Gua Maria trinitas Malang

Meluapkan keluh kesah di Gua Maria Trinitas Tumpang


Keuskupan Malang merupakan keuskupan sufragan pada Provinsi Gerejani Keuskupan Agung Semarang. ( Keuskupan sufragan adalah istilah yang hanya digunakan dalam relasi dengan Keuskupan Agung, yaitu beberapa Keuskupan yang menyatukan diri dalam suatu Provinsi Gerejani. Kedudukan Keuskupan sufragan secara hukum Gereja adalah setara dengan Keuskupan Agung, maka relasi antara Keuskupan Agung dan Keuskupan sufragan bukan merupakan atasan-bawahan, melainkan mitra-kerja penggembalaan umat yang lebih luas).Berada di Jawa Timur bagian timur Keuskupan Malang meliputi umat Katolik yang tinggal di sebelas kabupaten (Malang, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep), tiga kotamadya (Malang,Pasuruan, Probolinggo) dan dua kota (Jember, Batu) dengan luas wilayah 24.400 km². Terdapat 29 paroki di Keuskupan Malang.

Sejarah Paroki Tumpang

Dalam perjalanan nya Paroki Tumpang yang dikenal dengan Gereja Katolik Trinitas ini dimulai dari penyelenggaraan karya para suster Misericordia Sawahan Malang dan beberapa Romo dari malang yang bertugas dan menggembalakan umat perdana di daerah Tumpang ini pada tahun 1938-1945 dan awal mulanya menjadi sebuah Stasi Tumpang. pada Tahun 1945 sampai dengan Tahun 1969, Stasi Tumpang ini berganti pelayanan yang tadinya pengembalaan oleh para romo dari Sawahan menjadi daerah karya pelayanan romo-romo Paroki Celaket Malang.

Gua Maria trinitas Malang
Gereja Katolik Trinitas paroki Tumpang
Di tahun 1969 Stasi Tumpang yang jumlah umat dan daerah pelayanan yang semakin besar membuat stasi in berubah menjadi sebuah Paroki yang menjadi Romo Paroki awal adalah Rm. E.Stultiens O.Carm. dan pada tahun itu juga Paroki Trinitas Tumpang dibantu oleh para Suster Agustinus dari Ketapang. 

Gua Maria

Gua Maria Trinitas Tumpang, berada dalam satu kompleks Gereja katolik Trinitas Tumpang, tepatnya di sebelah Gereja. Gua Maria yang asri dan damai ini dipadukan dengan suasana Alam dari Kota Tumpang, Malang yang sejuk dan nyaman. Gua dengan pelataran doa yang cukup asri ini sangat membantu para peziarah yang hendak berdoa dan berdevosi maupun bermeditasi, karena suara alam , kicauan burung, maupun suara gemericik suara air dari kolam yang berada di pelatan doa ini membantu ke khusyukan para peziarah.

Gua Maria trinitas Malang
Gua Maria Trinitas
Meskipun Gua Maria ini terletak dekat dengan jalan raya dan pusat keramaian aktivitas warga sekitar, tetapi suara riuh keramaian tersebut tidak sampai terdengar ke pelataran doa di Gua Maria ini. perpaduan antara bebatuan alam, pohon yang rindang dan tanaman-tanaman yang terawat serta gemericik air dari kolam menambah nilai dari keasrian Gua Maria ini.

Gua Maria trinitas Malang
Gua Maria Trinitas
Para peziarah dapat menyalakan lilin pada tempat lilin yang tersedia tepat di depan Patung Bunda Maria yang bertahta disana. duduklah pada kursi yang tersedia di pelataran dan lantunkan lah doa-doa salam maria dan ucapkanlah segala keluh kesah anda. Semoga Bunda Maria membantu dan berdoa bersama anda kepada Yesus Kristus putraNya.

Jalan Salib terletak disamping pelataran doa yang dimulai tepat di depan jalan menuju Gua Maria, stasi jalan salib yang kecil ini berbaris rapi  dan terletak di disepanjang tembok dan memiliki jalur menuju lokasi Gua Maria.

Gua Maria trinitas Malang
Stasi jalan salib
Para peziarah yang berada di daerah Malang atau Tumpang secara Khususnya, sempatkanlah untuk datang ke Gua Maria Trinitas ini, dan nikmati kesegaran alam dan asrinya Gua Maria maupun Komplek Gereja ini, semua tertata rapi dan terpelihara dengan baik, Seperti Yesus memelihara kita baik adanya.

Akomodasi

Gua Maria ini masih dalam satu kompleks dengan Gereja Paroki Trinitas Tumpang, yang beralamat di Jalan Kebonsari N0. 220, Tumpang 65156, Jawa Timur. untuk menuju lokasi ini sangat mudah sekali ditempuh karena berada tepat disamping Rumah Sakit Sumber Sentosa, dan berada di dekat Stadion Tumpang dan Kantor kelurahan Tumpang. 

Gua Maria trinitas Malang
Gereja Katolik Trinitas
Bagi para peziarah yang hendak berziarah disini diharapkan mempersiapkan perlengkapan devosi, seperti : Lilin, Rosario, Buku doa dll. karena tidak tersedai toko rohani dilokasi ini pada hari-hari biasa.

Sedangkan para peziarah yang kelaparan saat berada dilokasi ini, jangan khawatir tepat di jalan ini adalah jalan raya yang merupakan pusat kegiatan masyarakat, tersedia banyak warung makanan disini.

Kordinat lokasi

8°00'48.3"S 112°45'27.4"E

2 komentar :

$cocoper6 mengatakan...

Terima kasih informasinya :)

Unknown mengatakan...

Chntiknya gua maria

Posting Komentar