Adorasi Abadi Gua Maria Taroanggro

Merasakan kehadiran Yesus dalam Ekaristi abadi di kaki gunung Sindoro

Adorasi Sakramen Maha Kudus adalah tindakan penyembahan Tuhan yang hadir dalam rupa Ekaristi yang telah dikonsekrasikan. Berpegang pada janji yang diberikan oleh Yesus dalam Perjamuan Terakhir, yang mengatakan, “Inilah Tubuh-Ku” dan “Inilah Darah-Ku”, maka pada oleh kuasa Roh Kudus, dalam doa konsekrasi yang diucapkan para imam, maka hosti diubah menjadi Tubuh Kristus, dan anggur menjadi Darah Yesus. Dengan demikian hosti yang telah dikonsekrasikan oleh Sabda Tuhan itu menjadi Tubuh Kristus, Sang Allah Putera. Maka berdoa di hadapan Sakramen Ekaristi tersebut, sama dengan berdoa di hadapan Allah sendiri. Penghormatan terhadap Sakramen Maha Kudus ini dilakukan setiap kita berlutut ataupun memberikan hormat di hadapan tabernakel yang di dalamnya diletakkan sakramen Maha Kudus, menghormat sebelum menerima Ekaristi/ Komuni dalam Misa Kudus, ataupun pada saat Sakramen Maha Kudus ditahtakan.

Kapel (Gua) Adorasi

Gua Adorasi, kapel yang menyerupai Gua ini tidak seperti kapel yang berupa seperti banguna dan terlihat dengan jelas, tetapi Kapel Adorasi ini pantas disebut sebagai Gua, karena bentuknya menyerupai Gua. Gua ini terletak disamping lokasi Gua Maria yang letaknya "tersembunyi" karena Gua Adorasi ini seperti di bawah bukit yang memang menyerupai Goa yang terletak persis di bawah Patung Yesus yang sedang Berdoa.

Adorasi Abadi Gua Maria Taroanggro
Kapel dibawah patung Yesus
ruangan yang temaram dan jauh dari kesunyian mengatar para peziarah untuk lebih khusyuk beradorasi maupun berdoa untuk sesaat atau bahkan satu jam, berdiam di dalam kerahiman Sakrmen Maha kudus memberi kehangatan, meski suhu udara di kaki Gunung sindoro yang begitu dingin tetapi, saat memasuki atau di dalam Kapel ini suhu dalam ruangan ini tidak begitu dingin seperti berada diluar bahkan cendrung hangat.

Adorasi Abadi Gua Maria Taroanggro
Sakramen Maha Kudus ditahtakan

Akses Lokasi

  1. Gua Maria ini memiliki banyak taman, dan di berbagai titik di taman telah tersedia beberapa pendopo, yang bagi peziarah yang berkunjung kesana disebut pondok Sharing. yang dapat digunakan untuk tempat beristirahta sejanak, berdiskusi maupun berteduh dari sengatan matahari
  2. untuk menuju lokasi ini para peziarah dapat mengaksesnya melalui kendaran umum maupun pribadi dengan melewati rute Wonosobo-Dieng. dari arah wonosobo di sekitar km.17 sebelum jembatan yang satu arah ada sebuah pertigaan. di pertigaan itu ada petunjuk arah Gua Maria Taroanggro (ambil kanan) dan menyusuri jalan yang berbatu dan jalan ini menunutn sampai di lokasi Gua Maria.


Kordinat Lokasi

7°20'53"S 110°0'47"E

0 komentar :

Posting Komentar