidak bloggernya

Posting Komentar