Pantai Pelang

Pantai Pelang, Destinasi wisata pantai dan air terjun

Wisata Pantai

wisata pantai di daerah Trenggalek memang belum menjadi primadona bagi para wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburannya ke daerah pantai. dan kalau di daerah pulau jawa pantai di kabupaten Trenggalek memang masih kalah tenar dengan pantai yang ada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta atau pantai yang ada di Pacitan. tetapi jangan salah pantai di daerah Trenggalek memiliki suatu daya tarik tersendiri yang sebenarnya bisa menarik para wisatawan. seperti Pantai Pelang contohnya, di Pantai Pelang ini Anda dapat menyaksikan perpaduan harmonis antara objek pantai, air terjun, goa, hingga bukit-bukit berhutan lebat.

Lokasi

Pantai Pelang terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Trenggalek, dekat dengan Lorok di Pacitan.kalau anda dari pusat kota Trenggalek, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh sekitar 56 km. Sementara dari kota Blitar, Pantai Pelang berjarak sekitar 118 km. Pantai Pelang tidak kalah strategisnya dengan Pantai Prigi, karena di sekitarnya bisa dijumpai beberapa destinasi wisata menarik lain, seperti Pantai Konang dan Penangkaran Penyu Kili-kili.

Pantai Pelang
Bukit hutan di pantai Pelang

Tiket Masuk dan akomodasi

Untuk masuk ke Pantai Pelang cukup terjangkau, untuk orang dewasa akan dikenakan tarif sebesar Rp. 7.500 sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp.5.000, sedangkan untuk fasilitas yang akan anda temukan adalah jembatan wisata, kamar ganti, gazebo , toilet dan tempat parkir, dll
Di lokasi ini para pengunjung tidak diperbolehkan berenang di sekitar pantai karena di lokasi ini tidak ada penjaga pantai yang siap sedia mengawasi para wisatawan meski ombak dipantai ini tergolong kecil.

Pantai Pelang
Jalan menuju objek wisata
Aktivitas paling populer yang dilakukan wisatawan di Pantai Pelang adalah menikmati panorama unik di pantai tersebut. Menyaksikan lanskap indah pantai dari atas perbukitan adalah cara terbaik untuk menemukan pesonanya. Tersedia gardu-gardu pandang yang akan memudahkan wisatawan menikmati panorama Pantai Pelang.view Pantai Pelang cukup luas, saat menghadap ke timur akan terlihat hamparan Pantai Konang dan Pulau Godo. Sedangkan view sebelah barat merupakan tebing raksasa yang sangat eksotis. View tersebut semakin dipercantik dengan adanya sebuah pulau kecil di depan pantai.

Pantai Pelang
view pantai

Air terjun


Seperti yang dibahas tadi salah satu keistimewaan pantai Pelang adalah di air terjun nya. yup... Pantai Pelang memang memiliki sebuah air terjun yang aliran airnya menuju ke pantai pelang tersebut, para wisatawan cukup berjalan sekitar 300meter dari area parkir menuju air terjun tersebut.

Pantai Pelang
Air terjun di Pantai Pelang

Air Terjun Pantai Pelang memiliki ketinggian mencapai 25 meter. Dari sela-sela batu karang, air mengalir turun menuju kumpulan batu berwarna keputih-putihan di bagian dasarnya. Wisatawan yang datang lazimnya menyempatkan diri untuk mandi dan bermain-main air. Sebagian di antara mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di lokasi air terjun ini ketimbang menikmati panorama pantai. Konon, air terjun ini dipercaya berkhasiat untuk membuat awet muda dan menyembuhkan penyakit.

Pantai Pelang
2 in 1 Pantai dan Air terjun
Saat saya mengunjungi Pantai Pelang ini diwaktu masih peralihan musim penghujan menuju musim kering, jadi debit air terjun ini tergolong besar dan kalau anda mengunjungi saat musim kemarau, maka debit air yang mengalir melalui air terjun ini jauh lebih sedikit dari musim hujan, dan terkadang tidak ada airnya. (dalam musim kemarau, tidak seperti di gambar).

View Pantai Pelang

Akses Menuju Lokasi

Bagi anda yang hendak berwisata ke Pantai Pelang, untuk menuju lokasi Pantai Pelang Trenggalek dapat dicapai dengan mengendarai kendaraan pribadi atau angkutan umum. Dari pusat kota Trenggalek menuju lokasi pantai, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 56 km dengan kondisi jalan terbilang cukup bagus. Tatkala menuju pantai ini, Anda akan melintasi jalan yang penuh tikungan-tikungan tajam ditambah tanjakan dan turunan curam dengan jurang di sisi kiri dan kanan jalan.

Pantai Pelang
Hamparan pasir di Pantai Pelang
Bila anda yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan bus, maka dari Terminal Bus Trenggalek Anda dapat mengambil bus jurusan Trenggalek – Lorok, lalu turun di Kecamatan Panggul. Durasi perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

Pantai Pelang
Perpaduan air terjun dan pepohonan
Dan apabila anda memulai perjalanan dari kota Pacitan, Anda perlu melewati daerah Lorok agar dapat tiba di Pantai Pelang. Jalan masuk ke pantai ini memiliki panjang sejauh 5 km dari tepian jalan raya dengan kondisi jalan bervariasi, antara batu dan aspal.

Kordinat Lokasi :

8°15'26.9"S 111°25'28.3"E

0 komentar :

Posting Komentar