Jembatan Gantung Salaran

Jembatan Gantung Selo, Jembatan unik di "New Zealand Van Java"

Kalau Jembatan Gantung, semua orang pasti pernah lihat atau mengunjungi, kalau Jembatan Gantung dengan View pegunungan layaknya di New Zealand yang diapit oleh pegugunungan dan dikolaborasikan dengan suhu dan pemandangan yang indah? mungkin semua orang belum pernah merasakan nya. yup.... pemandangan jembatan gantung dengan view layaknya berada di New Zealand ini dapat kita saksikan di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, tepatnya di dukuh  Salaran Jrakah, Jembatan Gantung ini disebut sebagai jembatan Gantung Slaran ada juga yang menyebutkan sebagai jembatan Jrakah. lokasi Jembatan ini tidak begitu jauh dari lokasi jalur pendakian New Selo, bahkan juga berada di dekat jalur utama Boyolali-Magelang.


Jembatan Gantung Salaran ini di bangun pada tahun 2010 setelah bencana erupsi Gunung Merapi yang Dahsyat. yang di ikuti dengan bencana lahar lahar dingin atau lahar hujan yang menyebabkan banyak jembatan penghubung antara desa sekitar kaki Gunung Merapi dengan jalur evakuasi hancur dan hanyut tanpa tersisa.

Jembatan Gantung Salaran
Jembatan Gantung Salaran
Jembatan yang dibangun bekerjasama dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), ini berfungsi sebagai jalur evakuasi warga di sekitar kaki gunung Merapi yang secara desain kaki pondasi tidak menapak pada daerah aliran sungai, tetapi menggantung pada bibir jurang, kemungkinan untuk mengurangi dampak jembatan hancur atau hanyut saat bencana erupsi Merapi terjadi lagi.

Jembatan Gantung Salaran
View di Jembatan gantung
Jembatan yang terletak di tepi dari jalan Utama Magelang-Boyolali ini dirancang juga untuk kendaraan ringan dan memiliki beban dan ketinggian maksimal. setiap pengendara monil hanya diperbolehkan satu mobil saja saat menyebrangi jembatan, dan bergantian satu persatu dengan mobil yang lainnya,kecepatan maksimal adalah 15km/jam. sedangkan beban maksimal kendaraan 3ton. jalan di jembatan ini beralaskan Baja, dan diharapkan pengendara berhati-hati saat di atas jembatan ini terutama saat hujan, jalanan di jembatan ini menjadi semakin licin

Jembatan Gantung Salaran
Konstruksi Baja

Jembatan Kokoh yang didukung oleh konstruksi jembatan yang unik serta dibumbui dengan pemandangan cantik dari dua gunung eksotis yakni Merapi dan Merbabu. Mungkin inilah jembatan gantung dengan view paling keren yang dimiliki Indonesia, karena dari jembatan gantung ini, bukan hanya disuguhi dua sosok gunung eksotis dalam diri Merapi dan Merbabu saja. Jika menoleh ke arah barat maka samar-samar terlihat sosok gunung lain yaitu gunung Sindoro dan Sumbing. Di sekitar jembatan ini terlihat pula hamparan kebun sayur milik warga yang makin membuat mata segar memandangnya.

Jembatan Gantung Salaran
Jembatan Salaran
tidak salahnya anda datang ke lokasi jembatan gantung salaran ini untuk menikmati panorama alam pegunungan, cuaca yang sejuk atau bahkan berfoto selfie ria di atas Jembatan Gantung Salaran ini, karena untuk menuju lokasi ini sangat mudah untuk dicapai.

Akomodasi

  1. Menuju ke lokasi ini sangat mudah, anda hanya mengalihkan kendaraan anda menuju jalan Boyolali-Magelang, setelah di daerah selo akan ada jembatan Gantung tepat di kaki Gunung Merapi di Desa Jrakah
  2. tidak dipungut tiket masuk ke lokasi wisata ini, tetapi akan dikenakan biaya parkir kalau anda hendak memarkirkan kendaraan anda
  3. untuk anda yang kelaparan saat dilokasi wisata jembatan gantung Salaran ini, tersedia beberapa warung yang disediakan oleh warga sekitar.

Akses Lokasi

7°30'04.3"S 110°26'16.2"E

0 komentar :

Posting Komentar