Pantai Grajagan

Menikmati keindahan Pantai Grajagan, Pantai di timur pulau jawa


Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur,Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat. Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, Di pesisir Kabupaten Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan perhubungan utama antara pulau Jawa dengan pulau Bali. Banyuwangi terkenal dengan Sunrise of Java ini memiliki banyak destinasi wisata,seperti wisata Alam, wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah maupun wisata pantainya yang eksotis.

Pantai Grajagan
Pantai

Banyuwangi memiliki beberapa pantai dengan pemandangan menawan, salah satunya adalah Pantai Grajagan. Pantai yang berada di kabupaten yang berada di kawasan paling timur Pulau Jawa ini lokasinya bersebelahan dengan beberapa pantai lain yang terkenal akan keindahannya seperti Pantai Plengkung dan Pantai Pulau Merah. Pantai Grajagan ini terletak sekitar 52 km ke arah selatan dari Kota Banyuwangi. Posisi pantainya strategis menjadi pintu gerbang menuju ke Pantai Plengkung. Grajagan berada dikawasan seluas 314 hektar, tepatnya di 111BKPH curah jati atau secara admnistratif berada di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.


Pantai Grajagan
Batu di pantai

Karakteristik unik lain dari Pantai Grajagan adalah garis pantainya yang panjang. Sebagian sisi barat pantai ini dipenuhi oleh bebatuan karang. Sementara, sebagian lainnya dipenuhi pasir pantai yang memiliki warna putih kecokelatan. Pantai Grajagan juga mempunyai ombak besar. Besarnya ombak di pantai ini menjadikan pantai ini sangat cocok bagi mereka yang mencintai olahraga penuh tantangan seperti selancar. konon ombak dipantai ini memiliki gelombang konsisten rideable di dunia yang hanya direkomendasikan untuk peselancar professional. Untuk surfing di Pantai Grajagan, panjang ombak mencapai 1 kilometer.

Pantai Grajagan
Laut
Deburan ombak pantai selatan yang menyapa bebatuan dengan diselimuti pasir hitam disepanjang pantai, dapat pengunjung nikmati. Pantai ini juga memiliki gua dan bukit yang sangat indah. Ketika Anda berada di sana maka akan melihat hamparan pantai dan bukit yang menjulang tinggi di tepi pantai. Selain itu di pantai ini terdapat 3 gua peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia kedua. Anda juga dapat menyaksikan langsung aktifitas nelayan di pagi hari saat berangkat mencari ikan dan menurunkan ikan hasil tangkapannya.

Pantai Grajagan
Dari teluk grajagan
Selain berselancar, aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan di Pantai Grajagan adalah memancing dan menjelajahi keindahan pantai ini dengan menggunakan perahu sewaan. tersedia banyak Perahu sewaan berbentuk perahu tradisional bercadik dengan warna-warna yang beraneka rupa ini merupakan perahu yang digunakan nelayan untuk melaut ketika sore menjelang malam. Perahu inilah yang dapat digunakan pengunjung untuk berkeliling menjelajahi setiap jengkal Pantai Grajagan dan Pantai Grajagan ini digunakan sebagai tempat transit untuk menuju G-land atau Pantai Plengkung.

Fasilitas Pendukung

Objek wisata Pantai Grajagan dikelola oleh Kesatuan Bisnis Mandiri – Wisata, Benih dan Usaha (KBM-WBU) Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, Lelah mengelilingi pantai dan ingin menikmati waktu lebih lama di pantai ini, tidak jauh dari Pantai Grajagan terdapat penginapan untuk Anda beristirahat. Dengan harga yang relatif terjangkau, pengunjung yang ingin bermalam dan berlama-lama menikmati pemandangan pantai bisa bermalam di penginapan tersebut. dilokasi wisata pantai grajagan ini terdapat sekitar 10 kamar dan 2 rumah berbentuk bungalow yang menghadap kearah laut.

Pantai Grajagan
Teluk Grajagan

Selain itu, bagi pengunjung yang menyukai dan biasa membeli aksesoris, di pantai ini juga terdapat banyak penjual aksesoris bernuansa pantai yang bisa dibeli dengan harga yang relatif terjangkau. saat kami berkunjung ke Pantai Grajagan ini, memang fasilitas memadai tetapi akses jalan yang rusak, harga tiket masuk dan tarif parkir yang dipungut dua kali membuat kami berfikir dua kali kalau hendak berkunjung lagi ke Pantai Grajagan.

Akses Menuju Pantai Grajagan

Untuk menuju lokasi objek wisata pantai grajagan sangat mudah, jalannya pun sudah beraspal walaupun belum terlalu bagus dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua atau kendaraan umum hingga ke lokasi. Jika naik kendaraan umum dari arah Kota Banyuwangi bisa naik bus jurusan Jember atau sebaliknya, dan turun di Benculuk, dari Benculuk perjalanan dilanjutkan naik angkutan pedesaan dengan jarak kira-kira sekitar 20 Km menuju Pantai Grajagan, Sebenarnya Banyak Jalan menuju Pantai Grajagan tapi yang paling Mudah dengan Rute di atas.

Kordinat Lokasi

8°36'29.7"S 114°13'37.2"E



1 komentar :

Toni Handika mengatakan...

sayang jauh gan,
ane dilampung :v
salam kenal yak,
ane blogger perncari kawan hihihi

Posting Komentar