Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar, Mata Air Suci di daerah Dieng

Dataran tinggi Dieng merupakan destinasi unggulan di Jawa tengah, banyak destinasi wisata yang di tampilkan di dataran tinggi Dieng ini, salah satunya destinasi wisata Sejarah, Dieng memiliki banyak candi yang tersebar disana dan terbagi atas beberapa Kompleks candi maupun tersendiri. salah satu destinasi sejarah selain Candi adalah Tuk Bimo Lukar. Tuk Bimo Lukar sebuah cagar budaya yang merupakan petirtaan air suci yang konon dipercaya sebagai mata air suci bagi umat Hindu kuno di Dataran Tinggi Dieng. Pancurannya terbuat dari batu jaman purba yang disimbolkan dengan batu lingga (bentuknya menyerupai alat kelamin pria) dan Yoni sebagai yang digunakan sebagai penampung air nya (berbentuk seperti alat kelamin wanita).

Tuk Bimo Lukar terletak di sisi kanan jalan (dari Arah Wonosobo) di dekat pertigaan masuk desa Dieng.Tuk Bimo Lukar adalah mata air atau sumber air yang berasal dari Gunung Perahu yang terletak di sekitar pegunungan Dieng. Tuk Bimo Lukar merupakan Hulu dari Sungai Serayu. 


Tuk Bimo Lukar
Tuk Bimo Lukar
Nama Tuk Bimo Lukar di ambil dari kata Tuk, Bimo dan Lukar, Tuk berarti Mata Air. Dimana Mata air ini keluar kaki Gunung Prahu dan mengalir menjadi Kali (sungai) Serayu. Bimo artinya nama salah satu satu tokoh dari Pandawa sedangkan Lukar artinya busana. Menurut legenda cerita nama Bimo Lukar berarti sebagai tempat dimana tempat sang tokoh Pandawa yaitu Bimo Seno melukar (melepas) pakaiannya untuk disucikan.

Tuk Bimo Lukar
Petirtaan Kuno
Tuk Bimo Lukar pancuran airnya terbuat dari batu, tapi saat kami berkunjung ke lokasi ini, pancuran nya sudah berubah menjadi paralon. mungkin pancuran batunya sudah rapuh karena dimakan usia atau memang sengaja di ganti untuk menghindari tangan-tangan jahil.

Tuk Bimo Lukar
Tuk Bimo Lukar

Akses dan Akomodasi

  1. seperti yang sudah dibahas diatas, lokasi Tuk Bimo Lukar berada di sisi kanan jalan (kalau dari arah Wonosobo ke Dieng) sebelum pertigaan desa Dieng. tepatnya di sebelah Gapura memasuki desa Dieng.
  2. tidak dikenakan tiket masuk maupun biaya Parkir saat memasuki Objek wisata ini
  3. objek Lokasi sangat dekat dengan pusat keramaian di Desa Dieng
  4. untuk kegiatan MCk telah tersedia Kamar mandi yang dapat difungsikan
  5. tersedia pendopo kecil untuk para wisatawan yang hendak beristirahat sejenak
  6. Menurut cerita rakyat kuno air dari Tuk Bimo Lukar ini diyakini bisa menjadikan awet muda apabila seseorang telah mencuci muka nya di Tuk Bimo Lukar tersebut.

Tuk Bimo Lukar
Petirtaan Cagar budaya

Kordinat Lokasi :

7°12'16.3"S 109°54'47.8"E







0 komentar :

Posting Komentar