Gua Maria Mawar Boyolali

Gua Maria yang berada perkebunan Mawar


Boyolali yang dikenal sebagai Kota susu sapi dan penghasil pepaya Boyolali ternyata juga punya lokasi peziarahan rohani untuk berdevosi kepada Bunda Maria. Gua Maria yang terletak di Dusun Tlangu, Desa Kembangsari, Kecamatan Musuk. Kurang lebih 6 km dari Gereja Katolik Boyolali menuju ke arah Barat Daya. Praktis tidak ada yang menyang­ka bahwa di daerah yang begitu masuk (pelosok) terdapat Gua Maria. Karena jauh dari keramaian itulah Gua Maria ini justru cocok untuk berdoa ataupun bermeditasi. Apalagi di sekitar Gua Maria yang terletak di pinggiran Sungai dan di antara perkebunan Mawar warga ini masih banyak pohon yang menjulang tinggi hingga menambah kesejukan lokasi.

Sejarah

Dusun Tlangu, Sambisari, kecamatan Musuk ini tidak akan mengenal ajaran Kristus kalau saja tidak terjadi agresi Belanda II tahun 1948.Seorang katekis pertama di Boyolali, yaitu Bapak Poerwoadmodjo mengungsi di Dukuh Tlangu, Kecamatan Musuk. Dalam pengungsian itu, Poerwoadmodjo mengajar agama Katolik kepada penduduk setempat yang kemudian menjadi cikal bakal Stasi Musuk

Gua Maria Mawar Boyolali
Bunda Maria Mawar
Ada cerita menarik yang menyertai kisah Gua Maria Mawar ini. Ada suatu tempat yang dianggap angker oleh penduduk setempat. Bapak Poerwoadmodjo berulang kali mengalami hal yang ganjil di tempat itu. Setelah selesai mandi, di atas tempat pemandian itu dilihatnya ada seorang putri seperti pengantin yang sendirian dan putri tersebut kelihatan seperti tidak berpijak ditanah. Pemilik area itu, Ibu Somotinoyo menuturkan suatu ketika sedang mencari rumput, ia menemukan timbangan dan bandul yang terbuat dari emas. Barang tersebut kemudian diletakkannya di bawah keranjang tempat rumput. Beberapa saat kemudian ia memeriksa keranjangnya dan menemukan bahwa keduanya telah lenyap.

Gua Maria Mawar Boyolali
Bunda Maria Mawar
Bapak Poerwoadmodjo berpendapat tempat tersebut pantas dibuat tempat ziarahBunda Maria guna mempertebal iman penduduk setempat. Romo Hadisudjono, Pastor Paroki saat itu, mendukung dan melakukan pemberkatan terhadap tanah yang telah dibeli tersebut. Pada tahun 1956 pembuatan gua dimulai. Tetapi tahun 1961 umat di Stasi Musuk mengalami kemunduran, beberapa keluarga umat katolik mengalami krisis iman karena masalah perkawinan. Hal itu menjadikan Gua tersebut terbengkalai hingga lokasi digunakan sebagai tanah pertanian oleh penduduk setempat.

Gua Maria Mawar Boyolali
Prasasti Gua Maria
Gua Maria Mawar diberkati dan diresmikan oleh Romo A. Endrokarjono SMF pada tanggal 25 Juni 1982. Dan saat pemberkatan, Gua itu Dinamakan Gua Mawar. Nama Mawar sebagai lambang keharuman Bunda Maria selain itu kondisi lingkungan sekitar lokasi Gua khususnya dan Desa Kembangsari umumnya, yang disamping menanam palawija juga penghasil Bunga Mawar yang bisa memberipenghidupan.

Gua Maria Mawar Boyolali
Perkarangan menuju Gua Maria
Fasilitas dan akomodasi

Untuk menuju Gua Maria ini, para peziarah harus berjalan sekitar 200 meter dari parkiran yang bisa di titipkan di halaman warga sekitar, karena jalan menuju Gua Maria ini hanyalah jalan setapak yang tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Gua Maria ini seperti Gua Maria Pereng yang kontur lahannya miring, sehingga lokasi gua Maria ini dibuat seperti bertingkat-tingkat untuk mengatasi keterbatasan lahanya. Bagian paling atas adalah Patung Bunda Maria bertahta dalam ukuran kecil dan memiliki pintu besi.

Gua Maria Mawar Boyolali
Pelataran Doa
sedangkan bagian selanjutnya adalah altar untuk melakukan misa, dan dibagian ini sudah di tutupi oleh atap, yang memudahkan para peziarah untuk berdoa maupun berdevosi. dan dibagian ini juga dahulunya lokasi patung Bunda Maria bertahta pertama kali sebelum dipindahkan.

Gua Maria Mawar Boyolali
Kamar Mandi
Sedangkan dibagian paling bawah tersedia Kamar mandi yang diperuntukkan buat para peziarah yang hendak MCK, di Gua Maria ini tidak tersedia Air suci yang seperti Gua Maria lainnya yang memiliki Air suci.

Gua Maria Mawar Boyolali
Patung Bunda Maria dan pintu besi
Akses Lokasi 

Dari arah Semarang :vLampu merah sebelah terminal Boyolali ambil kiri melewati ring road utara pertigaan batas kota Boyolali (kalau kekiri arah Solo, ambil yang arah kanan), maju 100 m bertemu dengan tugu sapi lantas ambil kiri melewati ring road selatan sampai sebelah selatan RSU Boyolali, ambil kiri jurusan Drajidan/Musuk (Polsek Musuk Maju, 50 m ada patung tani sebelah lapangan bola), ambil kiri. Pertigaan depan Koramil Musuk ambil kiri sampai pertigaan Sombo, ambil kanan kurang lebih 2 km. Dari pertigaan Sombo ke Barat (1 km) ada tanda Pos Info Goa Maria Mawar (kanan jalan, kediaman Bpk. Petrus Winardi). Sampai ke Dukuh Munggur kendaraan kecil/pribadi bisa parkir di rumah penduduk. Dari tempat parkir ke lokasi Gua Mawar Maria kurang lebih 300 m berjalan kaki. (jalan menurun)

Gua Maria Mawar Boyolali
Jalan menuju lokasi
Dari arah Solo :Setelah ketemu Tugu Sapi belok kiri melewati ring road selatan sampai sebelah selatan RSU Boyolali, ambil kiri jurusan Drajidan/Musuk menuju arah Polsek Musuk Maju, 50 m ada patung tani (sebelah lapangan bola), ambil belok kiri. Pertigaan depan Koramil Musuk belok kiri sampai pertigaan Sombo, ambil kanan kurang lebih 2 km. Dari pertigaan Sombo ke Barat (1 km) ada tandaPos Info Goa Maria Mawar (kanan jalan, kediaman Bpk. Petrus Winardi). Sampai ke Dukuh Munggur, kendaraan kecil/pribadi bisa parkir di rumah penduduk (sebelah kanan jalan). Dari tempat parkir ke lokasi Gua Mawar Maria kurang lebih 300 m berjalan kaki. (jalan menurun)

Gua Maria Mawar Boyolali
Site plan Gua Maria
Kordinat Lokasi 

Lokasi Gua Maria dapat di akses di : S7°32'31.776" E110°31'59.424"

0 komentar :

Posting Komentar