Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun Kedung Kandang, Wisata di tengah hamparan sawah

Nglangeran merupakan desa yang secara administratif terletak di Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul D.I.Yogyakarta. Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba memiliki Luas 48 ha dengan bentangan alam pegunungan yang merupakan tanah Sultan Ground (SG). sedngkan wilayah Desa Nglanggeran memiliki luas 762.099 ha dengan tata guna lahan sebagian besar digunakan untuk lahan pertanian perkebunan, ladang dan perkarangan. Desa Ngalnggeran terdiri dari 5 dusun yaitu Dusun Karangsari, Dusun Doga, Dusun Nglanggeran Kulon, Dusun Nglanggeran Wetan, Dan Dusun Gunung butak. 
Suhu udara di Desa Nglanggeran dipengaruhi oleh tinggi rendahnya tempatnya terhadap permukaan laut dan jaraknya dari pantai. temperatur rata-rata di daerah Kawasan Eko Wisata Gunung Api Purba berkisar antara 23-27 C.kondisi udara di kawasan Ekowisata Gunung Api Purba akan dingin dan cendrung berkabut pada pagi hari.

Wisata Air Terjun

Desa Nglanggeran memiliki suatu potensi wisata air terjun. sudah banyak di ketahui dan dkunjungi Oleh wisatawan domestik khususnya warga D.I.Y sendiri. Air Terjun Kedung kandang Merupakan primadona wisata unggulan dari Desa Nglanggeran ini. air terjun Kedung Kandang ini merupakan salah satu air terjun musiman, dimana ketika musim hujan saja air debitnya akan banyak sedangkan memasuki masa musim kering debit air akan kecil bahkan terkadang tidak menghasilkan sebuah air terjun dan malah kering. 

Air Terjun Kedung Kandang
Pemandangan desa Nglanggeran
Air Terjun Kedung Kandang disusun dan terdiri dari bebatuan andesit layaknya material bebatuan pada dinding candi. bebatuan andesit ini tersusun bertingkat-tingkat dan berada di tengah-tengah terasering persawahan warga. melalui bebatuan andesit besar inilah air dari kali mengalir dan menghasilkan air terjun yang cukup indah dan eksotis yang dinamakan Air Terjun Kedung Kandang.

Akses dan Lokasi 

Lokasi Air terjun Kedung Kandang tidak jauh dari Eko Wisata Gunung api purba. dengan melewati jalan bebatuan dan jalan masih di blok semen maka akan mengantarkan kita pada pintu masuk dan lokasi parkir Air Terjun. Dengan Membayar Retribusi Sebesar Rp.7000, kita dapat melakukan wisata ke air terjun tersebut. kemudian untuk menuju lokasi air terjun kita diharuskan berjalan sekitar 700 meter melalui jalan setapak dengan menuruni bebukitan dan pematang sawah. selama perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam desa Nglanggeran yang masih alami dan suasana pedesaan yang asri.

Air Terjun Kedung Kandang
Menuju Kedung Kandang
Nikmati lah perjalanan anda dengan menyusuri jalan setapak dan petunjuk arah yang disertai oleh kata-kata penyemangat yang telah dibuat oleh warga sekitar. dan tidak begitu lama kita akan sampai pada aliran sungai dari Air Terjun Kedung Kandang. 

Air Terjun Kedung Kandang
Air Terjun Kedung Kandang
Langkah perjalanan dan petunjuk arah tadi mengantar kita Tepat di depan air terjun yang bertingkat-tingkat. jangan lupa untuk mengabadikan momen di seputaran air terjun kedung kandang. dan menyusuri tingkatan demi tingkatan dari air terjun kedung kandang yang memang memiliki kontur bertingkat-tingkat.


Air Terjun Kedung Kandang
Debit air kedung kandang Kemarau
Sempatkanlah datang ke lokasi Objek Wisata Air Terjun Kedung Kandang ini pada musim penghujan, karena air yang menghujam dari ketinggian begitu besar dan deras, berbeda kalau anda berkunjung pada musim kemarau, air yang dihasilkan begitu kecil. jangan samapai anda kecewa apabila menemukan air dengan volume kecil saat musim kemarau, jadi datanglah pada musim penghujan, karena kami sudah pernah mengalami sendiri datang berkenjung pada Air Terjun Kedung Kandang ini pada waktu musim kemarau.


Air Terjun Kedung Kandang
Debit air kecil di musim kemarau
Telah tersedia tangga dan tali tambang yang membantu kita untuk naik ketingkatan atas selanjutnya. dan jalur untuk keluar dari Air Terjun Kedung Kandang ini berbeda dari jalur masuk, karena jalur keluar yang dibuat oleh warga sekitar memiliki medan yang tidak begitu berat, apalagi kalau kita memutar melaui jalan masuk ke kedung kandang, kita akan berjalan dengan medan yang berat dan cenrung mendaki (karena jalan masuk sebelumnya menurun). lebih baik melewati jalan ykeluar yang sudah di tentukan oleh warga dan pengelola. 
Air Terjun Kedung Kandang
Air terjun Kedung Kandang
sebelum berjalan menyusuri jalan setapak menuju air terjun Kedung kandang yang memiliki medan lintasan yang medium dan jalan yang panjang, anda harus mempersiapkan terlebih dahulu perlengkapan minum maupun makan, karena tidak ada warung disekitar objek wisata. jangan buang sampah sembarangan ya.......  

Kordinat Lokasi

7°51'21.1"S 110°32'07.9"E

0 komentar :

Posting Komentar