Candi Lumbung

Candi Lumbung, Candi di dalam kompleks Prambanan


Di dalam kompleks candi Prambanan bukan hanya mencakup candi Prambanan saja, tetapi juga mencakup beberapa candi seperti candi Bubrah, candi Sewu, Candi Lumbung dan candi Prambanan itu sendiri, dan ada yang tidak begitu jauh dari kompleks candi Prambanan ini yaitu candi Plaosan yang terletak di seberang kompleks candi Prambanan. untuk candi Lumbung, candi ini memiliki kesamaan nama dengan candi Lumbung (sengi) di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Candi Lumbung yang terletak dalam satu kompleks candi Prambanan yang terletak di Dukuh Tlogo, Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten,  Jawa tengah. Disebut Candi Lumbung karena bentuk candi ini menyerupai lumbung padi. Berbeda dengan Candi Prambanan yang merupakan Candi Hindu, Candi Lumbung ini merupakan candi Budha. Jaraknya dari Candi Prambanan adalah sekitar 500 meter ke arah utara. dapat diakses dengan menggunakan kendaran yang disediakan pengelola candi (membayar) maupun dengan berjalan kaki.

Candi Lumbung
Kompleks candi Lumbung
Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi Lumbung Candi yang menempati tanah dengan luas 545, 35 meter persegi ini mempunyai 17 bangunan dengan diantaranya satu candi induk dan 16 candi perwara. candi ini masih menakjubkan dengan berbagai pahatan- pahatan dan relief yang terdapat didinding candi induk ini

Candi Lumbung
Candi Perwara
Candi utama ini memiliki tinggi sekitar 2,5 meter, dengan terdapat 9 buah relung, namun tak satupun relung yang berisi arca, meskipun atap candi induk sudah tidak adalagi, namun begitu keidahan candi ini masih menakjubkan dengan berbagai pahatan- pahatan dan relief yang terdapat didinding candi induk ini. 

Candi Lumbung
Salahsatu arca
Bangunan candi perwara mempunyai tinggi 1 meter, dengan tidak terdapat hiasa- hiasan didindingnya, Pada saat ini candi Lumbung sedang dilakukan rekonstruksi bangunan candi, dan diadakan perbaikan untuk mengupayakan candi ini dapat terbentuk seperti semula.

Candi Lumbung
Candi Lumbung
Akses Lokasi

Untuk menuju Candi Lumbung, cukup dengan menuju ke Kompleks candi Prambanan yang terletak di jalan utama Yogyakarta-Katen yang bisa di akses oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Candi Lumbung
Reruntuhan Candi

Kordinat Lokasi

7°44'53.5"S 110°29'34.7"E





0 komentar :

Posting Komentar