Gua Maria Talang Ing Sih Tegalsari

Menyusuri Gua Maria di keramaian kota



Hari itu memang cuaca sangat panas sekali, setelah berziarah ke Gua Maria Ngaliyan (lihat disini),perjalanan kami lanjutkan menuju Gua Maria Talang Ing sih yang terletak di Jalan Tegalsari Gang VIII - IX Semarang, Jawa Tengah. meskipun sebelumnya sudah pernah di bahas dalam blog ini (lihat disini), tetapi kali ini kami membahas lagi Gua Maria yang bersatu dengan kompleks sekolah dan sebuah kapel ini.


Sebuah Patung Yesus yang memberkati menyambut kami saat sampai di lokasi Gua Maria Talang Ing sih ini. 


Gua Maria Talang Ing Sih Tegalsari
Yesus Memberkati

Gua Maria Talang Ing Sih yang berada di lereng bukit yang mengarah ke RS Elisabeth Semarang. ini lengkap dengan atribut untuk ibadah Jalan Salib dan tempatnya juga berada persis di samping Kapel Kristus Raja. dan memutari dari gedung kapel tersebut.

Gua Maria Talang Ing Sih Tegalsari
Kapel Kristus Raja

Tepat disamping kanan dari gedung Kapel ini ada sebuah patung Lapieta dengan berlatarkan lukisan alam yang membawa peziarah masuk kedalam suasana penderitaan Yesus sewaktu Jalan Salib

Gua Maria Talang Ing Sih Tegalsari
La Pieta
Ujung dari Jalan Salib ini berakhir di Sebuah patung Yesus tersalib di kayu Salib persis di sebelah kiri pelataran doa.

Gua Maria Talang Ing Sih Tegalsari
Stasi Jalan Salib
Gua Maria yang ditemukan oleh pastor-pastor Jesuit.awalnya merupakan bekas tanah milik orang China terkaya di wilayah ini. dan dilokasi ini ditemukan pula sebuah mata air yang kemudian dibangun sebuah kolam kecil di depan arca Bunda Maria. pengunjung dan peziarah yang berdoa di tempat ini sambil kakinya dimasukkan ke dalam kolam konon banyak yang dikabulkan doanya.

Gua Maria Talang Ing Sih Tegalsari
Bunda Maria Talang Ing Sih

Sudah banyak mukjizat penyembuhan dan pengabulan doa terjadi di tempat ini.tetapi bukan berarti karena air ini doa kita dikabulkan, tetapi melalui kuasa Tuhan yang mengalir melalui air inilah Kuasa Allah di curahkan. Allah yang Maha Kuasa senantiasa mendengarkan doa orang yang berserah kepada-Nya.


Gua Maria Talang Ing Sih Tegalsari
Kolam Air di pelataran doa
Yang menarik adalah, kompleks ziarah yang terbagi menjadi tiga bagian besar, yaitu sumber air, Gua Maria dan Kapel, belum diresmikan seluruhnya. Sumber air yang kemudian sebagian airnya diisikan di dalam kolam tepat di depan gua ini telah diresmikan oleh Uskup Keuskupan Purwokerto, Mgr. J. Sunarka, SJ di awal tahun 2011. 

Gua Maria Talang Ing Sih Tegalsari
Prasasti peresmian
Tepat di samping prasasti peresmian Gua Maria dan sumber air tersebut para peziarah dapat menggunakan air suci yang telah dialirkan melaui keran yang tersedia, baik untuk di gunakan di lokasi Gua Maria maupun untuk dibawa pulang

Gua Maria Talang Ing Sih Tegalsari
Air Suci

Arah Menuju Gua

Dari RS Elisabeth ke arah Tegal Sari sampai di perempatan kecil tepat di sebuah tikungan tajam ambil arah lurus masuk lewat sebuah gapura kecil, kemudian belok kiri dan ketemu tulisan Gua Maria Talanging Sih.

Kordinat Lokasi

7°00'36.5"S 110°25'40.5"E




0 komentar :

Posting Komentar