Mitologi Yunani

Sejenak belajar Mitologi Yunani



Istilah Kata mitologi berasal dari bahasa Yunani, μυθολογία (mythología) yang terdiri dari dua kata, yaitu Mitos dan Logos. Mitos  berarti kisah atau legenda, sedangkan Logos berarti penuturan. yang kurang lebih berati "ilmu yang menjelaskan tentang kisah atau legenda sesuatu". Di masa sekarang, mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Menurut pakarnya, mitos tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda, cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisahfiksi. Mitos dan agama juga berbeda, namun menutupi beberapa aspek.

Di dunia ini ada banyak Mitologi yang terjadi di beberapa negara yang menjadikan daerah tersebut terkenal dengan mitologi nya dan bahkan menganut agama dan kepercayaan atas dasar mitologi di daerah nya tersebut, seperti Mitologi Cina, Mesir, Nordik, Romawi, Yunani bahkan awal Mula Mitologi Agama.

Mitologi Yunani

Salah satu mitologi yang terkenal di dunia ini adalah cerita tentang Mitologi Yunani, begitu banyak cerita mitologi Yunani ini di masukkan dalam Film, buku cerita, novel, lukisan, buku sejarah dan lainnya. Mitologi Yunani merupakan bagian dari agama di Yunani Kuno. Para sejarawan modern mempelajari mitologi Yunani untuk mengetahui keadaan politik, agama, dan peradaban di Yunani Kuno, serta untuk memperoleh pemahaman mengenai pembentukan mitos itu sendiri.
Kebanyakan dewa Yunani digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya, yang mungkin lebih dari satu. Dewa-dewi ini kadang-kadang membantu manusia, dan bahkan menjalin hubungan cinta dengan manusia yang menghasilkan anak, yang merupakan setengah manusia setengah dewa. Anak-anak itulah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.
Mitologi Yunani menjelaskan asal mula dunia serta menceritakan kehidupan dan petualangan berbagai dewa, dewi, pahlawan, dan makhluk-makhluk mitologi. Mitologi Yunani pada awalnya disebarkan melalui tradisi lisan. ada beberapa Dewa di Mitologi Yunani Kuno ini, yaitu 

1. Afrodit


Mitologi Yunani
Afrodit
Dalam Mitologi Yunani, Aphodite atau Afrodit di sebut sebagai Dewi cinta, nafsu, kecantikan, bujukan, dan kesenangan.Karena kecantikannya, para dewa takut bahwa Afrodit akan menimbulkan perpecahan di antara para dewa, karena itu Zeus menikahkan dengan Hephaestus. Meskipun dinikahkan dengan Hephaestus, Afrodit memiliki banyak kekasih baik dikalangan Dewa maupun dikalangan Manusia seperti Ares dan Ankhises. Dia digambarkan sebagai wanita cantik, dengan laut, lumba-lumba, angsa, merpati, delima, apel, mawar, limau, tongkat, cangkangkerang, pohon myrtle, remis, dan mutiara. biasanya ditemani oleh anaknya, Eros.




Ada dua legenda berbeda mengenai kelahiran Afrodit. Versi pertama, yang disebutkan oleh Homeros dalam Iliad, menyebutkan Afrodit adalah putri dari Zeus dan Dione. Versi kedua, yang didasarkan padaTheogonia karya Hesiodos, menyebutkan bahwa Afrodit dilahirkan dari alat kelamin Uranus yang dipotong oleh Titan Kronos dan dilemparkan ke laut. Alat kelamin itu ditutupi oleh buih laut (aphros) dan dari buih-buih itulah Afrodit muncul. Menurut Plato dalam Simposium, dua kisah ini benar karena menceritakan dua Afrodit yang berbeda, yaitu Afrodit Urania dan Afrodit Pandemos.

2. Apollo



Mitologi Yunani
Apollo

Apollo di sebut juga sebagai Dewa musik, penyembuhan, wabah, ramalan, puisi, dan panahan; diasosiasikan dengan cahaya, kebenaran, dan matahari. Apollo juga merupakan dewa nubuat, dan memberikan restunya kepada orakel, sehingga mereka dapat membaca masa depan. Alasan Apollo dijadikan sebagai Dewa musik maupun Dewa Pengobatan dan penyembuhan dikaitkan padanya atau pada anaknya, Asklepios (dewa pengobatan), karena Apollo dipandang sebagai dewa yang membawa kesehatan, penyakit wabah. Sebagai dewa musik, Apollo adalah pemimpin para Muse (dewi musik dan nyanyian). Hermes menciptakan lira untuk Apollo dan alat musik tersebut menjadi atribut penting Apollo. Himne yang dinyanyikan untuk Apollo disebut paian. Pada masa Yunani kuno, terutama pada abad ketiga SM, dia dikaitkan dengan Helios(dewa Matahari) dan saudarinya, Artemis, dikaitkan dengan Selene (dewi bulan)


Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto dan saudara kembar Artemis. Dia digambarkan sebagai pemuda tampan dengan rambut panjang dan membawa banyak benda termasuk rangkaian laurel, busur yang terbuat dari emas, panah, Burung Gagak, Lumba-lumba dan lira.Dalam mitologi Etruska, dia dikenal sebagai Apullu. Apollo disembah baik oleh orang Yunani kuno maupun oleh orang Romawi kuno.

3. Ares

Mitologi Yunani
Ares

Ares adalah anak dari Zeus dan Hera. Sering dikenal dengan Dewa perang, nafsu haus darah, kekejaman, kejantanan.Ares adalah dewa yang haus darah dan merupakan perwujudan dari pembunuhan.Ares berkuasa atas alat-alat perang, penyerangan dan pertahanan kota, pemberontakan, penjarahan, kejantanan, serta keberanian. Burung hering dan anjing adalah binatang keramat bagi Ares. Dalam Iliad, dia muncul dengan dikelilingi oleh berbagai penjelmaan dari kengerian perang, tetapi dalam Odyssey karakternya agak sedikit melunak.Ares juga terlibat dalam pendirian kota Thebes. Dalam mitologi Romawi ia dikenal dengan nama dewa Mars. Nama Mars menjadi nama salah satu planet yang dekat dengan bumi dan memiliki 2 bulan yang dinamai berdasarkan nama pengawalnya, Phobos dan Deimos. Nama bulan Maret merupakan persembahan baginya.

Dia digambarkan sebagai orang dewasa memakai baju perang yang sangat bercahaya, atau pria telanjang dengan helm dan tombak berujung perunggu.Ares juga memiliki kereta perang yang ditarik oleh empat ekor kuda emas yang abadi dan mampu menyemburkan api: Aithon ("Api merah"), Konabos ("Kekacauan"), Flogios ("Nyala api") dan Fobos ("Rasa takut").


4. Arthemis

Mitologi Yunani
Arthemis

Arthemis merupakan putri dari Zeus dan Leto, serta saudari kembar Apollo. Dia digambarkan sebagai pemburu dan membawa busur emas dan anak panah Di kenal sebagai Dewi perburuan, alam liar, hewan liar, kelahiran dan wabah. Dia diasosiasikan dengan bulan. Artemis biasanya digambarkan sebagai perempuan pemburu Homer, dalam Iliad menggambarkan Artemis berpenampilan seperti layaknya perempuan. Ia sering digambarkan sebagai seorang wanita muda yang cantik, bahkan mungkin sama cantiknya dengan Afrodit, dan umurnya berkisar 13 - 19 tahunan. Sebagai seorang pemburu, pakaian yang dipakainya hanya sepanjang lutut, sehingga dari lutut ke bawah kakinya telanjang meski kadang-kadang ia memakai sandal.Selain busur dan panah, Artemis juga memakai tombak berburu, kulit hewan, rusa dan hewan liar lainnya yang digunakan untuk berburu dan berolahraga. Sementara Jala berhubungan dengan Artemis sebagai Dewi danau, mata air, dan memancing. Kereta yang digunakan oleh Artemis aalah kereta emas yang ditarik oleh empat ekor kijang bertanduk emas. Artemis memandikan kijangnya di tepi sungai di Lydia.Artemis kecil melihat seekor rusa yang lebih besar daripada kerbau dengan tanduk bersinar di Bukit Parrhasian di Arkadis. Artemis begitu menginginkannya dan merasa bahwa rusa itu sangat pas untuk dirinya. Artemis memiliki kereta emas dan tali kekangnya dari emas.Artemis sering digambarkan dalam posisi memanah, dan ditemani anjing pemburu atau rusa jantan

5. Athena

Mitologi Yunani
Athena

Athena atau Athene atau juga disebut Pallas Athena atau Pallas Athene dalam mitologi Yunani adalah dewi kebijaksanaan, strategi, perang, usaha, kerajinan tangan, dan akal pikiran. Athena juga dikenal sebagai dewi yang menolong para pahlawan. Athena adalah seorang dewi yang terlahir sebagai perempuan dewasa dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil. Athena tidak memiliki suami atau kekasih sehingga disebut sebagai parthenos ("perawan"), Athena Merupakan anak Zeus dan Metis, Athena adalah putri kesayangan Zeus, Athena diberkahi kekuatan oleh ayahnya, kepandaian dan kebijaksanaan oleh ibunya.Athena pernah mengubah Medusa yang asalnya seorang gadis cantik menjadi monster. Di kemudian hari Perseus memenggal kepala Medusa dan memberikannya pada Athena, sang dewi lalu memasang kepala Medusa pada perisainya atau pada Aigis



Athena digambarkan mengenakan khiton (pakaian orang Yunani kuno) panjang, kadang dengan ular di pinggangnya dan kadang mengenakan baju perang dengan helm agak terangkat ke atas. Perisainya berhiaskan Gorgonion (kepala Gorgon) di bagian tegahnya. Athena juga sering digambarkan dengan burung hantu di salah satu pundaknya atau disertai seekor ular. Orang-orang Athena memberikan dewi Athena kemurnian keperawanan untuk menopang dasar perilaku perempuan dalam masyarakat patriarki.

6. Demeter

Mitologi Yunani
Demeter

Dalam Mitologi Yunani, Demeter merupakan Dewi kesuburan, pertanian, perkebunan, dan panen. Demeter adalah anak Kronos dan Rhea dan saudara perempuan Zeus, Setelah lahir, Demeter dan saudara-saudaranya ditelan oleh Kronos, yang takut jika suatu saat nanti tahtanya akan digulingkan oleh anak-anaknya. Demeter diselamatkan oleh Zeus. Demeter adalah dewi yang mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu dan meramunya menjadi bercocok tanam. Rambut Demeter melambangkan bulir-bulir gandum yang merupakan simbolnya. Demeter juga digambarkan mengenakan polos, mahkota berbentuk lingkaran yang dikenakan oleh para dewi.



Demeter memiliki seorang anak bernama Persefone yang kemudian menjadi istri dari Hades. Demeter biasanya digambarkan sebagai wanita dewasa bermahkota yang membawa seikat gandum,obor dan biasanya mengendarai kereta perang, dan sering diasosiakan dengan unsur-unsur pertanian, termasuk buah, bunga, dan bulir gandum. Dia juga kadang-kadang digambarkan bersama dengan putrinya, Persefone.


7. Dionisos

Mitologi Yunani
Dionisos

Dalam mitologi Yunani, Dionisos adalah dewa anggur (arak) dan selalu diasosiasikan sebagai dewa pesta dan festival, kegilaan, mabuk dan kesenangan. Misi dari Dionisos adalah untuk membunyikan alat musik aulos dan mengakhiri rasa khawatir. Ilmuwan telah mendiskusikan hubungan Dionisos dengan "Pemujaan Jiwa" dan kemampuannya untuk berkomunikasi antara yang hidup dan yang sudah mati. Dionisos merupakan putra dari Zeus dengan Semele, namun ada mitos lain yang mengatakan bahwa ia adalah putra Zeus dengan Persefone, ratu dari dunia orang mati.


Dionisos juga diasosiasikan dengan satir, kentaur, dan silenos. Dia sering digambarkan menunggangi macan tutul, mengenakan kulit macan, menaiki kereta perang yang ditarik oleh panther, atau memegang thirso di dalam dalam seni sebagai pria tua berjenggot atau pemuda berambut panjang. Simbolnya adalahe thyrsus (tongkat berujung cemara), gelas minum, tanaman anggur dan mahkota Hedera. Dalam beberapa versi, dia menggantikan Hestia.





8. Hades
Mitologi Yunani
Hades
Hades Merupakan Raja dunia bawah dan dewa kematian, orang mati, dan harta dalam bumi. Asal nama Hades atau Aides masih belum jelas. Beberapa orang berpendapat bahwa itu berasal dari a-idein yang berarti "yang tak terlihat". Sedangkan yang lainnya menyatakan bahwa Hades berasal dari hadô atau chadô; sehingga Hades bermakna "yang memiliki semua" atau "yang menerima semua. Hades merupakan putra tertua dari Kronos dan Rea.Istrinya adalah Persefon Dia bersama saudara-saudaranya mengalahkan para Titan dan mengambil alih kekuasaan atas dunia. Zeus, Poseidon dan Hades melakukan undian untuk menentukan tempat kekuasaan dan Hades mendapat dunia bawah.



Hades sering digambarkan sebagai dewa yang memiliki janggut yang gelap dan berpakaian megah dengan memegang tongkat atau dwisula. Hades juga digambarkan sebagai dewa yang menuangkan kesuburan dari sebuah keranjang berbentuk tandu. Walaupun merupakan putra Kronos dan Rhea dan kakak Zeus, dia jarang dimasukkan dalam kelompok dewa Olimpus.



9. Hefaistos

Mitologi Yunani
Hefaistos

Hefaistos dalam mitologi Yunani adalah dewa teknologi, pandai besi, pengrajin,pemahat, logam, metalurgi, api, dan gunung berapi. Dia adalah dewa yang pincang dan langkahnya terputus-putus karena berjalan dengan menggunakan tongkat. Dia beperan sebagai pandai besi bagi para dewa dan sering membuat berbagai alat dan senjata yang sangat berguna bagi para dewa. Bahkan sebagian besar benda berkekuatan khusus dalam mitologi Yunani diceritakan dibuat oleh Hefaistos, di antaranya adalah helm dan sandal bersayap Hermes, perisai Aigis, korset Afrodit, tongkat Agamemnon,baju perang Akhilles, lonceng perunggu Herakles, kereta perang Helios, bahu Pelops, busur dan anak panah Eros,Pandora dan kotaknya, serta Talos.



Hefaistos merupakan putra Hera melalui partenogenesis, Hefaistos adalah suami Afrodit. Dia biasanya digambarkan sebagai pria berjenggot yang memegang palu dan alat-alat pandai besi. Simbolnya adalah palu, pelengkung dan besi landasan.Hefaistos juga kadang-kadang digambarkan sedang memegang kapak.


10. Hera

Mitologi Yunani
Hera

Hera merupakan Ratu para dewa dan merupakan dewi pernikahan, wanita, kelahiran, pewaris, raja dan kerajaan. Dia adalah anak Kronos dan Rhea dan kakak perempuan sekaligus istri Zeus. Hera digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh hikmat. Biasanya digambarkan sebagai wanita cantik memakai mahkota dan memegang tongkat berujung lotus. Simbolnya adalah mahkota, tongkat lotus, merak, kakatua, burung kukuk dan buah delima. 

Kereta Hera ditarik oleh burung merak, Sementara pada masa yang lebih kuno, burung yang diasosiasikan dengan Hera adalah burung tekukur. Atribut Hera yang lainnya adalah sapi. Sebagai dewi sapi, dia terutama disembah di Euboea, yang kaya akan sapi. Salah satu julukan Hera adalah Boôpis, yang diterjemahkan sebagai "bermata sapi".

Keturunan Hera dengan Zeus antara lain, Ares (dewa perang), Hebe (dewi masa muda), Eris(dewi perselisihan), dan Eileithiia (dewi kelahiran).


11. Hermes

Mitologi Yunani
Hermes

Dalam Mitologi Yunani, Hermes adalah Dewa perjalanan, pembawa pesan, perdagangan, pencurian, tipuan, bahasa, tulisan, diplomasi, atletik, dan peternakan. Dia adalah pembawa pesan para dewa, pemandu yang memandu roh orang mati menuju dunia bawah. Hermes adalah pelindung daerah perbatasan, para pengelana, gembala, pencuri, penipu, pidato, sastra dan puisi, olahraga, pengukuran, penemuan, dan perdagangan.dilahirkan di Gunung Kellina di Arkadia, Hermes merupakan putra Zeus dan Maia.


Sebagai dewa pembawa pesan, Hermes bertugas mengantarkan pesan dari para dewa di Olimpus kepada manusia. Dia mengenakan sandal bersayap dalam menjalankan tugasnya. Tugas membawa pesan juga dilakukan oleh dewi Iris.

Hermes juga bertugas membantu para roh menemukan jalan menuju dunia bawah. Hermes adalah salah satu dewa yang bisa dengan bebas keluar-masuk dunia bawah tanpa halangan, dewa lainnya yang bisa melakukan hal tersebut adalah Hades,Persefone, Hekate, dan Thanatos.

Hermes adalah dewa termuda kedua di antara dewa Olimpus setelah Dionisos. Dia digambarkan sebagai pemuda tampan dan atletis atau sebagai pria tua berjenggot. Atributnya meliputi tongkat Kadukeus, sandal bersayap, dan topi pelancong.




12. Hestia

Mitologi Yunani
Hestia
Dalam mitologi Yunani, Hestia adalah dewi perapian, rumah, memasak dan keluarga. Hestia adalah anak tertua dari Kronos dan Rhea saudara perempuan Zeus. Hestia adalah salah seorang anak yang ditelan oleh ayahnya, Kronos. Ketika Kronos memuntahkan kembali semua anaknya, Hestia adalah yang terakhir dikeluarkan. Dengan demikian dia adalah anak pertama (dari Rhea) sekaligus anak terakhir (dari Kronos). Hestia dikenal karena kebaikan dan kerendahan hatinya. Dia jarang ikut campur dengan prosesi pembicaraan dengan para dewa Olimpus lainnya,alam beberapa versi dia menyerahkan tempatnya di Olimpus pada Dionisos. Karena ini, Hestia secara teknis bukanlah bagian dari Dewa-Dewi Olimpus, namun dia masih memegang posisi yang sama dengan mereka. Hestia menerima persembahan pertama dalam setiap ritual dalam rumah tangga. Tungku perapian merupakan tempat suci untuknya. Dia adalah dewi perawan. Dia digambarkan sebagai wanita berkerudung dan simbolnya adalah perapian dan ketel.


13. Poseidon


Poseidon
Poseidon dalam Mitologi Yunani dikenal sebagai Dewa laut, sungai, banjir, kekeringan, gempa bumi, dan kuda; dikenal sebagi "Pengguncang Bumi" atau "Pembawa Badai'". Dia adalah anak Kronos dan Rhea dan kakak Zeus dan Hades. Istri Poseidon adalah Amfitrit, seorang nimfa dan dewi laut kuno, anak Nereus dan Doris. 



Poseidon memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos (makhluk setengahkuda setengah ikan). Poseidon juga adalah dewa yang menciptakan kuda dalam upayanya merayu Demeter. Poseidon digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dengan badan kuat dan memegang trisula. Simbolnya adalah trisula, lumba-lumba dan kuda.



14. Zeus

Mitologi Yunani
Zeus

Raja para dewa, penguasa Olimpus dan dewa langit, cuaca, petir, hukum dan takdir. Zeus disebut sebagai "Ayah para Dewa dan manusia". Zeus tinggal di Gunung Olimpus. Zeus adalah dewa langit dan petir. 



Dia adalah anak termuda dari Kronos dan Rhea,yaitu Hestia, Demeter,Hera, Hades, dan Poseidon. Dia adalah adik dan suami Hera. Zeus terkenal karena hubungannya dengan banyak wanita dan memiliki banyak anak. Anak-anaknya antara lain Athena, Apollo dan Artemis, Hermes, Ares, Hebe, Hefaistos, Persefon,Dionisos, Perseus, Herakles, Helene, Minos, dan Mousai.





Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagi dunia-dunia tersebut dengan kedua saudaranya, Poseidon yang menjadi dewa penguasa lautan, dan Hades yang menjadi dewa penguasa dunia bawahDalam seni dia digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dan berbadan kuat. Simbolnya adalah petir, tongkat kerjaan dan burung elang. Zeus juga sering digambarkan dalam posisi berdiri dengan tangan memegang petir atau duduk di tahtanya.




1 komentar :

XOLOVELYOJO mengatakan...

terimakasih infonya

berkunjung ya >>>
altar hati perempuan

terimakasih

Posting Komentar