Candi Sumberawan

Candi Sumberawan, Candi berbentuk stupa 


Candi Sumberawan terletak di kaki Gunung Arjuna pada ketinggian 650 meter dpl, terletak di Desa Toyomarto, kecamatan Singosari. Candi ini berbeda dengan candi-candi lainnya, yang membedakan adalah candi ini tidak berupa bangunan seperti candi-candi lainnya, namun candi ini hanya berupa bentuk stupa dan merupakan satu-satunya candi yang berbentuk stupa yang berada di Jawa Timur. Candi ini termasuk candi bercorak Budha dan berjarak sekitar 6 km dari Candi Singosari. Sering disebut juga Candi Rawan karena terletak di tepi rawa yang mata airnya selalu mengalir sepanjang tahun. Candi Sumberawan yang terletak di Kaki Gunung dan dikelilingi oleh hutan dan ditumbuhi pepohonan Pinus ini memberikan suasana segar dan nyaman. terutama para wisatawan yang hendak menuju lokasi Candi ini akan menyaksikan keindahan alam dan menyusuri jalan yang tidak lebar dan jalan yang menanjak, dan sesekali akan menemukan perumahan warga sekitar dan diselingi oleh hutan dan pepohonan yang rindang sampai menuju lokasi Candi ini.

Kondisi Candi

Seperti dibahas pada paragraf sebelumya Candi Sumberawan merupakan canti tunggal yang hanya terdiri dari kaki, badan, dan kepala yang meruncing ke atas. Candi ini dibuat dari batu andesit dengan ukuran panjang 6,25 m, lebar 6,25 m, dan tinggi 5,23 m. Candi Sumberawan pertama kali ditemukan pada tahun 1904. Pada tahun 1935 diadakan kunjungan oleh peneliti dari Dinas Purbakala. Pada zaman Hindia Belanda pada tahun 1937 diadakan pemugaran pada bagian kaki candi, sedangkan sisanya direkonstruksi secara darurat. 

Candi Sumberawan
Candi "Stupa" Sumberawan
Candi Sumberawan merupakan satu-satunya stupa yang ditemukan di Jawa Timur. Batur candi berdenah bujur sangkar, tidak memiliki tangga naik dan polos tidak berelief. Candi ini terdiri dari kaki dan badan yang berbentuk stupa. Pada batur candi yang tinggi terdapat selasar, kaki candi memiliki penampil pada keempat sisinya. Di atas kaki candi berdiri stupa yang terdiri atas lapik bujur sangkar, dan lapik berbentuk segi delapan dengan bantalan Padma, sedang bagian atas berbentuk genta (stupa) yang puncaknya telah hilang. Karena ada beberapa kesulitan dalam perencanaan kembali bagian teratas dari tubuh candi, maka terpaksa bagian tersebut tidak dipasang kembali. Diduga dulu pada puncaknya tidak dipasang atau dihias dengan payung atau chattra, karena sisa-sisanya tidak ditemukan sama sekali. Candi Sumberawan tidak memiliki tangga naik ruangan di dalamnya yang biasanya digunakan untuk menyimpan benda suci. Jadi, hanya bentuk luarnya saja yang berupa stupa, tetapi fungsinya tidak seperti lazimnya stupa yang sesungguhnya. Diperkirakan candi ini dahulu memang didirikannya untuk pemujaan.

Candi Sumberawan
Lokasi Candi
Para arkeolog memperkirakan Candi Sumberawan dulunya bernama Kasurangganan, sebuah nama yang terkenal dalam kitab Negarakertagama. Tempat tersebut telah dikunjungi Hayam Wuruk pada tahun 1359 masehi, sewaktu ia mengadakan perjalanan keliling. Dari bentuk-bentuk yang tertulis pada bagian batur dan dagoba (stupanya) dapat diperkirakan bahwa bangunan Candi Sumberawan didirikan sekitar abad 14-15 masehi yaitu pada periode kerajaan Majapahit.


Akomodasi



  1. Lokasi Candi Sumberawan ini sudah memiliki fasilitas yang tergolong lengkap, para pengunjung tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang digunakan, karena di sekitar lokasi Candi Sumberawan ini telah tersedia banyak lokasi parkir baik raoda dua maupun roda empat.
  2. tersedia juga banyak warung di sekitar Candi Sumberawan, para pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan saat mengunjungi Candi Sumberawan ini.
  3. Tidak dipungut biaya untuk besaran tiket masuk ke Candi Sumberawan ini, pengunjung hanya diwajibkan menuliskan identitas diri pada buku tamu di kantor informasi, dan kalau berkenan menyumbangkan seikhlasnya.
  4. tersedia banyak tempat peristirahatan dan taman pinus untuk berekreasi anak maupun untuk melepas lelah sejenak
  5. Jam Buka 08:00-16:00

Candi Sumberawan
Candi Sumberawan




Akses Lokasi

Dari Kota Malang, Anda bisa menaiki kendaraan umum ke arah Singosari, dan turun tepat di gapura bertuliskan Wisata Candi Singosari. Lokasi Candi Sumberawan masih terdapat di kawasan wisata candi serta situs bersejarah lainnya, tepatnya 6 km ke arah barat laut dari Candi Singosari. Jangan segan untuk bertanya pada penduduk sekitar karena penunjuk arah tidak terlalu jelas dan informatif.

Karena memiliki banyak candi dan situs bersejarah dengan jarak yang berjauhan, sebaiknya menyewa kendaraan bermotor di Kota Malang untuk mempermudah penelusuran menuju berbagai situs Kerajaan Singosari. Namun, terdapat banyak ojek yang bisa disewa untuk pulang-pergi. Sebaiknya tawarkan harga untuk berkeliling ke lokasi lebih dari satu candi dan situs lainnya.

Kordinat Lokasi

7°51'20.5"S 112°38'40.2"E

0 komentar :

Posting Komentar