Savana di Gunung Bromo

Menikmati Savana di Gunung Bromo

Savana atau Sabana adalah padang rumput yang dipenuhi oleh semak / perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar. Sistem biotik ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis. Kurangnya curah hujan menjadi pendorong munculnya sabana. Sehingga savana dikenal juga padang rumput tropis. Iklimnya tidak terlalu kering untuk menjadi gurun pasir, tetapi tidak cukup basah untuk menjadi hutan. Di Indonesia padang rumput savana banyak ditemukan seperti : Savana Baluran, Savana Semeru, savana dieng dan lainnya. Di Sekitar Gunung Bromo juga memiliki padang rumput Savana. Padang rumput Savana Gunung Bromo hamparan padang rumput yang luas ada yang berada di sisi selatan kawah Gunung Bromo.

Jika lebih diperhatikan lebih jelas lagi, Padang rumput savana ini sepintas seperti bukit teletubbies yang berada di tebing sebelah utara padang rumput savana.  Dahulu Gunung Bromo hanya dikenal dengan hanya dua destinasi favorit yaitu Sunrise dan kawahnya. lama kelamaan mulai bertamabah destinasi seperti padang pasir Bromo, yang terkenal karena lokasi pembuatan film "pasir berbisik"Tapi semenjak di buka pintu masuk melalui Kota Malang melewati jalur Jemplang, maka destinasi favorit Bromo menjadi 4 obyek wisata yaitu Sunrise Bromo, Kawah Bromo, Lautan Pasir Bromo dan padang savana, Sebuah pemandangan yang begitu sempurna yang dihadirkan oleh Gunung Bromo ini.


Savana di Gunung Bromo
Padang Savana
Sekali berkunjung dari dini hari sampai tengah hari, para wisatawan dipuaskan oleh keindahan alam ciptaan Tuhan yang lengkap ini. biasanya wisatawan yang berkunjung akan mengakhiri perjalanan tour Gunung Bromo nya pada padang Savana ini. Inilah sebabnya lokasi wisata padang rumput savana dan bukit teletubbies menjadi lokasi wisata bromo yang wajib anda kunjungi ketika berlibur di kawasan bromo.

Savana di Gunung Bromo
Savana Bromo


Hamparan padang rumput yang hijau dan bukit yang berjajar jajar indah sekali di tumbuhi rerumputan yang menyelimuti perbukitan. Penampakan Bukit Teletubbies di sertai padang savana dibawahnya membuat lokasi ini sering jadi tujuan penting bagi para hunter foto di sini, bahkan beberapa kali lokasi ini menjadi lokasi foto pre-wedding, lokasinya memang romantik dan menawan. padang rumput savana ini selain disebut sebagai bukit Teletubbies, oleh warga sekitar juga disebut Lembah Jemplang.


Savana di Gunung Bromo
Bukit Teletubbies

Akses Lokasi.


Untuk menuju lokasi padang rumput savana Teletubbies ini sangat gampang sekali. ada dua jalur alternatif yang dapat anda pilih yaitu dari Malang maupun dari Probolinggo. kalau dari Malang anda akan menemukan detinasi padang rumput Savana dahulu, kemudian destinasi yang lainnya. sedangkan kalau dari Probolinggo, padang savana ini akan menjadi destinasi yang terakhir, sebelumnya anda akan mengunjungi view point maupun kawah gunung Bromo.

Savana di Gunung Bromo
Hamparan rumput savana

Jika anda dari pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang dari Kota Malang arahkan kendaraan anda menuju Tumpang kemudian ke Gubug Klakah , kemudian Ngadas dan akhirnya sampai Jemplang. Dari Jemplang sudah nampak di kejauhan keindahan Bukit Teletubbies yang hijau, seakan tak sabar untuk menjelajahinya, akan tetapi anda harus bersabar barang sebentar, silahkan lanjutkan lagi perjalanan anda ikuti arah menuju Bukit Teletubbies yang tinggal beberapa kilometer lagi. Jalan menuju Bukit Teletubbies sudah memadai, jalanan sudah beraspal dan mulus, di sepanjang jalan anda akan disuguhi pemandangan hutandan lembah yang sambung menyambung indah memanjakan mata.

Savana di Gunung Bromo
Ada juga tebingnya
Jika anda dari Probolinggo, arahkan menuju desa Tosari, dari tosari menuju wonokitri, dari wonokitri arahkan menuju View point penanjakan, kita akan menyusuri jalan turunan yang terjal sampai ke Kawah Gunung Bromo, setelah itu arahkan kendaraan anda ke sisi timur Gunung Bromo melewati padang pasir "Pasir berbisik". harap berhati-hati dalam menyusuri padang pasir ini, soalnya ada beberapa lubang besar yang tidak terduga dan dapat menggangu jalur perjalanan. kemudian sampailah di lembah Jemplang, dari sini sudah banyak hamparan rerumputan dikanan maupun di kiri anda, berhentilah sejenak untuk mengabadikan nya dalam perjalanan anda. 


Kordinat Lokasi

7°58'31.4"S 112°57'20.5"E

0 komentar :

Posting Komentar