Perjalanan Patung Santa Maria Fatima di Magelang

Perjalanan Patung Replika Santa Maria Fatima di Indonesia

Beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 22 Juni 2016, Umat di Keuskupan Agung Semarang secara umum, dan umat katolik yang parokinya bernaung dalam perlindungan Santa Maria Fatima secara Khususnya. Gereja St. Maria Fatima Magelang yang beruntung terpilih atau pun bersedia untuk dijadikan hajatan yang menampung ratusan bahkan ribuan umat yang bernaung dalam Keuskupan Agung Semarang untuk datang menghadiri Misa maupun perarakan Patung Replika Bunda Maria di Fatima dari Portugal ini. sebelum di tempatkan di Gereja yang diresmikan pada 11 Agustus 1971 ini, Patung Replika ini sudah ditempatkan di Keuskupan Surabaya dan Keuskupan Agung Jakarta, dan terakhir di Keuskupan Agung Semarang. 
Acara ini sejatinya digagas oleh International Pilgrim Virgin Statue (IPVS) –sebuah komunitas penggiat devosi kepada Bunda Maria Fatima—yang berbasis di Indiana, Amerika Serikat. Sekali waktu, IPVS berkehendak ingin mengusung replika patung Bunda Maria Fatima ini dalam sebuah perjalanan panjang ke wilayah Asia Tenggara. maka dimulailah kedatangan Patung replika Bunda Maria Fatima  ini di Indonesia pada tanggal 29 Mei 2016. Replika patung Bunda Maria Fatima ini kemudian dibawa kemana-mana di banyak paroki atau lokasi di Keuskupan Surabaya. 

Patung Replika Santa Maria Fatima
Patung Replika
Saat mengunjungi Gereja Santa Maria Fatima Magelang ini, prosesi di mulai dengan perarakan dan dilanjutkan oleh misa dan kemudian dilanjutkan dengan seminar yang melibatkan team dari nternational Pilgrim Virgin Statue (IPVS) dan devosi terpimpin atau pun pribadi. acara yang dilaksanakan di jalan. A. Yani no 123 Magelang ini terdiri dari 2 gelombang dikarenakan jumlah pejiarah yang membludak dan banyaknya permintaan dari umat.

Sejarah Awal  perjalanan lawatan


Pada th 1946, dalam penyelenggaraan ulang tahun yang ke 300 “Immaculate Conception”, diadakanlah perarakan patung Bunda Maria Fatima, yang dimulai dari Fatima di Cova de Iria (tempat dimana Bunda Maria menampakkan diri kepada 3 anak pada th 1915) dan berakhir di Gereja Our Lady of Fatima di Lisbon, yang berjarak kurang lebih 70 mil.

Para pembawa tandu patung Bunda Maria berjalan menandu bergantian tanpa alas kaki dan diikuti oleh ribuan umat sepanjang perjalanan. Doa Rosario, adorasi serta misa kudus diadakan di setiap kota yang dilalui.

Patung Replika Santa Maria Fatima
Santa Maria Fatima
Sebagai puncak acara yaitu tanggal 1 December 1946, dilepaskanlah 6 ekor burung merpati putih, dimana 3 diantara 6 merpati putih yang dilepaskan langsung terbang dan hinggap di kaki patung Bunda Maria Fatima yang pada saat itu sedang diarak dan diam disana mengikuti perjalanan hingga tiba di Lisbon.

Ketiga burung merpati tersebut tidak terusik dengan keramaian umat dan tetap hinggap di kaki patung Bunda Maria, bahkan umat mencoba memberikan makanan dan minuman kepada ketiga burung merpati tersebut, namun ketiganya tidak terusik.

Patung Replika Santa Maria Fatima
St. Maria Fatima
Pada 5 December 1946, perarakan patung Bunda Maria Fatima tiba di Gereja Our Lady of Fatima, Lisbon. Pada tanggal 7 December 1946, ribuan umat melakukan prosesi lilin bersama patung Bunda Maria Fatima dan dilanjutkan dengan misa agung hingga pagi hari.

Ketika misa agung diadakan, pada saat konsekrasi, 2 diantara 3 burung Merpati yang berada di kaki Bunda Maria terbang dan hinggap di sebelah kiri dan kanan altar sambil membentangkan sayapnya, sedangkan merpati yang ketiga masih berada di kaki Bunda Maria. 

Patung Replika Santa Maria Fatima
Patung Replika St. Maria Fatima
Ketika Pastur pemimpin misa mengangkat Hosti dan berdoa “Inilah Anak Domba Allah…”, merpati yang ketiga naik ke mahkota Bunda Maria dan membentangkan sayapnya. Peristiwa ini dikenal sebagai "Miracle of Doves - Mujizat Merpati".

Melihat Mujizjat Merpati, Uskup Lisbon mengirim surat kepada Sr Lucia meminta agar Patung tersebut bisa juga dibawa ke tempat-tempat lain didunia. Dalam balasannya, Sr Lucia meminta agar dibuatkan replika berupa patung serupa yang juga dipahat oleh José Ferreira Thedim yang adalah pemahat asli Patung Bunda Maria Fatima, dan pada tanggal 13 Mei 1947, patung tersebut diberkati dan dinamai "International Pilgrim Virgin Statue of Our Lady of Fatima", yang kemudian mengadakan perjalanan lawatan mengelilingi dunia, termasuk juga kini tiba di Indonesia.

Patung Replika Santa Maria Fatima
Bunda Maria Fatima doakanlah kami
Sepanjang penampakannya di Fatima, Bunda Maria selalu menyerukan 1 hal yaitu pertobatan. Bunda Maria meminta supaya kita semua bertobat dari segala keburukan-keburukan yang kita lakukan, dan Bunda meminta kita berpaling pada Putera-Nya, satu-satunya Jalan Kebenaran dan Hidup supaya kita beroleh keselamatan.

Catatan

  • Kedatangan patung Peziarah International Maria Fatima (IPVS) ini merupakan duplikat dari patung Maria di Fatima, Portugal.
  • “Bunda Maria” yang mengunjungi Indonesia dalam wujud fisik replika patung Maria Fatima IPVS ini adalah “Bunda Maria” sama yang wujudnya sering terekpresikan secara fisik melalui bentuk patung Maria yang selama ini kita miliki.











0 komentar :

Posting Komentar