Pantai Pasir Panjang Malang

Pantai Pasir panjang, pantai dengan garis pantai yg panjang di selatan Malang


Hamparan Pantai di bagian selatan kabupaten Malang memang memberikan suatu kenidahan dan kenikmatan tersendiri bagi para wisatwan penikmat alam terutama pantai. hampir semua di sepnajang bibir pantai di salah satu kabupaten di jwa Timur ini dapat dijadikan sebuah destinasi wisata pantai. banyak bibir pantai yang dapat dikelola sebagai pantai, dari pantai untuk wisata keluarga, sampai tujuan wisata petualangan atau adventure.mulai dari yang sudah di kelola seperti pantai Balekambang, Ngliyep, Sendang Biru, Goa Cina, dll, juga yang masih alami seperti pantai Bolu-bolu, Sipelot, Tiga warna, Gatra, Sempu dll.


Pantai Pasir Panjang merupakan salah satu pantai yang masih jarang dieksplorasi di daerah Malang Selatan. Lokasi Pantai Pasir Panjang ini berada di dekat Pantai Ngliyep, sehingga para wisatawan bisa berwisata ke dua pantai sekaligus dalam sekali perjalanan. Pantai ini terkenal dengan pasir yang halus seperti mrica dan bersih, tak hanya pasirnya yang putih dan bersih namun pantai ini juga memiliki keindahan sekitar yang cukup mempesona, pantai ini berada di kawasan hutan lindung di mana pesona alam yang cukup indah.


Pantai Pasir Panjang
Pantai pasir panjang

Pantai yang terletak di Dusun Ngliyep ini dinamakan Pantai Pasir Panjang karena memang terbentang panjang, hampir mencapai 700 meter. Keindahan Pantai Pasir Panjang terletak pada keadaan alamnya yang masih alami dan belum banyak dicemari polusi. Pantai Pasir Panjang tidak memiliki banyak batu karang. Namun, berenang tidak disarankan karena ombak yang ada di pantai ini cukup ganas, khas ombak Pantai Selatan dan menurut warga sekitar bahwa di pantai pasir panjang ini ada palung yang dalam dan dapat membahayakan pengunjung yang hendak berenang di lokasi wisata ini.

Pantai Pasir Panjang
Sepanjang mata memandang ombak bergulung
Dari kota Malang, Pantai Pasir Panjang menempuh jarak 52 kilometer ke arah Selatan atau sekitar 2 jam berkendara. Perjalanan menuju Pantai Pasir Panjang tergolong lancar kerena secara umum kondisi jalan bagus. Hanya beberapa titik saja yang berlubang dan bergelombang.


Akomodasi

Fasilitas pengunjung di pantai pantai Pasir panjang, tersedia sarana MCK, parkir kendaraan, warung makan, kios oleh-oleh, saung, musholla, penginapan dan lainnya. Sedangkan pada bagian tengah pantai pasir panjang, terdapat perkampungan nelayan yang dihuni beberapa keluarga. Kita bisa berinteraksi dengan mereka, karena disini juga terdapat warung dan fasilitas mck yang disediakan warga setempat. 

Pantai Pasir Panjang
Kombinasi yg sempurna ombak pasir dan pepohonan

Tiket masuk ke Pantai Pasir Panjang masih satu paket dengan tiket masuk ke pantai Ngliyep, yaitu Rp. 10.000, - per orang. Jadi kita cukup bayar sekali saja, sudah bisa menikmati dua kawasan pantai, yaitu Pantai Pasir Panjang dan Pantai Ngliyep.



Pantai Pasir Panjang
Bibir pantai yang panjang
Dan apabila jika anda ingin bermalam di pantai ini terdapat penginapan yang terletak disekitar pemukiman warga, harga sewa kamar biasanya sekitar Rp.100.000 perkamar untuk di isi 2-3 orang. 

Pantai Pasir Panjang
Pantai pasir panjang
Akses Lokasi

Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep, yaitu di desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 65 km arah selatan dari pusat kota Malang, Dari pusat kota langsung menuju arah selatan yang akan melalui Gadang dan Kendal Payak dan ikuti saja arah menuju Kepanjen. Sesampai Kepanjen ikuti petunjuk arah menuju Donomulyo atau Pagak yang sudah ada papan petunjuk arahnya, dan pantai ini satu arah menuju Pantai Ngliyep yang sudah lebih dikenal banyak wisatawan, dan berada di sebelah barat persis letak Pantai Pasir Panjang. dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan.

Kordinat Lokasi

8°22'52.3"S 112°25'13.6"E


0 komentar :

Posting Komentar