Gua Maria Rosa Mystica

Sancta Rosa Mystica Mater Divinae Gratiae


Tempat Ziarah Sancta Rosa Mystica yang lebih lengkapnya adalah Tempat Ziarah Sancta Rosa Mystica Mater Divinae Gratiae atau juga biasa disebut Gua Maria Rosa Mystica merupakan tempat ziarah umat Katolik di Indonesia. Tempat ziarah ini mulai dibangun pada tahun 1999. Gua Maria ini terletak di Ds. Banyuurip, Ds Jelok, Kec. Tuntang, Kab. Semarang. desa Banyu urip yang diartikan dalam bahasa Indonesia berarti air kehidupan dan untuk mengakses lokasi ini cukup sulit karena lokasi Gua Maria ini ada di daerah terpencil dan jauh dari pusat kota. Tempat ziarah religius di Banyuurip ini tidak hanya dikunjungi umat Katolik, juga mereka yang menginginkan pemantapan iman dengan harapan mendapat berkah percaya diri untuk mengapai cita-cita. Salah satu tempat khasnya berupa Sendang Banyuurip, atau lebih dikenal dengan nama Sendang Mawar Gaib. Air di sendang itu konon bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sejarah 

Awal mula tempat ziarah  Gua Maria Rosa Mystica ini bermula dari penampakan Bunda Maria dalam busana putih kekuning-kuningan dengan tiga kuntum mawar berwarna putih merah, dan kuning emas di atas jubahnya. Di gua inilah diletakkan patung Bunda Maria berjubah putih dengan tiga kuntum mawar menghiasi jubah atasnya. Patung tersebut sumbangan dari seorang umat dari Semarang. Patung serupa juga diletakkan di Sendang Sumber Air Kesembuhan. Dia menuturkan, air di sendang tersebut dianggap sebagai air kesembuhan karena ada legendanya. Menurut legenda, di sana ada pasangan kakek-nenek yang berhasil mengobati seorang pangeran dari Surakarta dengan menggunakan air tersebut.

Gua Maria Rosa Mystica
Sendang Banyu Urip
Pada jaman dahulu kala, ada seorang pangeran dari Surakarta yang melakukan perjalanan dengan niat menghadap Raja Pandanaran di Semarang, dia dikawal oleh para hambanya dengan mengendarai kuda. Tiba-tiba kuda sang Pangeran terperosok ke dalam jurang yang dalam, akibatnya sang Pangeran meninggal dunia. Para hamba berduka, tiba-tiba mereka didatangi oleh sepasang kakek-nenek, Kyai dan Nyai Mangunsari, menyuruh para hamba membasuh wajah Pangeran dengan air dari sendang dekat jurang, karena sang Pangeran belum tiba saatnya meninggal dunia.

Gua Maria Rosa Mystica
Rosa Mystica Mater Divinae Gratiae
Seorang hamba langsung membasuh wajah sang Pangeran dengan air sendang dan seketika itu sang Pangeran hidup kembali. Dengan ucapan terima kasih yang tak terhingga, sang Pangeran dan para hamba bersitirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Namun mereka heran karena kakek-nenek itu hilang seketika dari pandangan.

Gua Maria Rosa Mystica
Rosa Mystica Mater Divinae Gratiae
Atas pengalaman itu, Sang Pangeran menjuluki sendang tersebut dengan nama Sendang Banyuurip, dan desa itu sampai sekarang dikenal sebagai Desa Banyuurip. Hingga kini, secara turun-temurun, jika ada orang sakit dan percaya, maka diambilkan air dari Sendang Banyuurip sebagai sarana penyembuhannya.

Gua Maria Rosa Mystica
Rute Jalan Salib
Sumber banyu urip ini terletak di daerah pemukiman warga yang menjadi tempat parkir kendaraan, yang dapat di akses melalui jalur Jalan salib. Sebuah sumur yang di bagian atasnya ditutup dengan penutup Aluminium, Sumber air ini memiliki air yang melimpah meskipun dimusim kemarau. untuk mengambil air dari sumur ini juga tidak terlalu sulit karena kedalaman airnya tidak terlalu dalam dan kondisi airnya sangat jernih. sebuah patung Bunda Maria kecil bergaun kuning gading dengan tiga macam bunga mawar tersemat di dada-Nya di letakkan disudut dinding. 

Gua Maria Rosa Mystica
Bunda Maria

Akomodasi

Apabila anda dari arah Semarang ambil jalan menuju jurusan jurusan Solo. Belok kiri setelah jembatan Tuntang (Pos Polisi Tuntang). Ikuti jalan utama sejauh + 8km (10-15 menit), kemudian belok kiri sebelum pertigaan Karanglo. Ikuti jalan utama + 4km (6-10 menit). Apabila Dari arah Solo ambil jalan menuju jurusan Semarang. Sampai Kota Salatiga, tuju Jalan Patimura - ke arah Pabelan / Karanglo / Bringin. Ikuti jalan utama + 8km (10-15 menit). Belok kiri di pertigaan Karanglo, dan belok kanan segera setelahnya. Ikuti jalan utama + 4km (6-10 menit).

Gua Maria Rosa Mystica
Gua Maria Rosa Mystica
Untuk menuju pelataran Doa ini para peziarah harus meniti beberapa anak tangga yang menuju kompleks pelataran Gua. di ujung anak tangga ini para peziarah akan di sambut oleh patung "Yesus Sang Gembala". patung ini digambarkan sosok Yesus yang berjubah merah sedang menggendong seekor anak domba. dan dua ekor domba dewasa dibawahnya dan memandang Yesus. dan di sebelah kiri ada sebuah pos keamanan yang bertanggungjawab menjaga keamanan dan kenyamanan Gua Maria ini. 

Gua Maria Rosa Mystica
Yesus Sang Gembala yang baik
Didepan dari patung "Yesus Gembala yang baik" ada sebuah tanah lapang yang terbuka seluruhnya tertutupi oleh paving block dan ditumbuhi beberapa pohon rindang. di lapangan terbuka ini merupakan titik utama pertemuan dari jalan salib panjang stasi pemberhentian ke-12 dan pelataran doa. di stasi pemberhentian ke-12 tersebut ada patung Yesus tersalib dan memiliki seukuran manusia.

Gua Maria Rosa Mystica
Stasi jalan salib ke-12
Pelataran Doa Gua Maria ini dibuat dengan sederhana dan memiliki atap menutupi seluruh pelatarannya, sebuah altar kecil di depan pelataran doa yang berukuran kecil dan sebuah patung Bunda Maria dengan berjubah putih dengan tiga kuntum mawar di dadaNya. Suara alam dan angin yang lembut menerpa kulit menemani para peziarah dalam berdoa dan berdevosi di pelataran ini dan mengharapkan kebaikan dari Sang Bunda Maria.

Gua Maria Rosa Mystica
Pelataran Doa

Fasilitas

  1.  Bagi anda yang hendak berdoa dan berdevosi di pelataran doa akan menjadi nyaman karena seluruh pelataran doa telah memiliki atap penutup yang membantu kenyamanan para peziarah.
  2. bagi yang hendak menyalakan lilin telah tersedia Lilin di pelatran doa maupun melalui Kios-kios yang dijual para masyarakat sekitar
  3. untuk kegiatan MCK tersedia kamar mandi yang cukup memadai

Alatar dan patung Bunda Maria
Jadwal

Misa Kudus yang bertempat di pelataran doa Gua Maria Rosa Mystica (di bukit) diadakan setiap:
1. Minggu pertama setiap bulan, pukul 10.00 WIB
2. Pada tiap – tiap hari minggu selama bulan Maria (Mei dan Oktober), pukul 10.00 WIB
3. Pada hari – hari tertentu; misa kudus atas permintaan peziarah, Paskah dan Natal, dll.

Kordinat Lokasi
S7°14'55.9" E110°28'53.6"



14 komentar :

joey mengatakan...

SEMOGA MENJADIKAN B E R K A T BAGI KITA SEMUA, BUNDA MARIA DOAKANLAH KAMI SELALU!

Saptono mofers mengatakan...

Amin... My blessed teacher pray for us.

Saptono mofers mengatakan...

My blessed teacher.... Bless us an teach us the way to Jesus.

Unknown mengatakan...

semoga menjadi berkat bagi kita semua.

George glory mengatakan...

Bless my family,protect us in your holy mantle.

Unknown mengatakan...

Mhn petunjuk apakah gua Maria Rosa mystica ada tempat utk penginapan nya

navalsamuel mengatakan...

untuk penginapan secara komersil tidak ada, tapi kalau menginap di warga sekitar bisa, seperti koster gua maria

Jms mengatakan...

Kabulkan Doa Saya Bunda Maria Rosa Mystica untuk kehidupan BerKeluarga.

Unknown mengatakan...

Minta no hp yg bisa dihubungi

Unknown mengatakan...

Bisa tolong petunjuk jalan dari arah Ambarawa. Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Trimakasih semua yang terlibat pembangunan Gua Maria Rosa Mistica, semoga bermanfaat bagi banyak orang🙏

Hana mengatakan...

Ya, benar saya juga mau, beserta rumah penginapannya🤭🙏🙏

Anonim mengatakan...

Yesus q luar biasa Bunda Maria Rosa mestyica luar biasa air banyuurip melalui Bunda Maria Mukjizat itu ada clien saya bisa berjalan kmbl sempurna dan 15 th bkm di karuniai anak skrg sdh punya momongan Amin Amin

Merry Tioris mengatakan...

Apakah bis bisa masuk ke lokasi?

Posting Komentar