Padang Pasir Bromo

Pasir Berbisik Bromo, Salah satu detinasi wisata di Gunung Bromo


Awal mula dari sejarah penamaan pasir Berbisik Gunung Bromo, diceritakan dengan sebuah film yang dibuat oleh seorang sutradara kondang asal negara Indonesia yang bernama Garin Nugroho, beliau adalah sutradara pertama yang menciptakan asal muasal dari Pasir Berbisik, di tempat inilah beliau menjadikan sebuah lokasi shooting dari sebuah film yang judulnya pasir berbisik. Mengapa disebut dengan pasir berbisik, karena ditempat ini apabila angin sedang bertiup kencang, deru angin akan membawa butiran-butiran pasir bagaikan sedang membisikkan sesuatu. Suara bisikan tersebut akan terdengar jelas pada saat musim kemarau yang menjadikan padang pasir ini menjadi kering. Sejak pada saat itu lautan pasir yang terdapat di kawasan wisata Bromo ini terkenal dengan nama sebutan pasir berbisik.


Sebelum daerah di Kawasan Gunung Bromo ini disebut dengan Pasir berbisik, warga sekitar mengenalnya dengan sebutan Segara Wedi (lautan pasir). pasir Berbisik ini berada disebelah timur kawah Bromo, yakni di ketinggian 2000m dari permukaan laut. Pasir Berbisik Bromo sebenarnya merupakan sebuah kaldera raksasa, bagian dari kawasan pegunungan tengger yang diameternya sekitar 8-10 Km. Jadi ketika anda berada di lautan pasir Bromo, sebenarnya anda sedang berada di area pegunungan tengger yang beberapa gunungnya masih sangat aktif salah satunya Bromo serta gunung tertinggi yang berada di kawasan TNBTS yaitu Gunung Semeru.

Padang Pasir Bromo
Segara Wedi Bromo

Kawasan wisata Bromo ini memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, Selain dapat menikmati matahari terbit (Sunrise) yang terkenal dengan cahaya keemasan nya, di lokasi Gunung Bromo ini anda juga dapat mengunjungi bukit savanah atau sering disebut dengan bukit teletubies, mengunjungi puncak mentingan, kawah Bromo, dan yang lainnya. Ada salah satu tempat yang tentunya cukup menarik untuk Anda kunjungi yaitu kawasan lautan pasir di Bromo.

siap mengarungi lautan pasir
Ketika Anda mengunjungi kawasan lautan pasir, ada baiknya jika Anda menggunakan pakaian yang cukup tebal, karena udara di kawasan ini cukup dingin, terutama dini hari. tetapi di lokasi wisata ini  terdapat penyewaan jaket yang dikelola oleh penduduk sekitar. Selesai menikmati pemandangan matahari terbit, biasanya para wisatawan kemudian melanjutkan perjalanan selanjutnya dengan menikmati hamparan lautan pasir dan menghabiskan waktu disini untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Siang hari, kawasan ini akan menjadi sangat terik, oleh pantulan sinar matahari secara langsung.

Padang Pasir Bromo
Pasir yang bergelombang
Tidak hanya Pasir Berbisik gunung bromo tetapi juga padang savana bromo memiliki daya tarik luar biasa indahnya. Deretan bukit yang indah, suasana yang sejuk sehingga akan membuat kita betah berlama – lama di padang savana bromo ini.

Akomodasi

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan para wisatawan di tempat ini, seperti melakukan foto frewedding maupun foto-foto biasa dengan latar belakang hamparan pasir. Kegiatan lainnya yang tidak kalah seru adalah Anda dapat menyewa seekor kuda untuk digunakan mengelilingi kawasan ini. Di kawasan pasir berbisik ini memang ada beberapa warga lokal yang sengaja menyewakan kudanya untuk keliling kawasan ini.
Apabila Anda merasa haus atau sedikit lapar, tidak perlu khawatir, karena di beberapa titik di kawasan ini ada pedagang yang menjajakan makanan dan minuman di warung-warung.

Akses Lokasi

Untuk Menuju pasir berbisik ini sangat gampang sekali,  ada dua jalur alternatif yang dapat anda pilih yaitu dari Malang maupun dari Probolinggo. kalau dari Malang anda akan menemukan detinasi padang rumput Savana dahulu, kemudian destinasi padang pasir berbisik. sedangkan kalau dari Probolinggo, padang pasir berbisik ini akan menjadi destinasi yang berkutnya, sebelumnya anda akan mengunjungi view point untuk melihat matahari terbit maupun Taman Nasional Bromo Tengger Semeru secara keseluruhan dari ketinggian.

Padang Pasir Bromo
TNBTS
Jika anda dari pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang dari Kota Malang arahkan kendaraan anda menuju Tumpang kemudian ke Gubug Klakah, kemudian Ngadas dan akhirnya sampai Jemplang. Dari Jemplang sudah nampak di kejauhan keindahan Bukit Teletubbies yang hijau, Jalan menuju Bukit Teletubbies sudah memadai, jalanan sudah beraspal dan mulus, setelah melewati hamparan padang savana, anda akan menemukan padang pasir hitam yang luas, inilah yang disebut padang pasir berbisik.

Padang Pasir Bromo
Pura di padang pasir bromo
Jika anda dari Probolinggo, arahkan menuju desa Tosari, dari tosari menuju wonokitri, dari wonokitri arahkan menuju View point penanjakan, kita akan menyusuri jalan turunan yang terjal sampai ke Kawah Gunung Bromo, setelah itu arahkan kendaraan anda ke sisi timur Gunung Bromo menuju ke padang pasir berbisik. harap berhati-hati dalam menyusuri padang pasir ini, soalnya ada beberapa lubang besar yang tidak terduga dan dapat menggangu jalur perjalanan.

Padang Pasir Bromo
Gunung Bromo
Jika Anda ingin mengunjungi kawasan ini, Anda dapat menyewa aneka mobil jeep yang sengaja disewakan untuk acara berkeliling kawasan ini, atau Anda dapat mengelilingi kawasan ini dengan cara menunggang kuda. Untuk harga biasanya memang sudah dibandrol. Akan tetapi jika Anda mengunjungi kawasan ini dengan mengikuti paket wisata, biasanya paket wisata tersebut akan menyertakan salah satu alat traksportasi untuk berkeliling kawasan pasir berbisik Bromo ini.

Kordinat Lokasi

7°56'17.2"S 112°58'13.9"E

0 komentar :

Posting Komentar