New Selo

New Selo, salah satu gerbang menuju Merapi

Kecamatan Selo masuk wilayah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Selo berada di tengah-tengah antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Pendaki yang hendak menapaki puncak Gunung Merapi lebih suka mengambil jalur dari Selo ini. Sedangkan Pendaki Gunung Merbabu lebih suka mendaki dari Kopeng dan turun di Selo.Untuk mencapai Ke New Selo, kita bisa melalui jalur Muntilan atau Boyolali. Untuk menuju daerah wisata ini caranya gampang. Jika dari Yogyakarta tujulah ke pasar Muntilan dari sana ambil arah kanan. Jika dari Boyolali kita bisa berenti di terminal Boyolali lalu ke arah Cepogo lalu Selo. Jika dari arah Semarang kita bisa menuju pasar Ampel lalu menuju Cepogo dan Selo. Nah, masing-masing perjalanan memerlukan waktu berbeda-beda. 
New Selo ini bukan hanya dapat dinikmati oleh para pendaki yang hendak mendaki ke Gunung Merapi, tetapi dapat dinikmati oleh para wisatawan yang erkunjung di daerah Boyolali ini. New selo yang berada di kaki Gunung Merapi ini memberikan view alam yang indah, dimana kita dapat melihat dua gunung sekaligus, yaitu Merapi dan Merbabu, karena New Selo berada di tengah-tengah Kedua Gunung ini.

New Selo
New Selo
Kecamatan Selo yang dikenal dengan New Zealand nya Indonesia ini memang menyuguhkan panorama pegunungan yang hijau dan perkebunan sayur warga dengan kemiringan ekstrim yang menyegarkan mata, terutama suhu yang dipadukan dengan kabut yang turun pada siang atau sore hari.
New Selo
Jalan menuju New Selo
Jalan masuk lokasi New Selo ini terletak di sebelah barat Pasar Selo dan saat kita masuk gang menuju tempat wisata ini, jalanan dan pemukiman dan kebun warga  akan mengantar kita sampai ke New Selo. Saat sampai di pelataran parkiran kita akan menikmati pemandangan alam di kejauhan dan apabila memandang ke gunung merapi ada tulisan "New Selo" tepat diatas bangunan warung dan menara pandang yang tulisan nya layaknya tulisan Hollywood di Amerika yang memang dari kejauhan (apalagi dari jalur Magelang-Bayolali) dapat dilihat dengan jelas. 


New Selo
New Selo dengan Background Merapi

Siapkan dan pastikan kendaraan anda dalam keadaan sehat, siap dan bertenaga, karena jalur menuju New Selo ini,anda akan menemukan mayoritas jalan sempit dan menanjak, apalagi disaat hujan dan berkabut. jalanan yang anda lalui akan semakin licin dan jarak pandang semakin pendek.Sepanjang perjalanan dari Kecamatan Cepogo hingga Kecamatan Selo, kita akan disuguhi pemandangan yang hijau dan asri. Gunung Merbabu terlihat begitu gagah dengan warna hijau kebiru-biruan.

New Selo
Merbabu dikejauhan
Tak hanya gunung Merapi dan merbabu saja yang terlihat dari New Selo, tetapi juga gunung kembar yang lain, yakni Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang berada di sebelah barat. Kedua gunung ini terlihat cukup jelas saat pagi hari, tetapi pada siang hari tidak akan terlihat, karena sudah tertutup kabut, kalau anda beruntung mungkin akan kelihatan dengan jelas.

New Selo
Perkebunan warga
Jalur New Selo ini merupakan jalur satu-satunya jalur pendakian menuju Puncak Gunung Merapi, para pendaki biasanya menggunakan waktu pagi hari atau malam hari untuk menuju puncak Gunung Merapi ini, kalau anda yang hendak mendaki untuk menikmati Sun rise pada Puncak Gunung Merapi ini, para pendaki biasanya melakukan perjalanan pendakian dimalam hari.

Akomodasi

  1. Para wisatawan yang hendak menuju New Selo diharapkan mempersiapkan kendaraan nya terlebih dahulu, dan mempersiapkan Baju Hangat, karena suhu di New Selo ini dingin.
  2. Bagi wisatawan yang datang di New Selo ini kelaparan atau haus jangan khawatir, karena tersedia warung makan dan minuman, apalagi minum teh atau kopi hangat di lokasi ini cukup membantu menghangatkan tubuh.
  3. tersedia lapangan parkir yang luas untuk kendaraan roda dua atau empat
  4. ada juga arena menara pandang yang dikelola oleh warga sekitar.

Akses Lokasi

7°30'57.0"S 110°27'10.4"E

0 komentar :

Posting Komentar