Pantai Blado

Pantai Blado, Mutiara di Pesisir Trenggalek

Munjungan


Kecamatan Munjungan kabupaten Trenggalek memang memiliki banyak pantai-pantai eksotik yang memiliki karakteristik dan keunikan masing-masing. ada Pantai Ngampiran, Pantai Gemawing, Pantai Pasir putih, Pantai Ngadipuro, Pantai Ngulungwetan, Pantai Selah, Pantai Kidangan dan Pantai Blado.

Dan Pantai Blado terletak di desa Munjungan kecamatan Munjungan, 49 km arah selatan dari kota Trenggalek, ± 230 km dari Surabaya. Luas pantai Blado ±25 ha dengan panjang 3 km. untuk mengakses ke Pantai Blado memang mudah, tetapi kalau anda hendak berkunjung kesini, jalan menuju lokasi memang sudah beraspal dan ada banyak petunjuk jalan untuk menuju Lokasi Wisata ini. tetapi kondisi jalan yang sudah mulai berlubang dimana-mana membuat perjalanan dan waktu tempuh menuju lokasi ini menjadi bertambah dan mengurangi kenyamanan para pengunjung saat berkendaraan.


Pantai Blado
Pantai Blado dari jauh
Pantai ini begitu luas dan ditumbuhi pohon-pohon kelapa yang menambah keindahan pantai Blado. dan di Pantai ini ada tempat pelelangan ikan, dan banyak juga kapal-kapal nelayan yang sandar untuk membongkar muatan hasil tangkapannya. dan tak jarang para pengunjung langsung menghampiri kapal-kapal nelayan untuk membeli ikan segar yang baru di tangkap.


Pantai Blado
Pantai Blado diapit dua teluk besar
Biasanya setiap setahun sekali masyarakat Munjungan melakukan acara Longkangan di pantai ini. upacara adat yang biasa dilakukan masyarakat nelayan di pantai Kecamatan Munjungan setiap hari Jumat Kliwon di bulan Selo penanggalan Jawa. Longkangan dilaksanakan sebagai ungkapan syukur nelayan Munjungan atas melimpahnya tangkapan hasil melaut sekaligus peringatan kepada leluhur yang babat Munjungan utamanya kepada Roro Puthut yang konon oleh Ratu Pantai Selatan dipercaya mengawasi kawasan pantai di Munjungan.

Upacara biasa dimulai jelang sore dengan Kirab Tumpeng Agung dari Pendopo Kecamatan Munjungan sampai di Pantai Blado yang dipimpin langsung oleh Camat Munjungan dan semua Kepala Desa seKecamatan Munjungan dan diiringi oleh dayang-dayang serta rombongan jaranan yang berpakaian adat Jawa.


Pantai Blado
bibir pantai blado

Keadaan Pantai 

Pantai Blado adalah pantai yang sangat alami, dan masih jarang di kunjungi oleh wisatawan selain dikarenakan akses jalan, masih kalah dengan pantai Prigi maupun pantai Karanggongso yang akses jalan nya lebih lancar.
Karena masih alami itu tadi, jadi fasiitas yang ditawarkan di Pantai Blado ini masih terbilang sangat minim, di sekitaran pantai di sebelah timur kita akan menemui beberapa warung yang menyediakan aneka minuman seperti kopi dan lain sebagainya. karakteristik pantai ini memiliki ombak yang cukup besar apalagi kalau kita mengunjungi nya saat di sore atau pagi hari. tetapi kondisi pantainya sekarang agak kotor karena ranting-ranting yang terdampar di pinggiran pantai dan Orang yang membuang sampah sembarangan maupun dari dedaunan maupun buah dari pohon kelapa yang terseret arus, dan tidak ada petugas kebersihannya.

Pantai Blado
Pantai Blado menuju laut lepas

Akses Menuju Lokasi


Untuk mencapai Pantai Blado, obyek wisata yang berada di IKK Munjungan dapat melalui jalur jalan ke Gandusari dan Kampak atau melalui kecamatan Dongko dengan kondisi jalan aspal baik hingga sedang, cukup menantang, tipikal jalan pegunungan (areal Perhutani berkelok-kelok, banyak tikungan tajam dan sempit, membutuhkan kewaspadaan tinggi. Dari IKK Munjngan menempuh jarak 2 km ke selatan dilalui arah jalan Munjungan – Panggul, untuk menuju pantai masuk sejauh 200 meter melalui jalan tanah. Mode transportasi umum sampai IKK Munjungan minibus kode S2 (jurusan Trenggalek-Kampak-Munjungan).

Pantai Blado
Nyiur kelapa di pantai blado

Kordinat Lokasi :


8°18'18.3"S 111°33'38.0"E

0 komentar :

Posting Komentar